Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda – Masuk minggu terakhir Februari ada film animasi seru berjudul ‘Zootopia’. Film garapan Byron Howard dan Rich Moore ini menceritakan sebuah kota besar yang berisikan sejumlah hewan mamalia bernama ‘Zootopia’ dan tayang di bioskop tanah air mulai hari Rabu (17/2).

Karakter utamanya adalah Juddy Hopps (Ginnifer Goodwin), seekor kelinci kecil yang bercita-cita menjadi polisi di Zootopia. Walau dianggap remeh dan kurang cocok sebagai polisi hewan, akhirnya Juddy mampu membuktikan kalo dirinya layak lulus tes, sekaligus mengalahkan mamalia besar lainnya. Berkat kerja kerasnya itulah, ia berhasil bergabung dengan Zootopia Police Department (ZPD).

Sesampainya di Zootopia, ZPD ternyata sedang menangani kasus hilangnya 14 mamalia di kota mereka. Alih-alih diberikan misi menantang, kelinci mungil tersebut malah dipercayai oleh Chief Bogo (Idris Elba) sebagai polisi jalan raya.

(Sumber: Youtube)

Pantang putus asa, Juddy berusaha menunjukan kerja kerasnya di Zootopia. Hingga suatu hari ia bertemu dengan Nick Wilde (Jason Bateman), seorang rubah licik yang tinggal di Zootopia.

Seperti cerita fabel pada umumnya, nyaris gak ada perbedaan soal penggambaran sifat hewan di Zootopia, seperti kelinci yang gesit, rubah yang licik, hingga singa yang selalu dianggap perkasa serta buas. Lewat ‘Zootopia’ Disney sebenarnya berhasil mengangkat kelinci dan rubah dalam satu frame persahabatan. Kalo dari catatan saya, Disney terakhir kali menjadikan rubah sebagai karakter utama dalam film ‘Robin Hoot’ (1973).

Oke balik lagi ke ‘Zootopia’. Pertemuan Juddy dan Nick akhirnya berbuntut oleh keterlibatan mereka buat menyelidiki hilangnya 14 mamalia di kota tersebut. Berbekal kecerdikannya, Juddy berusaha mencari informasi tambahan lewat Nick, yang lebih berpengalaman soal ‘dunia hitam’ di Zootopia.

Petualangan Juddy dan Nick kemudian melahirkan indikasi adanya kemungkinan insting buas pada diri mamalia predator. Sadar akan hal itu, Juddy berbalik khawatir oleh keamanan kota ‘Zootopia’. Nick sendiri (yang merupakan mamalia predator) merasa tersinggung oleh spekulasi Juddy kepada masyarakat.

(Sumber: YouTube)

Kendati ‘Zootopia’ adalah film animasi keluarga dan buat semua umur, namun konflik yang dihadirkan menurut saya serius buat semua lintas usia. Pastinya itu semua gak disampein secara berat dan harus mikir banget kayak ngerjain soal UAS ya.

Isu sosial, tenggang rasa melawan rasisme, cinta, dan kekeluargaan semuanya lengkap di dalam film ini. Hematnya, ‘Zootopia’ jadi film ringan dengan misi serius dan sayang banget kalo sampe dilewatin.

FYI, selain nama-nama di atas, ada juga penampilan ‘binatang pop’ bernama Gazelle (Shakira) yang jadi Diva di Zootopia. So far, hampir engga ada menit yang ngebosenin. Belum lagi banyak gimmick humor dari film-film Disney sebelumnya hingga parodi adegan film ‘Godfather’ yang pastinya bikin kamu ngakak!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.