Jum'at, 30 Oktober 2020

Genmuda – Investasi pada dasarnya bisa dilakukan sama semua orang. Kelas sosial, jumlah kekayaan, atau bahkan usia engga jadi hal batasan buat mulai berinvestasi. Yang harus ditekankan, investasi itu engga melulu soal uang loh.

Tapi kamu jangan mumet duluan mikirin obligasi, saham, atau reksadana yang konsepnya emang tergolong abstrak itu. KITA ENGGA akan bahas itu semua. Berikut ini Genmuda.com kasih 5 jenis investasi yang bisa kamu lakuin sejak dini dan sesuai banget sama kehidupan urban.

1. Beli sepeda

via gifsoup.com

Investasi pertama yang berguna banget buat anak muda perkotaan adalah ngebeli sepeda. Meski transportasi umum makin nyaman dan terjangkau harganya, pengeluaran kamu yang paling besar tuh karena ongkos transportasi loh. Engga usah maksa beli yang harganya 50 jutaan. Emangnya kamu mau ikutan Tour de France. (Lebay)

2. Belajar kemampuan bahasa

via Squarespace.com
(Sumber: Squarespace.com)

Belajar bahasa asing juga sangat berguna mengingat jaman sekarang semua orang di seluruh dunia saling terhubung berkat internet. Kamu bisa belajar bahasa Mandarin, Prancis, Jerman, Jepang, Arab atau Inggris soalnya banyak perusahaan negara itu yang buka kantor atau menerima orang Indonesia. Kalo hoki, siapa tau bisa punya pacar orang bule. Investasi jangka panjang kan tuh. He-he.

3. Ubah hobi jadi bisnis

via provoke-online.com

Jangan biarin hobi kamu sia-sia dan malah jadi penyebab kamu bokek. Mau hobi kamu bikin blog, vlog, main skateboard, gambar, nyanyi, atau godain tetangga sekali pun semuanya bisa di-monetisasi, alias dimanfaatkan buat menghasilkan uang.

Engga percaya? Liat deh contoh kasus si Karin Novilda yang tenar di dunia per-YouTube-an dan per-IG-an sebagai Awkarin. Doi hobi jalan-jalan, hidup hedon, dan main medsos tapi bisa mengubah itu semua jadi sumber pemasukannya setelah banyak brand mau beriklan. Keren kan?

4. Nabung

via Techdissected.com
(Sumber: Techdissected.com)

Daripada uang kamu habis buat beli pakaian ala seleb atau makan di café kekinian yang tarif menunya selangit, mending duitnya kamu tabung. Klise sih, tapi nabung merupakan investasi paling logis dan aman yang bisa dilakukan anak muda buat masa depannya.

Makin dewasa pun kamu bakal makin berani dan makin cerdas buat mengatur tabungan. Siapa tau kebiasaan nabung kamu bakal berkembang jadi kebiasaan menginvestasikan uang ke bisnis yang kamu buat dan kembangin sendiri.

5. Cari banyak teman

via imgur.com

Dalam ekonomi, sebuah kegiatan dagang engga akan berjalan kalo engga ada yang beli. Pembeli pun engga bisa memenuhi kebutuhannya kalo engga ada orang yang jualan. Sadari lah kalo itu bisa bermakna manusia butuh manusia lain buat bertahan hidup.

Ketika kamu masuk dunia kerja, mau engga mau kamu dihadapkan sama situasi yang bikin kamu lebih butuh orang lain daripada sebelumnya. Entah itu buat kebutuhan usaha, buat ngajarin kamu suatu hal, buat bantu kamu ngelakuin suatu hal sesimpel jaga rumah.

Karena itu lah kamu butuh luangin waktu buat nyari banyak teman. Tapi jangan mau seenaknya sendiri. Kamu juga perlu siap ngebantu temen kalo emang mereka butuh bantuan. Jangan egois ya. Inget bahwa manusia itu adalah makhluk sosial. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.