Jum'at, 23 Oktober 2020

Genmuda – Versi OS Android 8.0 dengan code name “Android O” lagi tahap pengembangan akhir. Kalo sesuai jadwal, Android baru ini bakal rilis setahun setelah peluncuran Android 7.0 Nougat, lebih tepatnya 21 Agustus mendatang.

Banyak yang berharap kalo nama panjang OS anyar ini adalah “Android Oreo,” tapi Google belum bocorin apapun. Kalo diliat dari logo bulat dan warna kuning-oranye “Android O,” nama panjang OS ini bisa aja Android Omelette.

Tapi, kayaknya gak mungkin berhubung nama Android selalu terinspirasi dari makanan manis, mulai dari Gingger Bread hingga Nougat. Yang udah pasti, seri ini tersedia pertama kali buat ponsel Google Pixel dan Pixel XL. Fitur-fitur anyarnya bisa diliat di bawah ini

1. Picture in picture (PiP)

Fitur ini bikin video YouTube bisa tetep nongol dalam bentuk kecil sambil buka aplikasi lain. Artinya, doa pengguna Android untuk bisa dengerin musik YouTube sambil buka aplikasi lain seperti “diijabah” melalui fitur PiP.

2. “Adaptive icon”

via gfycat.com

Akui aja, deh. Desain tampilan Android jelek banget karena bentuk ikon aplikasinya gak satu tema. Dengan update OS baru, Google berusaha menyelaraskan tema ikon semua aplikasi sehingga tampilannya lebih enak dipandang.

3. Format notifikasi baru

via androidauthority.net
Format dot notification pada ikon aplikasi. (Sumber: androidauthority.net)

Notifikasi yang suka muncul mengganggu tampilan atas layar akhirnya bisa dihilangin. Selain itu, bentuk notifikasi yang tempel di icon juga bakal berubah bentuk. Kamu tau kan lingkarang merah berisi angka yang biasa muncul di ikon sebuah aplikasi kalo aplikasi itu ada notif? Nah, bentuknya bakal berubah jadi seperti di gambar atas.

4. Smart text selection

via techradar.net

Ketika ngeblok sebuah teks, OS-nya bakal langsung tau jenis teks itu dan ngasih pilihan lain selain Copy, Cut, dan Paste. Misalnya, teks yang berbentuk nomor telepon bakal munculin pilihan “Call” sementara teks yang berbentuk alamat email bakal langsung munculin pilihan “Send Email.”

5. Auto fill

via google.com

Fitur yang bikin ponsel otomatis mengisi formulir berdasarkan data yang tersimpan sebenernya udah ada sebelumnya di aplikasi Chrome. Dengan fitur ini, pengguna Android O gak perlu buang waktu mengetik nama, alamat, dan info-info lain saat mau daftar keanggotaan ke sebuah website.

6. Ekstra tombol navigasi

via androidauthority.net
Tombol paling kanan tuh tombol clipboard. (Sumber: androidauthority.net).

Android jadul cuma punya tiga tombol navigasi, yaitu tombol “back,” “menu”/”background app,” dan “home.” Di Android O, tombolnya bisa ditambahin satu lagi dengan pilihan antara clipboard atau kibor. Dengan tombol clipboard, kamu bisa nge-paste apapun tanpa perlu kelamaan menekan layar. Sementara itu, tombol kibor bakal nampilin kibor digital di aplikasi manapun.

7. Emoji baru

via techradar.com
(Sumber: techradar.com).

Emoji Android yang bentuknya aneh itu bakal berubah jadi emoji bulat seperti yang ada di iPhone.

8. Audio mantap

via androidauthority.net
(Sumber: androidauthority.net).

Saat ponsel Android O terhubung sama speaker/headset via Bluetooth, format suaranya bisa diubah. Ada beberapa pilihan format, di antaranya SBC, AAC, aptX, aptX HD, dan LDAC. Gak usah bingung sama istilah itu. Cukup pilih yang kualitas suaranya paling disukai.

9. Loading dipercepat

Meski gak mengupgrade hardware ponsel, loadingnya tetep dipercepat karena Android O berisi perbaikan bug yang bikin lemot. Efeknya terasa bukan hanya saat nyalain ponsel, tapi juga saat buka aplikasi.

10. Meninimalisir background apps

Karena dipasangi AI terbaru Google, Android O bisa mengenali aplikasi udah engga dipakai dan mematikan aplikasi itu secara otomatis biar engga nyala di background. Kalo di Android lama, matiin aplikasi background kan harus dengan menekan tombol navigasi “background app.” (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.