Selasa, 19 Maret 2019

Genmuda Yang namanya dunia teknologi emang engga pernah ada habisnya, apalagi kalau udah ngomongin smartphone. Pada tanggal 24 Februari 2016 di event MWC (Mobile World Congress) yang bertempat di Barcelona, Xiaomi yang merupakan salah satu produsen yang lagi naik daun saat ini mengumumkan ponsel tercanggih mereka untuk tahun 2016 yaitu Xiaomi Mi 5. Penasaran gimana bentuk dan spesifikasinya?

Mi 5 merupakan ponsel flagship dari Xiaomi yang menjanjikan kualitas tertinggi baik dari segi desain, maupun performanya. Pada saat peluncuran produk Mi 5, Vice President Global Xiaomi Hugo Barra curcol nih gaes kalau ponsel flagship yang satu ini memakan waktu pengembangan selama 18 bulan. Cukup lama juga ya Kawan Muda.

Saking canggihnya, Barra menyebut #Mi5 ini seperti black magic (emangnya ini ponsel dibuat Voldemort apa ya?). Emang bener sih gaes, spesifikasinya itu bener-bener menggiurkan. Bahkan ketika dilakukan benchmark, Mi 5 nembus skor AnTuTu Benchmark hingga 142.084!

Spesifikasi Mi 5 Pro (c) Xiaomi
Spesifikasi Mi 5 (c) Xiaomi

Jeroan Mi 5 sendiri bisa dibilang udah siap banget untuk bersaing dengan ponsel-ponsel high-end dari kompetitor lain. Menggunakan CPU Snapdragon 820, RAM LPDDR4 hingga 4GB dan memori internal hingga 128GB. Dukungan 4G+ dengan modem cat 12, kamera 16MP dengan 4-axis OIS dan kamera selfie 4 MP 2µm-pixel. Agar bisa digunakan seharian, kapasitas baterai yang digunakan pun cukup besar yaitu 3.000 mAh.

Layar Mi 5 berukuran 5,15 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080) yang sudah dipatenkan. Tingkat kecerahan layar spesial ini sanggup mencapai 600 nits dan lebih efisien hingga 17%. Di bagian bawah layar, tepatnya di tombol home, terdapat pemindai sidik jari. Ini pertama kalinya Xiaomi menggunakan fingerprint scanner di tombol tersebut.

Salah satu keunikan Mi 5 adalah bagian belakang yang menggunakan material keramik. Menurut Hugo Barra, keramik yang digunakan bukanlah bahan sembarangan yang biasa kita lihat sehari-hari (piring misalnya), melainkan nano-ceramic zirconia kualitas terbaik. Saking kuatnya, bahan ini mendapat skala 8H dalam skala kekerasan mineral (skala Mohs). Untuk perbandingan nih gaes, baja itu biasanya ada di skala 4 hingga 4,5 dan berlian ada di skala 10. Mungkin kamu yang doyan batu cincin paham dengan skala ini.

Kotak Xiaomi Mi 5 (c) Xiaomi - Generasi Muda
Kotak Xiaomi Mi 5 (c) Xiaomi

Generasi muda Indonesia sendiri pasti udah kenal banget dengan OS Android. Sistem operasi Mi 5 sendiri akan langsung menggunakan Android 6.0 (Marshmallow) dengan dibalutkan antarmuka MIUI 7 ala Xiaomi. Untuk warnanya sendiri, Xiaomi Mi 5 akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih dan gold.

Berapa harga Xiaomi Mi 5? Nantinya Mi 5 akan dijual dalam tiga varian dengan harga yang berbeda.

Harga Xiaomi Mi 5 - Generasi Muda
Harga Mi 5 (c) Xiaomi

Varian terendah memiliki RAM 3GB dan memori internal 32GB yang dibanderol 1.999 yuan atau sekitar 4,1 juta rupiah. Sedangkan varian kedua akan menggunakan kombinasi RAM 3GB serta memori internal 64GB yang dibanderol 2.299 yuan atau sekitar 4,7 juta.

Untuk varian tertinggi atau disebut juga dengan Xiaomi Mi 5 Pro yang memiliki RAM 4GB, memori internal 128GB dan bagian belakang keramik akan dijual dengan harga 2.699 yuan atau sekitar 5,5 juta rupiah.

Xiaomi Mi5 sudah akan dijual di pasar mulai 1 Maret mendatang di China. Ponsel ini juga akan diluncurkan di India, Indonesia, Singapura, Malaysia dan Taiwan dalam waktu dekat.

Spesifikasi:

  • 2.15 GHz Snapdragon 820 Quad-Core Processor
  • 3GB RAM With 32GB ROM/ 4GB RAM with 128 GB ROM
  • 5 Inch FHD IPS Touchscreen Display
  • Sunlight display
  • Dual SIM
  • Rear-facing camera: Sony IMX298 sensor , 16MP camera, with PDAF and DTI technology,Dual flash LED
  • Front-facing camera: 2 micro-meter sized sensor , 4MP camera
  • 4G +
  • Supports Voice over LTE (VoLTE)
  • WiFi
  • IR
  • NFC-enabled
  • Fingerprint Sensor
  • USB OTG
  • 3000 MAh Battery.
  • Supports Qualcomm quick charge 3.0

(sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast