Jum'at, 22 Februari 2019

Genmuda – Kurang tidur bisa dibilang udah bukan hal yang asing lagi buat banyak orang. Bukannya orang-orang tersebut engga butuh tidur, tapi mungkin merekanya aja yang engga sadar akan seberapa besar kebutuhan mereka.

Sebagian dari kamu mungkin masih nganggap kurang tidur itu sama sekali engga masalah. Bahkan, bisa jadi kamu udah nganggap hal tersebut sebagai bagian biasa yang emang engga bisa dilepasin dari kehidupan dan padatnya aktivitas kamu sehari-hari. Padahal, ada konsekuensi serius yang bisa muncul dari hal tersebut, mulai dari kecelakaan, cidera, sampai kematian loh, Kawan Muda.

Lantas, gimana caranya supaya kamu bisa tau kalo kamu emang butuh lebih banyak tidur? Well, engga perlu susah-susah, sebetulnya kamu cuma tinggal ngamatin perubahan pada tubuh kamu aja. Berikut ini adalah 5 dari sekian banyak tanda penting yang terjadi saat kamu engga ngedapetin tidur yang cukup:

1. Kenaikan berat badan

Sejumlah riset udah nunjukin adanya hubungan di antaranya kenaikan berat badan dan kurang tidur. Di sebuah riset misalnya, orang-orang yang kurang tidur cenderung ngekonsumsi 300 kalori lebih banyak dalam sehari ketimbang saat mereka cukup tidur. Di samping itu, kurang tidur juga bikin tubuh jadi stres, sehingga ningkatin level kortisol, yaitu hormon stres yang nandain bahwa tubuh perlu nambah lemak.

2. Proses berpikir terganggu

via imgur.com

Kurang tidur walau cuma sehari aja sebenarnya udah cukup buat ngurangin kewaspadaan dan proses mental lainnya sampai 32%. Yang lebih parahnya lagi, kurang tidur pun bisa berpengaruh pada kemampuan kamu buat ngingat bahkan hal yang paling simpel sekalipun. Hal itu terjadi karena tanpa tidur yang cukup, siklus REM yang ngebantu ningkatin memori dan fungsi mental lainnya engga terjadi.

3. Masalah emosional

Hubungan di antara kurang tidur dan kontrol emosi sekaligus kemampuan ngatasin stres yang berkurang udah dibuktiin lewat sejumlah riset. Kalo berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, kurang tidur otomatis engga cuma bakal bikin kamu gampang marah aja. Bisa jadi kamu malah bisa sampai ngalamin masalah yang lebih parah, kayak misalnya depresi.

4. Sistem kekebalan tubuh menurun

via Made With Love Natural Skin Care

Saat kamu kurang tidur, engga ada satupun sistem tubuh kamu yang berfungsi segimana mestinya, termasuk sistem kekebalan tubuh kamu. Akibatnya, tubuh kamu bakal lebih rentan tehadap infeksi sehari-hari, contohnya flu atau pilek biasa. Hal ini bahkan bisa nurunin kualitas hidup kamu dan berujung pada berkurangnya kinerja tubuh kamu.

5. Penyakit kronis

Masih terkait dengan stres kronis dan poin sebelumnya, kurang tidur ternyata juga bisa nimbulin munculnya sejumlah penyakit kronis. Penyakit yang dimaksud di sini bukan cuma penyakit jantung, tapi di antaranya juga termasuk stroke, obesitas, dan masalah kesehatan mental. Hal ini pun nantinya turut berpengaruh pada harapan hidup dan usia kamu, di mana para cewek yang tidur kurang dari 5 jam sehari kemungkinan engga bakal hidup selama cewek lain yang tidurnya cukup. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer