Selasa, 6 Desember 2022

Genmuda – Banyak netizen saat ini lagi dihebohin sama perubahan logo dan desain Instagram nih, Kawan Muda. Padahal, perubahan besar tersebut sebenarnya engga seburuk itu kok.

Kalau Rabu (11/5) malam kemarin kamu udah nge-update Instagram di perangkat iOS atau Android kamu, kamu pasti bakal ngelihat logo Instagram berubah jadi lebih warna-warni. Hal yang sama pun bisa kamu temuin pada aplikasi Instagram lainnya, yaitu Layout, Boomerang, dan Hyperlapse.

Namun demikian, bukan cuma logo aja yang berubah loh, Kawan Muda. Sekarang desain dalam Instagram juga ikut berubah. Setelah sempat dites di bulan lalu, desain hitam putih Instagram akhirnya resmi hadir. Instagram udah ngelakuin perombakan abis-abisan deh pokoknya.

(Sumber: Instagram)

Lantas, apa alasan di balik perubahan drastis Instagram tersebut? FYI, menurut kepala desain Instagram Ian Spalter, perubahan pada logo Instagram maupun logo berbagai aplikasi Instagram lainnya itu sengaja dilakuin buat ngasih tampilan yang lebih sesuai sama estetika dari komunitas alias pengguna aplikasinya.

Logo dan desain Instagram mulai terasa tidak mencerminkan komunitasnya, dan terus terang kami pikir kami dapat membuatnya jadi lebih baik,” tulis Ian dalam sebuah postingan di Medium.

Sementara itu, tujuan dari perubahan pada desain dalam Instagram adalah buat ngasih lebih banyak penekanan pada foto dan video pengguna ketimbang pada aplikasinya itu sendiri. Terkait dengan hal tersebut, ikon home, search, camera, activity, dan profile akhirnya juga turut disesuain.

(Sumber: Instagram)

Meskipun logonya merupakan gerbang warna-warni menuju aplikasi Instagram, saat sudah di dalam aplikasi, kami yakin bahwa warnanya sebaiknya berasal langsung dari foto dan video komunitasnya,” tambah Ian.

Sayangnya, engga semua pengguna Instagram nyambut baik perubahan logo dan desain Instagram itu. Bahkan, banyak di antara mereka yang udah lama mainan Instagram sampai berekasi keras di dunia maya dan nanyain ulang dasar pemilihan tampilan tersebut.

Well, kalau menurut Genmuda.com sih sebenarnya perubahan Instagram tersebut keren kok. Tapi, kalau kamu engga ngerasa kayak gitu dan justru berpendapat yang sebaliknya, berikut ini adalah 5 alasan logo dan desain baru Instagram engga seburuk yang kamu kira:

1. Lebih seragam

(Sumber: sitepronews.com)

Kalau kamu perhatiin, logo Instagram yang warna-warni sebenarnya masih sejalan sama desain halaman log in-nya yang juga udah lebih dulu kayak gitu. Dengan demikian, filosofi logo sebagai “gerbang warna-warni” sebenarnya udah engga perlu dipertanyain lagi. Lagi pula, yang berubah ‘kan engga cuma logo Instagram, tapi juga logo aplikasi Instagram lainnya. Soal desain dalamnya yang hitam putih, itu pun jadi penyeimbang buat tampilan Instagram secara keseluruhan biar makin seragam.

2. Lebih kekinian

Sebenarnya tampilan logo dan desain Instagram yang sekarang terbilang lebih anak muda banget loh, Kawan Muda. Dibandingin sama desain terdahulunya, logo Instagram di satu sisi engga cuma jadi lebih minimalis, tapi di sisi lain juga jadi lebih berani dan cerah. Sebaliknya, jaman sekarang ‘kan desain monochrome juga masih ngehits, jadi desain dalam Instagram yang hitam putih bisa sekaligus nunjang tampilan minimalis dari logonya.

3. Lebih segar

(Sumber: officechai.com)

Walau warna-warni, tampilan logo Instagram yang sekarang justru terlihat lebih segar dari logo yang sebelumnya karena lagi-lagi lebih minimalis. Iya sih logo lama Instagram yang ala-ala kamera Polaroid memang ikonik. Meski begitu, lama-kelamaan logo tersebut jadi terkesan ketinggalan jaman karena warnanya jadi agak mati kalau dibandingin warna logo media sosial lainnya yang lebih nyala.

4. Memang perlu

Instagram bukanlah perusahaan besar pertama yang ngelakuin perombakan logo dan desain. Sebelumnya, udah ada pula Facebook, Path, Twitter, dan bahkan Google belum lama ini. Intinya, perubahan logo dan desain ada kalanya memang perlu dilakuin buat nyesuain perkembangan jaman maupun pasar. Ini cuma masalah waktu aja kok, Kawan Muda.

5. Hasil pertimbangan matang

(Sumber: today.usa.extra.hu)

Ngubah tampilan logo dan desain itu engga bisa terjadi cuma dalam waktu semalam. Oleh karena itu, walau munculnya terkesan agak tiba-tiba, pihak Instagram pasti udah ngelaluin serangkaian pertimbangan supaya bisa sampai ke tahap penetapan final buat logo dan desainnya. Ingat, pihak Instagram juga cuma manusia biasa yang tak sempurna dan kadang salah, jadi otomatis mereka juga engga bisa buat selalu menuhin keinginan semua pengguna tanpa terkecuali. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer