Selasa, 14 Juli 2020

Genmuda – Sejak resmi dibuka pada tanggal 19 Agustus 2017, gelaran SEA Games 2017 sedikit diwarnai oleh bumbu-bumbu sensitif dari Malaysia kepada Indonesia. Kesalahan fatal bermula saat bendera Indonesia dicetak terbalik pada buku panduan SEA Games 2017, yang seharusnya berwarna merah putih menjadi putih merah.

Wajar kalo akhirnya banyak netizen gak terima atas perlakuan Malaysia sebagai tuan rumah. Indonesia yang diwakili oleh Menpora, Imam Nahrawi juga langsung melayangkan protes kepada panitia penyelanggara, MASOC (Malaysia Organizing Committe).

Kendati pihak Malaysia udah meminta maaf dan akan menarik buku panduan tersebut. Sayang, insiden itu sepertinya gak jadi pelajaran berharga buat panitia penyenggara. Hasilnya beberapa insiden kontroversial kembali terulang dan memberatkan bagi tim Indonesia. Berikut rangkuman 5 insiden di SEA Games Malaysia 2017 yang berbau sentimentil kepada Indonesia.

1. Salah mengibarkan bendera juara umum

Selain bendera terbalik, MASOC selaku pihak penyelenggara SEA Games 2017 juga salah mengibarkan bendera juara umum SEA GAMES 2011 dimana Indonesia keluar sebagai juaranya. Namun pada saat upacara pembukaan, bendera Thailand lah yang dipasang.

2. Melanggar aturan yang dibuat sendiri

diam

Ini agak lucu tapi tetep bikin KZL. Awalnya MASOC menyarankan supaya semua negara peserta menggunakan jas dalam upacara pembukaan, karena Singapura gak punya pakaian adat. Namun, fakta berkata lain. Kontingen Malaysia justru memakai baju adat tradisional mereka.

3. Pelanggaran Filipe Oliveira kepada Evan Dimas

Kendati Indonesia menang tipis 1-0 dari Timor Leste, wasit yang memimpin laga, Nagir Amir dinilai cukup berlebihan. Saat masa injury time Evan Dimas yang dilanggar oleh Filipe Oliveira justru harus menerima kartu kuning. Dengan demikian otomatis Evan gak bisa tampil saat Indonesia meladeni Vietnam dipertandingan selanjutnya.

4. Tim sepak takraw putri Indonesia “walk out”

Ini yang bikin sedih. Saat Timnas Sepak Takraw Putri bertanding dengan Malaysia, wasit Muhammad Radi dari Singapura dianggap lebih memihak tuan rumah. Keputusan wasit dianggap gak masuk akal, kayak kesalahan saat melakukan service. Meskipun Indonesia unggul dengan skor 16-10, pertandingan berat sebelah itu diakhiri dengan keputusan “walk out.” Bahkan, sejumlah pemain terlihat menangis karena kecewa kepada keputusan wasit.

5. Gak kebagian sarapan

Seolah rasa senitimen masih belum kelar, Tim Sepakbola Indonesia sempat kehabisan makanan di tempat hotel mereka menginap. Dilansir dari Tribunnews, cuma tersisa beberapa roti aja yang mau gak mau jadi menu sarapan para pemain dan official. Meski belum ada keterangan lebih lanjut, tapi netizen sangat menyayangkan kejadian itu harus terjadi di ajang olahraga dua tahunan tersebut.

Well, semoga aja beberapa insiden tersebut gak bikin perjuangan dan semangat atlet Indonesia kendor. “Maju terus INDONESIA!”

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.