Rabu, 29 Juni 2022

Genmuda – Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, gerhana matahari total akhirnya kejadian juga nih tadi pagi, Rabu (9/3), Kawan Muda. Kamu sempat ngelihat penampakannya engga?

Buat kamu yang berada di beberapa wilayah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara, kamu jelas bakal jauh lebih beruntung, soalnya kamu bisa ngelihat gerhana matahari total. Sebaliknya, buat kamu yang berada di Jakarta dan wilayah lainnya di Indonesia, kamu harus tetap bersyukur walau cuma kebagian buat ngelihat gerhana matahari parsial.

Terlepas dari itu, fenomena langka gerhana matahari total udah disambut dengan begitu antusias sama masyarakat. Ya wajar aja sih, mengingat gerhana matahari total baru bakal kelihatan lagi di Tanah Air pada 20 April 2042 dan 12 September 2053 mendatang dan itupun kalau Tuhan berkenan ngasih kita semua umur panjang (amin).

Nah, saking hebohnya orang-orang buat nyambut gerhana matahari total, sejumlah hal menarik akhirnya terjadi loh, Kawan Muda. Mulai dari banjir meme sampai medsos yang diramein sama topik gerhana matahari total, berikut ini adalah 5 hal yang terjadi gara-gara gerhana matahari total 2016:

  1. Meme-meme bertebaran

(Sumber: Google)

Sejak beberapa hari yang lalu, beragam meme GMT udah banyak yang bertebaran di dunia maya. Mulai dari yang berhubungan sama PDKT, pacaran, dan mantan sampai yang ngebahas lagi soal sinetron gerhana plus logo Matahari Department Store dan SPBU Total, semua engga ada habis-habisnya dibagiin para netizen di dunia maya. Netizen Indonesia memang pada kreatif banget deh, Kawan Muda!

  1. Banyak orang bangun pagi

Proses GMT dimulai saat bulan matahari bersinggungan, yaitu sekitar pukul 06.20 WIB dan baru benar-benar mencapai puncaknya pada pukul 07.19 WIB (berdasarkan proses GMT paling awal yang terjadi di Pagai Utara, Sumatera Barat). Dengan demikian, kamu yang mau ngelihat fenomena langka tersebut otomatis harus bangun pagi biar engga ketinggalan setiap detik momen berharganya. Atau jangan-jangan semalam kamu sampai ada yang begadang dan baru tidur abis GMT tadi pagi?

  1. Orang-orang berebut kacamata gerhana

(Sumber: MI/Depi Gunawan)

Beruntung buat Indonesia, kita jadi satu-satunya negara yang wilayah daratannya dilintasin sama GMT, dengan salah satu wilayah yang kebagian GMT adalah Belitung Timur. Saking penasarannya sama GMT, masyarakat di sana pun kabarnya sampai berebut kacamata gerhana. Kamu yang lagi di Pantai Lalang,  Manggar tadi kebagian kacamatanya engga, Kawan Muda?

  1. Ada yang lamaran

Di saat warga Jogja lagi pada asyik ngamatin gerhana matahari, seorang cowok bernama Nanang Kristianto (29) malah ngegunain momen tersebut buat ngelamar pacarnya, Dian Paramita (24). Berlangsung di Tugu Pal Putih, Nanang kabarnya sengaja milih momen gerhana matahari supaya kisah cinta doi dan Dian bisa kayak munculnya gerhana yang lama. Cie, so sweet banget sih pasangan yang satu ini, Kawan Muda!

  1. Medsos isinya soal gerhana semua

Sampai Rabu (9/3) siang, Trending Topic Twitter Indonesia masih diramein sama #GMT2016, #GMTTernate, dan Gerhana Matahari. Isinya pun beragam, mulai dari ucapan syukur karena bisa ngelihat GMT, update-an foto dan video proses berlangsungnya GMT, sampai akhirnya balik lagi ke meme dan banyolan-banyolan seputar GMT. Google Doodle hari ini aja bahkan tentang GMT loh. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer