Senin, 12 April 2021

Genmuda – Meniru cara juara berlatih jadi salah satu jalan terbaik buat menularkan prestasi. Itu bisa dilakuin kalo kamu mau jago main bola, nyanyi, atau bahkan jadi bintang kelas.

Di antara sekian banyak kebiasaan para juara, sebenarnya ada beberapa hal penting yang bikin mereka jago banget di bidangnya. Kepo engga sih ada apa aja? Nah, ini dia 5 hal yang wajib Kawan Muda lakukan supaya jadi juara apapun (termasuk juara menangin hati Si Doi):

1. Ikuti kata hati

Jangan sekali-kali ikut lomba di bidang yang engga kamu suka tapi berharap bisa menang. Itu namanya mimpi. NYMag.com, Selasa (20/9) bilang kalo para ‘Juara Sejati’ udah terbiasa ikut lomba dan terlibat di sesi latian dari usia dini. Tapi, mereka baru fokus buat jadi profesional sewaktu menginjak SMA.

2. Tujuannya engga muluk-muluk

via tenor.co

Punya cita-cita tinggi emang baik, tapi studi nunjukin kalo para juara tuh cuma punya satu cita-cita. Yaitu, jadi lebih baik lagi. Sementara menang sekali engga jadi alasan utama. Hal ini berbeda sama atlet ataupun juara wannabe yang justru berlatih buat menjadi menang. Mereka bisa kayak gitu karena terlalu memikirkan ranking tertinggi, sampai-sampai lupa memfokuskan diri dalam sesi latihan.

3. Punya satu pelatih setia

Satu lagi kesamaan di antara ‘Juara Sejati’Mereka punya satu pelatih yang setia selama bertahun-tahun. Sementara para wannabe lebih sering gonta-ganti pelatih, berharap pelatih barunya lebih baik dari pelatih lama. Nah, dalam kasus hubungan asmara juga sama, kamu sebaiknya jangan terlalu banyak punya teman curhat. Selain emang karena bisa menjaga rahasia, hal ini dapat membantu kamu supaya engga punya banyak sudut pandang.

4. Pernah gagal

‘Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.’ Itu wajib kamu percaya. Soalnya para orang sukses dan juara sejati sebelumnya pernah merasakan kegagalan. Misalnya aja, pengurus situs Webvan yang sekarang malah dapet jabatan penting di Amazon.com. Waktu Webvan bangkrut di tahun 2001. Tim di balik situs itu ternyata terus mencari tau sebab kegagalan mereka. Sekarang, tim tersebut malah jadi orang yang dipercaya megang AmazonFresh, project situs belanja kebutuhan dapurnya Amazon.com.

5. Attitude

Ini penting banget nih. Attitude juga sangat mempengaruhi. Dijelasin kalo para ‘Juara Sejati’ tuh engga pernah puas sama prestasinya. Mereka akan terus berusaha semaksimal mungkin walau mereka engga ngerasa punya bakat yang cukup. “Bakat ‘dikalikan’ usaha sama dengan kemampuan,” kata psikolog Angela Duckworth sebagaimana dikutip dari NYMag.com. 

Kesimpulannya mungkin hampir sama aja kayak kata Einstein. “Kemampuan seseorang itu adalah 1% bakat dan 99% usaha.” Jadi jangan keburu minder kalo kamu baru aja mengalami kegagalan. Masa anak muda gampang banget galau? Tetap semangat dan berpikir positif ya. Selamat beraktivitas.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.