Rabu, 21 Agustus 2019

Genmuda – Tindak kejahatan gak pernah kenal waktu, tempat, dan siapapun korbannya. Namun demikian seminggu bekalangan banyak banget aksi kriminal yang terjadi di malam hari dan terutama mengincar pengendara sepeda motor.

Yang paling anyar terjadi pada seorang biker yang nyaris dibegal di daerah Gandaria, Jakarta Selatan, pada Rabu (15/5), pukul 01.00 WIB. Singkatnya sepeda motor biker tersebut dipepet dan kuncinya nyaris diambil. Gak lama setelahnya ada lagi satu motor yang mengikuti motor tersebut dari arah belakang.

Sadar ada gelagat gak beres, biker tersebut langsung tancap gas meninggalkan kawanan begal tersebut. Aksi tersebut terekam dalam kamera di depan motor dan menjadi viral di media sosial. Mayoritas netizen geram dan resah ngelihat aksi tersebut, soalnya gak sedikit dari kita yang harus pulang tengah malam karena masalah pekerjaan dan lainnya.

Terus gimana ya kalo kita sedang berpergian di malam hari dengan sepeda motor? Karena kawanan begal atau geng motor alay bisa nekat dalam bertindak, berikut ini sejumlah tips yang bisa kamu tetep aman berkendara dengan motor di malam hari.

Hafal rute perjalanan kamu

Sebelum berpergian di malam hari penting buat kamu mengetahui rute perjalan yang bakal kamu ambil. Jangan cuma mikir cepat sampai aja ya bro, pastiin juga kalo daerah yang kamu lalui itu gak rawan dengan aksi kejahatan. Saran dari Genmuda.com lebih baik ambil rute memutar tapi daerahnya cukup ramai dan aman.

Dalam kondisi darurat, misalnya kamu dikejar begal (amit-amit), menghafal rute jalan juga berguna buat mencari jalan alternatif. Syukur-syukur daerah tersebut ramai atau kamu bisa menemukan pos keamanan sehingga kamu bisa meminta pertolongan dari aparat atau warga setempat.

Fokus, jangan kebanyakan bengong

via: giphy

Namanya naik motor di malam hari jalanan mayoritas lengang dan udara bikin mata ngantuk. Tapi sebelum memutuskan berkendara di malam hari pastiin kalo kondisi fisik kamu prima.

Hindari mendengarkan musik dengan earphone karena hal ini akan mengganggu konsentrasi kamu dalam berkendara. Gak lucu kan kalo lagi dengerin musik gede-gede tapi kamu gak sadar kalo ada kendaraan yang ngikutin motor kamu dari belakang.

Yang paling penting, jangan pernah berkendara dalam kecepatan konstan di malam hari karena ini menjadi sasaran empuk kawanan begal. Gak apa-apa kok sesekali ‘ngegas’ motor kamu jika dirasa aman, sehingga orang yang mau begal jadi mikir dua kali buat ‘mepet’ motor kamu. Kunci utamanya cuma satu yaitu FOKUS dalam berkendara.

Menepi di tempat yang terang dan aman

via: Tumblr

Kendala berkendara di malam hari juga gak lepas dari distraksi oleh banyak faktor kayak ngantuk, mau dengerin musik, atau sekedar ngebales chat penting. Kalo emang dirasa urgent banget, Genmuda.com saranin kamu udah memilih tempat yang aman dan cukup cahaya untuk menempi.

Jika dirasa ngantuk, gak ada salahnya buat istirahat di restoran fast food atau SPBU 24 jam. Jangan lupa juga untuk selalu membawa kunci ganda saat memarkirkan motor kamu.

Jangan bawa motor mahal atau barang-barang mencolok

via: Giphy

“Kejahatan bisa terjadi jika ada kesempatan.”

Inget quote alm. Bang Napi itu dong? Nah, salah satu kesempatan buat ngelakuin kejahatan ini bisa muncul salah satu lewat kehadiran barang-barang mewah dan berharga. Namanya pelaku kriminal pasti udah tau dong apa aja barang-barang yang mau mereka incar supaya laku kalo dijual lagi.

Jadi kalo engga kepepet banget, hidari deh membawa motor mahal dan barang-barang mewah saat mengendarai motor di malam hari.

Pakai atribut keselamatan untuk meminimalisir kecelakaan

via: giphy

Misalnya kamu terpaksa kejar-kejaran sama kawanan begal kayak di film “John Wick“, kamu harus perlu banget pakai gear riding seperti jaket tebal relektor, helm, sepatu, bahkan kalo perlu body protector untuk meminalisir cedera.

Gak cuma itu, pastiin juga kalo kondisi motor kamu itu layak jalan ya, gengs! Berkendara di malam hari perlu banget kewaspadaan ekstra dari bantuan lampu kendaraan, spion, hingga performa mesin motor yang prima.

Udah dipepet begal? Buruan tancap gas!

via: giphy

Dalam kondisi kayak gini udah saat kamu meniru Valentino Rossi. Pacu motor kamu sembari fokus mengawasi sekitar. Liat juga dari spion pergerakan komplotan begal yang sedang mengejar kamu. Jangan pernah sekali-kali kasih celah motor mereka untuk mendahuli kamu.

Udah dibegal, terus harus gimana?

via: giphy

Kalo udah kayak gini, udah waktunya untuk berdoa dan pasrah. Jangan melawan, lebih baik ngalah buat ngasih harta benda kamu ketimbang harus ditukar dengan nyawa. Namun demikian sebisa mungkin kamu harus ingat ciri-ciri pelaku dan nomor kendaraannya.

Setelahnya selamatkanlah diri kamu dan lari sekencang-kencangnya untuk meminta pertolongan dari warga sekitar. Ingat ini adalah cara terakhir yang bisa kamu pakai kalo emang udah kena begal.

Jadi seperti itu deh tips dari Genmuda.com untuk menghindari begal di malam hari bagi pengendara sepeda motor. Semoga berguna buat Kawan Muda ya. Keep safety guys!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.