Rabu, 25 November 2020

Genmuda – Makin tinggi sebuah pohon, makin kencang pula angin yang menerpanya. Lebih kurang, begitulah situasi yang lagi dialami Karin Novilda. Di kalangan netizen, doi lebih dikenal dengan nickname Awkarin.

Apa yang buat doi beda? Sekedar gambaran aja nih, sekalinya upload vlog (video log) di YouTube, langsung ada lebih dari 500 ribu orang yang liat dalam waktu kurang dari seminggu. Bisa dibilang, nama doi melejit kayak meteor yang berbentuk tahu bulat. Tapi namanya juga lagi melejit, engga semua orang bisa menghargai apa yang doi lakukan.

Seleb media sidestream yang juga tenar di Ask.fm itu juga bisa bikin netizen kepecah jadi #HateKarin dan #TeamKarin. Bagi haters, segala hal yang di-upload doi bisa dijadiin bahan olok-olokan. Bahkan keluarga yang engga ada hubungannya pun dikata-katain. Yah, kalo udah benci sih mau gimana lagi.

Untungnya para #TeamKarin setia buat nyemangatin cewek yang usianya bahkan belom nginjek 20 tahun (kalo engga salah tahun ini umur doi masih 19 tahun). Kenapa ngebelain doi? Tentu aja karena Genmuda.com ngerasa kalo doi punya 5 kelebihan ini, –yang belum tentu dimiliki sama anak-anak usainya.

1. Pedenya gede banget sumpah

kakakarin
(Sumber: instagram @gagamuhammad)

Biasanya sih, remaja dan anak muda bakal ngerasa canggung kalo bakal masuk kamera. Malah, kurang pede tuh jadi problem beberapa anak remaja. Padahal itu dibutuhin banget dalam pergaulan dan di sekolah. Lain halnya dengan Awkarin. Meski usianya muda, pedenya udah ngalahin orang dewasa. Thumb up!

Liat deh vlog-vlognya. Doi berani berekspresi dan nunjukin perasaannya di video-video itu. Bahkan masuk tempat umum sambil megangin tongsis sambil ngerekam kegiatannya yang seru-seru dan ngomong sendiri di depan kamera. Kalo orang awam pasti udah ngerasa malu dan takut dibilang aneh atau alay.

2. Jago ngomong

https://www.youtube.com/watch?v=YvtWwyivTPw

Kemampuan komunikasi Karin perlu juga diacungi jempol. Pertama, ucapannya jelas, lancar, engga terbata-bata. Doi pun jago berkelit dan improvisasi waktu lagi bingung nyari bahan obrolan. Pesan dalam omongan doi juga tersampaikan dengan jelas.

Udah gitu, cara ngomongnya asik. Bikin penontonnya ngerasa kayak pacarnya temen sendiri. Wajar kalo jalan-jalan yang biasa doi lakuin pun makin enak buat ditonton. Orang awam pun jadi tau rasanya punya gaya hidup yang terbilang cukup glamor. Doi paten banget deh nyeritain kehidupan sehari-harinya yang seru.

3. Jago bikin acara seru

https://www.youtube.com/watch?v=fCEvwPQNG2I

Salah satu tipe orang yang enak diajak ngobrol emang orang yang update dengan tren. Itulah Karin. Tema videonya dinamis dan berubah mengikuti perkembangan minat netizen. Waktu tempat nongkrong di Kelapa Gading tenar, doi bikin video tentang itu. Waktu Pokémon GO melejit, doi pun bikin video tetang monster lucu asal Jepang ini.

Selain itu, doi tau kapan perlu ngoceh, kapan perlu diam di video itu. Bagian mana yang perlu fokusin kegiatan doi, bagian mana yang perlu diisi komentarnya. Secara engga langsung, doi udah jadi sutradara, aktris, sekaligus penulis naskah. Keren kan?

4. She knows how to have fun

karinkarinkarin
(Sumber: Instagram @gagamuhammad)

Ini nih skill yang paling jarang ditemuin di kalangan para haters dalam memandang Karin. Kalo dari Genmuda.com liat, doi tau banget bikin cara luangin waktu membosankan supaya jadi nyenengin. Rasa senengnya juga bukan cuma doi yang ngerasain, tapi juga oleh siapapun yang nonton vlog-nya. Pasti deh kamu engga bakal bosen jalan sama doi.

5. Mentalnya kuat

karin karin
(Sumber: Instagram @gagamuhammad)

Kalo di orang barat, ada ungkapan ‘haters gonna hate.’ Artinya sih mirip seperti ‘anjing menggonggong khafilah berlalu.´ Meski menerima banyak cercaan haters, Karin tetep bikin video dan ngelanjutin hidupnya. Video dan postingannya pun tetep menghibur.

Lucunya, secara engga langsung para haters inilah yang justru bikin nama Karin makin melejit. Karena, netizen yang tadinya engga peduli bakal penasaran. Terus, googling soal Karin, nonton videonya, stalking akun IGnya, bacain Ask.fmnya. Yah, pokoknya selalu ada hikmah di balik cobaan berat. Tetap semangat ya Karin! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.