Senin, 14 Oktober 2019

Genmuda – Bertukar pikiran, perbanyak ngobrol, dan berkegiatan bareng sering disebut sebagai cara yang paling baik untuk mengenal kepribadian seseorang. Namun demikian, kepribadian seseorang juga bisa diketahui lebih dalam lagi dengan melihat keputusan-keputusannya.

Misalnya aja, dengan melihat warna favorit mereka. Emang berpengaruh? Ya jelas ada pengaruhnya, dong. Dalam ilmu desain grafis dan kesenian, tiap warna punya makna tersirat di dalamnya. Yuk kita sama-sama kenali kepribadian seseorang (atau mungkin diri sendiri) lewat warna favorit.

1. Merah

via Istimewa
Jaket almamater Universitas Bakrie. (Sumber: Istimewa)

Pada bendera Merah-Putih, warna merah berarti Berani, namun artinya bisa lebih luas lagi dari itu. Merah juga melambangkan energi, kekuatan, bahaya, tekad, passion, keinginan, cinta, aktif, kesuburan, motivasi, keriangan, dan antusiasme. Kalo boleh disimpulin, mereka-mereka yang suka warna merah tuh kebanyakan adalah anak-anak yang ambisius.

2. Kuning

via republika.co.id
Anak-anak UI lagi pada yel-yel. Bukan demo. (Sumber: republika.co.id)

Warna kuning biasa dipakai jadi latar belakang film-film indie karena doi melambangkan kreativitas yang tinggi. Emang benar. Selain itu, kuning juga berarti kebahagiaan, kaya, cerdas, hangat, enerjik, punya visi, hati-hati, mandiri, dan punya motivasi besar. Dalam pergaulan sehari-hari, penggemar warna kuning tuh mereka-mereka yang out of the box (atau mengaku out of the box).

3. Oranye

via edilkons10.wordpress.com
Jaket almamater Universitas Negeri Makassar. (Sumber: edilkons10.wordpress.com)

Mirip-mirip dengan warna kuning, oranye juga berarti kreativitas dan kebahagiaan. Bedanya, warna ini lebih terkesan lebih punya pendirian, rangsangan, optimis, energi, produktif, daya tahan tinggi, menarik, muda, dan pastinya kesuksesan. Mungkin, karena itulah mereka yang punya ambisi tinggi dan kreatif sukanya warna oranye.

4. Hijau

via Istimewa
Anak-anak baru Universitas Negeri Jakarta lagi pada dibecandain senior. (Sumber: Istimewa)

Ingat warna hijau otomatis jadi ingat pepohonan. Seperti alam di dunia, hijau memang berarti pertumbuhan, kesegaran, dan harmoni. Kalo lebih diperdetil, maknanya juga bisa berarti subur, kelahiran baru, perubahan, rileks, keberuntungan, obat, dan kemakmuran. Orang yang suka warna hijau, pada umumnya down to earth dan bersahaja. Ciye.

5. Biru

via Istimewa
Anak-anak ITB, nih. Keren abis. (Sumber: Istimewa)

Kayak si kuning, si biru juga suka tampil intelek dalam pergaulannya. Bedanya, si kuning punya kreativitas yang tak terbendung, sementara si biru punya kebijakan yang tinggi. Warna biru itu sendiri artinya adalah komunikasi, dapat diandalkan, kebenaran, loyal, berintegritas, perdamaian, kebenaran, dan stabil. Gils. Calon-calon ketua OSIS banget nih. Yaelah

6. Ungu

via polmed.ac.id
Anak-anak Politeknik Negeri Medan dengan jaket almamater ungu lagi bakti sosial di area erupsi Gunung Sinabung. (Sumber: polmed.ac.id)

Ada yang bilang ungu adalah warna janda. Padahal, SALAH. Ungu adalah warna yang melambangkan ambisi, inspirasi, mistis, sihir, kekuatan dalam diri, spiritual, dan misterius. Apakah itu sebabnya orang-orang yang suka warna ungu cenderung lebih religius dari teman-temannya? Who knows?

7. Hitam

via Kiplinger
(Sumber: Istimewa)

Si ungu boleh pamer doi misterius (lah, misterius kok pamer), tapi si hitam lah yang paling pandai menutupi kepribadiannya sendiri. Karena sering digunakan pada pakaian formal, hitam juga menandakan elegan, formalitas, mewah, ketegasan, dan kekuatan, dan berilmu. Tapi, agak-agak culas.

8. Cokelat

via Istimewa
Jaket merah kecokelatan BINUS. (Sumber: Istimewa)

Stabil dan penuh kontrol. Itulah dua karakteristik kuat yang ada dalam warna cokelat. Karena itulah warna cokelat juga sering dipakai untuk warna pakaian formal. Bedanya, si cokelat jauh lebih manis dan luwes daripada si hitam.

9. Putih

via hello-pet.com
Jas putih sih udah pasti identik sama dokter. (Sumber: hello-pet.com)

Putih pasti artinya suci. Bisa juga berarti kebenaran, bersih, polos, baik, bercahaya, dan spiritual. Saking polosnya, warna putih juga bisa dikira engga berpengalaman dan naif. Bukan maksud menuduh atau gimana, nih. Tapi, penggemar warna putih emang polos (atau bisa juga pura-pura polos).

10. Pink

via Istimewa
Maaf, penulis engga nemu jaket almamater yang warna pink? (Sumber: Istimewa)

Warna ini sering disalah artikan sebagai warnanya cewek. Itu baru salah satu maknanya. Padahal, pink juga bisa berarti kehangatan dan pertemanan. Dalam pegaulan, penggemar warna pink ini yang biasanya paling setia kawan.

Lebih kurang, seperti itulah ilmu desain memaknai warna-warna yang umum jadi favorit. Akan tetapi, warna-warna tadi punya makna lain menurut sudut pandang masyarakat tertentu. Jadi, apa warna favorit kamu dan maknanya? Share pendapat kamu di bawah ini bisa kali. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.