Kamis, 13 Mei 2021

Genmuda – Halo Jakartans, udah ke TPS kan hari ini? Semoga kalian memanfaatkan hak pilih kalian dengan memilih calon Gubernur yang nanti akan membawa Jakarta yang lebih baik ya!

Kalo kemarin kita udah #TanyaKawanMuda soal harapannya tentang Jakarta, hari ini kita rekap yuk, apa aja yang sekiranya warga Jakarta sangat butuhkan untuk Jakarta yang semakin maju dan ramah untuk warganya.

1. Lapangan pekerjaan

via: memes.com

Engga bisa dipungkiri lagi kalo Jakarta jadi tumpuan warga di beberapa kota disekitarnya sebagai tempat “mencari nafkah.” Sebut aja Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Entah karena di kota-kota tersebut kurang banyak kerjaan yang disediakan atau karena emang Jakarta tempat yang cocok untuk mengembangkan diri. Akibatnya, mau engga mau warga Jakarta harus siap bersaing sama warga kota lain. Inilah yang jadi harapan para Jakartans. Pengennya sih di Jakarta ini lebih banyak lapangan pekerjaan, jadi warganya bisa menghidupi hidupnya dengan lebih layak.

2. Keamanan

Semenjak Pilkada ini, Jakarta jadi lebih tegang dan sering banyak selisih paham karena perbedaan pendapat. Ya sebenernya wajar aja, Kawan Muda, tapi jangan sampe bikin keamanan Jakarta itu sendiri terganggu. Padahal, kita selalu berharap, bahwa Jakarta akan terus aman, nyaman, dan ramah buat semua warganya. Supaya Jakarta engga lagi dapet predikat, “kota yang paling banyak terjadi tindakan kriminal.”

3. Pembangunan infrastuktur

Seperti yang kita tau, pemerintah terus membangun infrastruktur yang ada di Jakarta, guna mempermudah akses jalan dan juga bangunan buat warganya. Kalo kalian perhatiin, meskipun Jakarta terus membenahi dan memperlebar jalan, tetep aja setiap hari kita kena macet, dan akhirnya ngeluh, “ini Jakarta ngebangun mulu, tapi malah jadi sumpek.” Meskipun begitu, ruas-ruas jalan yang dibenahi, dan juga gedung-gedung tinggi yang terus dibangun, semata-mata buat kemajuan pembangunan Jakarta juga loh gengs.

4. Macet

via: giphy.com

Nyambung sama pembangunan jalan, setiap hari kita pasti ngelewatin jalan yang macet, karena jalan itu lagi diperbaiki. Banyak warga yang berharap, pembangunan jalan ini dipercepat, biar engga nambahin macet di Jakarta. Solusi Pemerintah Jakarta untuk mengurangi macet yang malah bikin macet ini adalah penambahan jalan untuk angkutan umum masal kaya LRT dan MRT, juga pembangunan flyover dan underpass di beberapa ruas jalan yang padat.

5. Transportasi umum

Selain karena jalannya yang kurang lebar, banyaknya orang yang pake kendaraan pribadi juga jadi penyumbang terbesar kemacetan di Jakarta setiap harinya. Makanya, pemerintah Jakarta juga terus membenahi system transportasi umum di Jakarta. Sebenernya, transportasi umum di Jakarta udah lebih baik dari tahun sebelumnya, kayak penambahan jumlah Transjakarta dan juga Commuter Line yang diperbanyak rute dan gerbongnya. Apalagi sekarang lagi dibangun juga MRT dan LRT yang katanya akan selesai tahun 2018. Kita doakan terus supaya cepat selesai ya!

6. Banjir

via: google.com

Penyakit tahunan Jakarta ini emang kayaknya susah banget disembuhin. Janji-janji manis yang dulu digembor-gemborkan pas kampanye engga bikin banjir itu engga dateng lagi pas musim hujan. Sebenernya, engga cuma pemerintah DKI nya aja yang mesti ditegur, tapi kita juga mesti sadar nih. Masih suka buang sampah sembarangan di jalan atau di sungai engga?

7. Hunian layak

Masih banyak ya kita liat orang-orang yang tinggal di kolong jembatan, di bantaran sungai, di rusun yang kumuh, bahkan di gerobak dan juga dipinggir jalan. Banyaknya orang luar daerah yang dateng ke Jakarta bikin ibu kota makin sumpek dan engga ada lagi lahan buat bikin hunian yang layak. Jangankan rumah yang nyaman, mungkin buat makan aja pas-pasan. Makanya, engga heran kan kalo kita sering liat ketimpangan dimana-mana, contohnya rumah-rumah kumuh yang dipagar dan berbatasan sama apartemen atau perumahan elite.

8. Pendidikan

Inovasi KJP atau Kartu Jakarta Pintar udah lumayan membantu anak-anak Jakarta buat sekolah. Kemudahan yang dirasa dari penggunaan KJP ini semoga bikin lebih banyak anak-anak yang tadinya engga bisa sekolah dan putus sekolah, jadi bisa sekolah lagi. Biar engga cuma jadi tempat bisnis dan kerja yang menjanjikan aja, tapi Jakarta juga harus jadi tempat menuntut dan menimba ilmu yang layak sehingga terjangkau buat semua warganya.

9. Ruang terbuka hijau dan apresiasi seni

via: Tumblr

Selain berguna buat keindahan Jakarta, ruang terbuka berguna buat jadi tempat apresiasi para seniman untuk berkarya. Banyak seniman di Jakarta yang engga tau mau berkesenian di mana. Maka harapannya, lebih banyak lagi ruang apresiasi buat para seniman untuk menyalurkan kreatifitasnya dengan positif.

10. Kebudayaan

Cuma sedikit golongan aja yang masih melestarikan warisan kebudayaan Betawi di Jakarta nih guys. Sisanya, hanya menunggu kapan warisan ini bener-bener punah. Kalau udah di klaim sama orang lain, baru deh nanti pada sibuk. Jadi harapan para pegiat kesenian Betawi asli macem Ondel-ondel, Tari tradisional dan juga Lenong Betawi, untuk lebih diperhatikan oleh Pemerintah.

Itu tadi 10 aspek perubahan yang selalu dituntut sama warganya. Siapapun nanti yang terpilih, semoga bisa meneruskan semua hal baik yang udah dilakukan dan bisa membuat hal-hal positif lain yang lebih membangun Jakarta. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.