Jum'at, 17 November 2017
Gaya HidupTeknomotive

Waktu-waktu Terbaik Sepanjang Tahun untuk Beli Ponsel Baru, Mulai dari iPhone Hingga Xiaomi

via ft.com(Sumber: ft.com)

Genmuda – Kemunculan teknologi baru pada brand smartphone ditandain dengan peluncuran produk andalan atau flagship tiap tahun. Perubahan tren terjadi pada saat itu. Artinya, ponsel lama ketinggalan jaman dan harganya akan otomatis turun.

Coba liat peristiwa kemunculan iPhone 7. Saat meluncur, ponsel itu satu-satunya yang punya dual camera belakang. Beberapa bulan kemudian, ponsel dual camera makin marak kayak jerawat usia remaja. Di sisi lain, harga iPhone 6 terjun payung.

Perubahan tren juga nandain waktu yang tepat untuk ganti ponsel. Tiap ponsel pasti punya bulan-bulan perilisan produk flagship, atau kita sebut saja “bulan keramat.” Nah, di bawah ini adah jadwal perilisan produk baru dari brand-brand favorit kamu.

1. Semua produk Apple (September – Januari)

via handy-abovergleich.ch
(Sumber: handy-abovergleich.ch)

Apple selalu nyiapin Keynote (bahasa kerennya presentasi) tiap September. OS, iPhone, MacBook, iPod, dan aneka produk baru Apple selalu diperkenalkan di acara yang berlangsung di San Francisco itu. Rabu dini hari (13/9) WIB, CEO Apple Tim Cook perkenalkan generasi baru iPhone. Rumor menyatakan kalo itu adalah iPhone 8.

Belajar dari pengalaman aja, ya. Harga iPhone 6 di toko resmi turun dari 8 jutaan rupiah pada saat meluncur menjadi sekitar 5 jutaan rupiah setelah iPhone 7 rilis. Di toko gak resmi, harga miring lebih sadis hingga mencapai 3 jutaan rupiah.

2. Google (Oktober)

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Sebulan setelah Apple rilis iPhone anyar, giliran Google yang pamerin hardware baru andalan mereka. Pada Oktober 2017, Google berencana rilis Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Kawan Muda yang penasaran sama performa Pixel lawas bisa memperolehnya dengan harga lebih terjangkau.

3. Produk-produk Samsung (September – Desember)

via bgr.com
Galaxy Note 8 (Sumber: bgr.com)

Produk unggulan samsung rilis dua kali setahun. Bulan April jadi bulan keramat untuk ngerilis ponsel layar sentuh. Galaxy S8, S6, dan S5 rilis pada bulan itu pada 2017, 2015, dan 2014 secara berurutan. Cuma S7 yang rilis lebih cepat pada Maret 2016.

Nah, waktu S8 rilis, harga baru Galaxy S7 terjun dari 8 jutaan rupiah jadi sekitar 5 juta rupiah. Malah, ada juga loh yang jual sampe 3 juta. Flagship selanjutnya rilis dalam bentuk Galaxy Note antara Agustus – September tiap tahun. Saat Galaxy Note 8 rilis September 2017, harga Note 7 dan Note 5 lagi terjun bebas loh, gaes.

4. Nokia (pertengahan – akhir tahun)

via thenextweb.com
Nokia 6. (Sumber: thenextweb.com)

Dua kali luncurin ponsel Android andalan, Nokia melakukannya di pertengahan tahun. Nokia 6 rilis Juli 2016 dan Nokia 8 meluncur September 2017. Tahun depan, seri Nokia selanjutnya diperkirakan rilis pada kurun waktu serupa, dan pada saat itu pula harga baru Nokia 6 dan 8 turun.

5. Xiaomi (April dan September)

via mi.com
(Sumber: mi.com)

Seperti halnya Samsung, Xiaomi pun ngerilis produk andalan dua kali setahun. Misalnya, Xiaomi Mi 5s yang rilis 27 September 2016 disusul Mi 6 pada 28 April 2017. Kemudian, Xiaomi A1 yang merupakan project gabungan dengan Google rilis September ini. Harga flagship lamanya pasti lagi turun.

Secara umum, enaknya kapan beli ponsel baru?

Meski rilis beda waktu, tim riset DealNewsFatWallet, dan time.com merekomendasikan beli ponsel baru pada bulan Maret. Menurut data mereka, harga semua ponsel (kecuali Apple) sedang turun-turunnya pada bulan itu. Jangan lupa manfaatin kupon dan diskon biar harganya makin murah, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.