Senin, 20 Mei 2019
Hiburan

Usung Tajuk ‘Exploring Indonesia’, Java Jazz Festival 2016 Siap Guncang Jakarta

Acara jumpa pers Java Jazz Festival 2016 di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (26/1) (Foto: Genmuda.com/2016 Bobi)

Genmuda – Bersiaplah, Kawan Muda! Festival jazz tahunan Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2016 sebentar lagi bakal kembali digelar.

Java Jazz Festival 2016 bakal diselenggarain pada 4, 5, dan 6 Maret di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Festival yang udah memasuki tahun ke-12-nya itu pun diramein oleh sejumlah musisi dari dalam maupun luar negeri yang bakal tampil di 11 panggung berbeda.

Tahun ini, Java Jazz Festival berkesempatan buat ngehadirin musisi kawakan David Foster di special show. Ini merupakan pertama kalinya beliau tampil di special show dan kedua kalinya beliau datang ke Indonesia. Selain beliau, ada pula Robin Thicke yang bakal ikut tampil di special show.

Ifa Fachir, Koordinator Program Indonesia Java Jazz Festival 2016 di acara jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (26/1) (Foto: Genmuda.com/2016 Bobi)
Ifa Fachir, Koordinator Program Indonesia Java Jazz Festival 2016, di acara jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (26/1) (Foto: Genmuda.com/2016 Bobi)

Nah, untuk musisi internasional lainnya, sejauh ini ada sekitar 36 musisi yang udah konfirmasi bakal tampil. Mereka antara lain Chris Botti, Tokyo Ska Paradise Orchestra, BadBadNotGood, Boney James, Hiatus Kaiyote, Candy Dulfer, Level 42, Michelle Walker, dan dan Rick Braun.

Sebaliknya, untuk musisi Tanah Air, hingga saat ini ada 40 musisi yang udah konfirmasi bakal tampil. Mereka antara lain Mocca, Maliq & D’Essentials, Afgan, Endah n Rhesa + Dialog Dini Hari, dan Idang Rasjidi. Sejumlah nama baru pun bakal ikut ngewarnain pagelaran Java Jazz Festival 2016 loh.

Seperti biasa, kami akan ada nama-nama baru. Java Jazz selalu jadi ajang bagi musisi-musisi [pendatang] baru untuk menunjukkan kebolehan mereka. Beberapa nama baru itu adalah Barasuara, Kunto Aji, GAC, serta Erwin & Gita Gutawa present Di Atas Rata-rata,” jelas Ifa Fachir, Koordinator Program Indonesia Java Jazz Festival 2016 di acara jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (26/1).

FYI, musisi yang bakal tampil di Java Jazz Festival 2016 masih bakal bertambah lagi. Dari wish list yang ada, sejumlah nama masih dalam proses. So, kalau saat ini nama idola kamu belum ada di artist lineup, jangan keburu kecewa dulu, Kawan Muda.

Yang lebih menariknya lagi, Java Jazz Festival 2016 ternyata ngusung tajuk ‘Exploring Indonesia’. Secara khusus, acara musik bergengsi itu tahun ini ngangkat tema ‘Toraja’. Tapi, menurut Dewi Gontha, Presiden Director PT Java Festival Production, engga ada alasan khusus di balik pemilihan tema tersebut.

Dewi Gontha, Presiden Director PT Java Festival Production, di acara jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (26/1) (Foto: Genmuda.com/2016 Bobi)

Bukan cuma itu, Java Jazz Festival 2016 pun bakal ngehadirin special project bertajuk ‘Indonesia Duets’, ‘The Ladies of Broadway’, dan ‘Replay’. Kayak tahun-tahun sebelumnya, ada pula program ‘Java Jazz On The Move’, yang udah dimulai dari bulan Januari lalu, dan kampanye ‘Less Waste More Jazz’, yang baru diadain sejak tahun lalu.

Terus, gimana dengan masalah keamanan Java Jazz Festival 2016? Ada engga sih musisi luar yang khawatir dan bertanya-tanya soal insiden serangan bom dan baku tembak yang terjadi di Sarinah, Thamrin, Jakarta beberapa waktu yang lalu? Atau jangan-jangan ada yang batal tampil?

Beberapa musisi internasional ada yang bertanya pada saat hari kejadian. Kami hanya bisa menyatakan bahwa kami bekerja sama dengan pemerintah dan aparat untuk memaksimalkan keamanan. Itu yang kami coba yakinkan ke mereka. Kami juga coba minta dukungan dari sejumlah kedutaan besar yang ada di Indonesia,” jelas Dewi.

Sayangnya, kamu yang senang ngabadiin momen pakai kamera digital mungkin bakal agak kecewa. Pihak Java Jazz Festival tahun ini ngeluarin peraturan baru terkait kamera digital. Apapun bentuknya, mau itu DSLR atau GoPro dan kawan-kawannya, kamu engga bakal dibolehin lagi buat bawa kamera digital kamu ke venue. Info lebih lanjut bisa kamu lihat di situs dan akun medsos Java Jazz Festival. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer