Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Ambisi dan cita-cita merupakan istilah yang sering banget buat ngegambarin kisah sukses seseorang. Padahal modal ambisi sama cita-cita doang itu engga cukup Kawan Muda. Serius!

Karena hidup penuh dengan lika-liku, engga semua orang yang tau besok akan seperti apa. Tapi nih, bukan lantas kamu langsung gampang menyerah atau ngeluh akan nasib hidup kamu sekarang. Plis, engga usah kayak gitu.

Daripada kamu cuma bisa menyalahkan keadaan atau orang lain, coba deh evaluasi penyebab hambatan kesuksesan kamu. Sehingga kamu engga dicap sebagai orang egois karena nyalain orang lain atau keadaan. 

Kalo kamu berani jujur sama diri sendiri, sebenarnya banyak banget loh penyebab kesuksesan terhambat karena kebiasaan buruk kamu. Oleh sebab itu engga ada salahnya kamu baca sampai habis artikel berikut ini, dan coba tanya “Apakah Kawan Muda udah benar untuk menggampai semua ambisi dan cita-cita kamu selama ini?”

1. Usaha udah tapi engga pernah doa

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Kamu udah belajar mati-matian tapi belum lulus ujian? Atau kamu udah kerja sebaik-baiknya tapi gaji dan posisi kamu masih segitu-gitu aja? Jangan buru-buru salahin nasib. Kesampingin dulu kesuksesan dan ambisi kamu, siapa tau secara batin kamu belum siap menerima level ‘kesuksesan’ yang kamu inginkan. Jadi selain usaha, jangan lupa juga dibarengin sama doa.

2. Punya kemampuan tapi udah pesimis atau minder duluan

via: Huffington Post
(Sumber: Huffington Post)

Mamet: “Kayaknya loe berbakat masuk DKV nih Eve! Coba aja daftar di ITB.”

Everlyn: “Ah, kayaknya ketinggian deh. Lagian yang daftar di sana pasti pintar-pintar.”

Wajar kok kalo kamu punya rasa takut kalah. Yang engga wajar justru kalo kamu harus  terus-terusan takut, minder, atau nyerah duluan tanpa mencoba. Pepatah pernah bilang, kegagalan adalah awal kesuksesan.

3. Engga jago atur waktu

via: Blogspot
(Sumber: Istimewa)

Kalo ada penyanyi muda, Ardhito Pramono, definisi orang sibuk itu cuma berlaku bagi mereka yang engga mau mengatur waktu bagi dirinya sendiri. Oleh sebab itu, mumpung kamu masih muda dan dibekali tenaga yang banyak, pintar-pintarlah atur waktu kerja kamu supaya tetap berimbang sekaligus produktif.

4. Males bangun pagi dengan berbagai alasan

via SheKnows
(Sumber: Istimewa)

Katanya mau sukses di usia muda, punya penghasilan besar, tapi kok bangun pagi aja susah? Di sinilah kebiasaan buruk yang menghambat kesuksesan kamu. “Emang mau pacarnya rejekinya di-embat orang lain?” Makanya rajin bangun pagi.

5. Impian banyak, usaha sedikit

via: Coming Soon
(Sumber: Istimewa)

Dari judulnya aja hampir mustahil (banget) bisa sukses kalo engga ada embel-embel kerja keras. Sekali lagi Genmuda.com tegaskan, mumpung masih muda dan dibekali banyak tenaga, engga ada salahnya buat kamu terus mencoba hal baru dan menekuni bidang yang bisa mengantarkan kamu menuju kesuksesan kamu sendiri. “Indonesia aja engga bakalan merdeka kalo engga ada yang berjuang gaes!”

6. Sombong

via: Youtube
(Sumber: Istimewa)

Kebiasaan buruk ini jelas harus kamu buang jauh-jauh. Jangan pernah merasa diri kamu paling benar dan hebat sehingga malas belajar dan mendengarkan nasihat orang lain. Ingat, di atas langit masih ada langit.

7. Engga punya komitmen

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Bukan cuma urusan asmara doang kamu butuh komitmen. Orang yang engga punya tujuan jelas seperti perahu tanpa nahkoda. Di situlah peran komitmen begitu penting untuk menjadi bekal dan motivasi kamu mencapai semua impian kamu. “Emangnya kamu mau hidup kamu auto-pilot?”

8. OMDO

(Ilustrasi: womenshealthmag.com)
(Ilustrasi: womenshealthmag.com)

Bobi: “Rim, besok pagi gue jemput lo ya!”

Rima: “Oke jam 7 ya gue tunggu!”

Dan jam 8 Si Bobi baru bangun tidur.

Bobi: “Maaf ya gue kesiangan Rim.”

Rima: “Engga apa-apa Bob, lain kali tepati janji ya. laki-laki kan yang dipegang janjinya bukan omongannya!”

Bobi: *kejang-kejang

Males banget kan ketemu orang OMDO (baca: Ngomong Doang). Gimana mau sukses, kalo cuma bisa ngomong teori tanpa ada praktik dan hasilnya.

9. Terlalu membatasi diri

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Peluang jadi orang sukses itu engga memandang usia, jenis kelamin, atau status sosial. Mumpung masih muda, silakan jalin koneksi dan perluas pengetahuan kamu. Orang bijak pernah bilang, “Kesuksesan itu adalah milik mereka yang mau berusaha!” Selama pergaulan dan koneksi yang kamu jalin itu baik, engga ada salahnya untuk diperjuangkan.

10. Kurang bersyukur dan pedekate sama Tuhan

via The Plaid Zebra
Travelling (Sumber: Istimewa)

Kesembilan poin di atas bakalan percuma kalo kamu engga pernah bersyukur dan melakukan pendekatan sama Tuhan. Kalo penulis boleh berkomentar, definisi kesuksesan emang relatif, tapi siapa sih yang engga mau sukses di dunia dan akhirat? Sedap!

Sekali lagi Genmuda.com tekankan, sukses itu bisa diraih oleh semua orang. Dan mumpung kamu masih muda, silakan mencoba dan memberikan yang terbaik untuk mencapai cita-cita kamu! “Have a nice day!”

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.