Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda – Cieeeee yang baru diwisuda, sumringah banget nih kayaknya. Eits, tapi sumringahnya itu gara-gara apa nih, Kawan Muda? Gara-gara seneng bisa ngebahagiain ortu, atau justru gara-gara seneng bisa terbebas dari berbagai hal kelam di dunia perkuliahan?

Dunia perkuliahan emang nawarin beragam hal menarik yang bisa kamu jadiin bekal buat tahap kehidupan kamu berikutnya, mulai dari bekal pengetahuan sampai networking. Meski begitu, engga bisa diungkiri pula bahwa ada kalanya dunia perkuliahan juga engga senyenengin yang terlihat di film-film.

Lah, kok bisa gitu? Ya bisa lah, Kawan Muda. Kalo dunia perkuliahan isinya cuma hal-hal yang nyenengin, dijamin istilah drop out pasti engga bakal pernah ada. So, buat kamu yang baru aja diwisuda, mending kamu banyak-banyak bersyukur deh. Soalnya, hidup kamu saat ini otomatis udah terbebas dari 5 hal

1. Kelas di bawah jam 10 pagi atau di atas jam 4 sore

Iya sih kamu emang bisa milih kelas pas registrasi ulang di awal semester. Tapi, kalo lagi apes, ya mau engga mau kamu harus kebagian kelas yang jam 7 pagi atau bahkan yang jam 5 sore. Yang lebih parahnya lagi, kelas kamu pun mungkin bakal berlangsung seharian. Padahal, otak kamu mungkin belum sinkron kalo mulai belajar pagi-pagi banget dan udah engga engga sinkron kalo kelasnya kesorean.

2. Tumpukan tugas dan ujian

via tumblr.com

Ya namanya juga mahasiswa, tugas utamanya pasti belajar. Namun demikian, ada kalanya proses belajar itu juga bisa engga ngenakin, yaitu pada saat kamu harus terus-terusan ngerjain tugas dan ngejalanin ujian. Secapek-capeknya kamu pas udah kerja nanti, tetap aja weekend kamu bakal kerasa lebih panjang saat engga ada lagi tugas-tugas atau ujian yang masih harus kamu pikirin.

3. Jatuh miskin

Walau kamu mungkin punya kerjaan part-time, itu sebetulnya bukan jaminan bahwa kehidupan perkuliahan kamu bakal bisa makmur sejahtera. Biasanya, ujung-ujungnya sih kamu pasti bakal tetap bokek juga, entah itu gara-gara bayar iuran UKM, ikutan proyek, keseringan pesta, beli buku, atau semacamnya. Lain halnya kalo kamu udah kerja, seengganya kamu bisa lebih seneng soalnya angka 0 di rekening kamu bakal lebih banyak dari yang biasanya.

4. Jadwal tidur yang engga normal

via giphy.com

Di antara tumpukan tugas dan padatnya jadwal ujian, begadang jelas jadi salah satu hal yang engga bisa dihindarin. Kamu mungkin masih bisa ngatasin hal ini di saat kamu masih kuliah. Tapi, kalo kamu udah kerja nanti, jadwal tidur kamu jelas bakal berubah lagi dan kamu mungkin engga bakal mau balik lagi ke hari-hari di mana kamu kurang tidur.

5. Biaya kuliah yang mahalnya minta ampun

Sebagian dari kamu mungkin pas masih kuliah pun engga begitu mikirin hal ini, soalnya kamu masih dibiayain oleh orang tua kamu. Sebaliknya, buat kamu yang emang harus berjuang sendiri buat ngebiayain kuliah atau nyari beasiswa sana-sini buat kuliah, ini jelas bukan salah satu hal yang bakal kamu kangenin dari masa perkuliahan kamu. Bukan berarti perjuangan kamu sia-sia, tapi total biaya kuliah kamu itulah yang mending engga usah kamu pikirin lagi biar kamu engga nyesek. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer