Senin, 18 Maret 2019

Genmuda – Kalau kita udah masuk usia yang angka depannya 2, biasanya rasanya bakal kayak udah tua. Padahal, masih banyak dari kita mungkin belum puas menikmati masa masa remaja.

Di usia 20-an, biasanya Kawan Muda masih sibuk jadi mahasiswa-mahasiswi kampus semester atas dan mulai pusing dengan segala macam asistensi maupun tugas akhir. Mata kuliahnya udah engga banyak, tapi kerjaannya nongkrongin dosen di kampus. Benar engga tuh?

Tapi, tau engga sih, Kawan Muda? Tanpa kita sadari, masuk di usia 20 itu ternyata masa peralihan asyiknya kita buat main ke fase dewasa sebelum bekerja. Pasti masih pada engga nyangka ‘kan kalau sudah ‘setua’ itu?

Nah, biar engga menyesal karena udah buang-buang waktu, coba deh sekali-kali diingat, kamu udah ngelakuin 5 hal sepele ini belum sih? Kalau belum, ada baiknya kamu buruan ngerelain waktu sebelum menyesal ya!

Traveling

Masa kuliah emang sibuk banget ya. Entah sibuk dengan dunia perkuliahannya atau sibuk main dengan teman baru, pokoknya judulnya sibuk ya kan? Tapi, jangan lupa untuk jalan-jalan loh, Kawan Muda. Kalau engga punya budget yang lebih, coba deh eksplor negeri sendiri. Banyak loh kota dan acara lokal yang cocok jadi destinasi wisata. Kalau berani, sekalian aja tantang diri sendiri buat traveling sendirian. Kamu berani engga?

Wajib punya tabungan

Engga mau ‘kan nanti kalau udah engga dapet uang jajan dari orang tua, terus kamu engga punya simpanan sendiri? Sekalian mengasah tingkat ketahanan diri akan godaan untuk membeli sesuatu, coba deh mulai menyisihkan uang jajan kamu atau niatkan diri kamu untuk membuat deposit.

Asah soft skill kesukaan kamu

Jangan cuma mengandalkan ilmu yang Kawan Muda dapet di kampus doang, tapi coba asah soft skill yang kamu suka. Jangan ragu untuk ikut kursus kalo memang ingin menekuninya. Suka belajar bahasa? Hobi masak? Hobi menjahit? Engga usah takut! Suatu saat skill kamu pasti berguna loh.

Jaga kesehatan tubuh

Ini yang paling penting! Jangan terbuai kalau semakin tua tubuh semakin lemah. Ajak tubuh kamu untuk hidup sehat mulai dari sekarang. Sisihkan seenggaknya 30 menit setiap harinya untuk olahraga ringan. Selain itu, atur pola makan sehat untuk menjaga sistem tubuh. Yang paling penting harus minum air putih ya!

Perbanyak kenal orang baru

Kita engga bakal tahu siapa yang menjadi lawan dan kawan di masa depan. So, jangan pilih pilih teman ya. Berteman sama siapa aja, tapi kalau ada sifat yang buruk jangan ditiru. Belajar jadi orang yang ramah dan mudah diajak ngobrol itu penting loh. Kapan lagi ngobrol sambil dapet ilmu gratis?

Finally, buat Kawan Muda yang belum menginjak usia 20, ada baiknya kamu mulai siap-siap ya. Tapi, buat yang udah menginjak usia 20, coba dicek deh kira-kira hal apa lagi nih yang belum dilakukan? (gac)

Comments

comments