Senin, 30 Maret 2020

Genmuda – Yey sebentar lagi masuk sekolah dan kuliah. Gimana nih liburannya, pasti udah cukup dong ya. Jangan kelamaan juga lah kalo liburan, nanti yang ada kamu bakal males buat kembali lagi ke sekolah dan dihantui dengan bayang-bayang segalanya yang serba baru. Mulai dari tingkatan kelas yang baru, temen yang baru, mata pelajaran baru, lingkungan belajar yang baru, dan tentu guru atau dosen yang baru.

Kalo kamu termasuk anak yang gampang beradaptasi, tentu jadi hal yang mudah ketika kamu pengen mengambil alih perhatian bapak atau ibu guru kamu di kelas. Eits, bukan caper ya, tapi ambilah perhatian mereka dengan cara yang baik dan bikin bapak atau ibu guru terkesan sama kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih dikenal, dan siapa tau dapet nilai lebih. Gak tau gimana caranya? Nih ikutin 10 tips di bawah ini.

Jangan takut salah

diam

Ini masalah banyak orang ya sebenernya, ketika mereka pengen dan sebenernya bisa jawab pertanyaan gurunya, tapi malah mengurungkan niatnya buat ngejawab karena takut salah. Yaelah, padahal kalo salah guru juga gak bakal ngomel kok. Justru guru tuh malah seneng loh kalo kamu mau berusaha. Hayo, mulai dari sekarang mesti belajar lebih berani ya!

Jangan dibiasain terlambat masuk kelas

via: Giphy

Dengan alasan apapun, coba hindari buat dateng terlambat masuk ke kelas. Biasanya, beberapa guru itu punya toleransi keterlambatannya masing-masing, dan itu dikomunikasikan sama kamu ketika di awal pertemuan. Dateng terlambat juga bikin kamu dan temen-temen kamu ikutan rugi.

Soalnya kamu bikin mereka kehilangan konsentrasi karena kamu tiba-tiba masuk ke dalam kelas, dan mereka jadinya mengulur waktu belajarnya karena mau gak mau, gurunya mesti mengulang materi yang kamu gak dapet. Guru juga kurang simpatik sama hal ini, karena kamu dinilai gak bisa menghargai waktu. Hayo, jangan sampe dicap jelek sama guru kamu ya!

Datang ke kelas bawa otak

Iya, jangan melongo pas ditanya, dan malah liatin guru kamu. Padahal jawabannya gak ada di idung gurunya. Gak ada cara lain buat bikin kamu terlihat antusias, selain dengan bawa otak kamu ke dalam kelas dan jawab pertanyaan yang guru kamu tanyakan.

Seenggaknya, baca dulu materi yang sekiranya akan dipelajari esok hari di sekolah. Ini bukan biar kamu keliatan caper karena jawab mulu setiap pertanyaan kok, tapi hal ini bisa bikin kamu lebih ngerti sama pelajarannya, dan memudahkan kamu buat menyerap materi-materi selanjutnya. Gak ada ruginya kan?

Tertarik sama pelajaran yang diajarkan

©Genmuda.com/2016

Nah dengan kamu menguasai beberapa materi dari pelajaran yang mau dipelajari hari itu, guru pasti bakal mikir kalo kamu tertarik sama pelajaran yang dia sampaikan. Beliau pun pasti akan semangat mengajar, dan pembawaan ketika menyampaikan materi pasti enak. Inget, ini bukan caper. Tapi bikin kamu keliatan lebih unggul dari yang lain aja kok.

Kalo gak tau, tanya

via: Tumblr

Iya, jangan diem aja. Biasanya, apa yang dicontohin di papan tulis tuh bakal beda sama tugas yang nanti dikasih. Tentunya tugasnya bakal lebih sulit, bahkan saking rumitnya, kamu malah jadi males ngerjain tugas atau PR. Eh gak boleh nih! Kamu mesti cari cara lain supaya bisa ngerti dan juga ambil hati ibu guru.

Caranya, ketika di luar jam pelajaran kamu mesti samperin guru kamu itu di kantornya. Tapi liat-liat dulu, dia lagi ngobrol atau lagi makan atau mungkin ngerjain pekerjaan lain. Pokoknya jangan diganggu. Nah, kamu samperin deh tuh gurunya, terus kamu minta bantuan tentang soal yang susah tadi. Dengan sabar, doi pasti mau kok ngajarin kamu.

Jangan sok pinter, meskipun guru kamu salah

via: giphy

Meskipun kamu bener, jangan pernah salahin guru kamu didepan kelas secara langsung. Gimana pun juga, itu guru kamu, dan kalo pun salah, mungkin bisa kamu perbaiki nanti. Karena ketika kamu ngoreksi kesalahan guru kamu di depan kelas, kamu gak cuma menunjukkan sikap yang sok pintar, tapi juga gak menghargai guru kamu.

Kurangi ngeluh

via: Tumblr

Guru tuh suka sebel sama anak yang sering ngeluh. Karena belum berusaha ngerjain atau belum melakukan apa-apa, eh udah ngeluh aja. Coba buat ambil segala sesuatunya dengan positif, supaya usaha dan hasil yang kamu raih nanti bisa lebih maksimal. Kalo ngeluh duluan sih yang ada kamu gak bakal dapet perhatian dari guru kamu. Malah yang ada, guru kamu bakal males nanggepin kamu si tukang ngeluh.

Yang rapih!

Namanya juga anak sekolah, ke sekolah pastinya harus rapih dong ya. Baju dimasukkin, celana gak terlalu ngetat dan terlalu ngatung, rambut disisir rapih dan pake pomade kalo perlu biar silau. Terus jangan lupa sepatunyaa disemir, jangan pake sepau warna-warni kayak alay. Guru juga pasti seneng loh kalo kamu berpakaian rapih dan bersih. Kalo gak percaya, coba inget-inget. Guru kamu pasti pernah kan nyuruh kamu rapihin pakaian kamu sebelum belajar? Yang kuliah juga bisa coba cara ini.

Kalo bisa, pekerjaan kamu juga rapih

Gak cuma baju dan penampilan kamu aja yang rapi, tapi pekerjaan kamu juga mesti rapih. Bukannya males, tapi kalo kamu ngerjain tugas gak rapih, guru juga pasti males ngoreksinya karena udah liat berantakannya duluan. Kamu bakal kalah sama temen kamu yang mungkin kemampuannya di bawah kamu, tapi dari segi kerapihan, doi juaranya. Nah, coba deh mulai sekarang kamu perhatiin cara pengerjaan tugas kamu. Biar mood ibu atau bapak yang ngoreksi tugas kamu gak berubah jadi jelek.

Keep your phone!

Ini sih yang paling penting, karena anak muda sekarang susah banget lepas dari gadgetnya. Alangkah baiknya kamu menghormati guru kamu yang lagi menjelaskan materi didepan kelas dengan gak main handphone, dan langsung kerjain tugas ketika dikasih sama guru. Gausah dikeluhin dulu dan kamu posting di sosial media kamu, GAK USAH. Gak ada faedahnya sama dekali, beneran deh. Coba deh jadi murid yang lempeng-lempeng aja, supaya si guru juga percaya sama kamu, kalo kamu itu anak yang bisa diandalkan. Sedap… (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.