Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda – Kawan Muda pernah engga ngerasa kalau kehidupan yang kamu jalani saat ini cenderung monoton alias gitu-gitu aja, engga ada yang berkesan? Kalau engga, kamu pernah engga bermimpi atau berambisi ngejalanin suatu hal, tapi nyatanya kamu malah ngejalanin hal lain?

Hal-hal semacam itu mungkin bakal suka kamu alami kalau kamu udah berusia 20-an. Habis lulus kuliah, kamu masih buta akan banyak hal, tapi kamu udah harus berhadapan sama kehidupan nyata yang jauh lebih rumit. Kamu pun jadi takut gara-gara engga tahu apa yang sebenarnya bisa bikin kamu sukses.

Meski begitu, bukan berarti kamu sekarang kamu harus panik banget mikirin gimana caranya biar bisa sukses, Kawan Muda. Ingat, ukuran kesuksesan itu beda-beda buat tiap orang. Kayak 5 tokoh berikut ini aja misalnya, di awal 20-an mereka sebenarnya juga belum sesukses sekarang ini (via Distractify):

 

  1. J.K. Rowling

Rowling baru mulai ngebayangin dunia ‘Harry Potter’ di usianya yang ke-25 tahun, pas doi terjebak nunggu kereta di tahun 1990. Butuh waktu 5 tahun baginya buat bisa nyelesaiin ‘Harry Potter and the Philosopher’s Stone’, sebelum novel tersebut diterbitin di tahun 1997.

Menariknya, sebelum novel pertama ‘Harry Potter’ itu dirilis, Rowling ternyata habis dipecat, nikah, cerai, punya anak, kehilangan ibunya, dan bahkan didiagnosis ngalamin depresi klinis. Yang lebih parahnya lagi, beliau saat itu sedang dalam kondisi keuangan yang engga baik, engga kayak sekarang ini yang udah beranjak ‘from zero to hero‘.

  1. Oprah Winfrey

Di tahun 1977, Oprah sempat dipecat dari posisinya sebagai pembawa berita di WJZ-TV Baltimore. Beliau baru kembali ke stasiun TV yang sama sekitar setahun kemudian buat jadi host talk show People Are Talking di usianya yang ke-24 tahun.

Oprah kemudian menetap di Baltimore sampai di akhir usia 20-an, pas beliau akhirnya pergi ke Chicago dan direkrut buat jadi host A.M. Chicago di tahun 1983. Sekarang, kekayaannya udah dianggap jadi produk domestik bruto (PDB) sendiri.

  1. Jay Z

Terlahir dengan nama Shawn Corey Carter, Jay Z baru ngegunain nama panggungnya itu pas doi berusia 20 tahun dan mulai merambah permainan rap. Sebelumnya, engga ada yang tahu siapa doi sampai doi akhirnya ngediriin label rekaman Roc-A-Fella Records bareng dua temannya di usianya yang ke-27 tahun. Doi pun ngerilis ‘Reasonable Doubt’ di tahun yang sama dan sekarang doi jadi suami dari Queen Bey.

  1. Hillary Clinton

Semasa kuliah di Yale Law School, Hillary sempat ngelakuin pekerjaan kasar ngebantu korban pelecehan anak dan ngasih nasihat hukum pro-bono buat orang-orang yang kurang mampu. Setelah lulus, beliau tetap tinggal di sekitar kampus selama sekitar setahun supaya bisa tetap bareng-bareng sama Bill Clinton dan nyibukin dirinya dengan kerja di Yale Child Study Center.

Nah, pas kerja di Yale Child Study Center, Hillary mulai punya perasaan atau semacam ketertarikan khusus ke anak-anak. Di usianya yang ke-25 tahun, beliau pun akhirnya nerbitin artikel ilmiah pertamanya yang berjudul ‘Children Under The Law’.

  1. Barack Obama

Presiden Obama lulus dari Columbia University di tahun 1983 dengan gelar ilmu politik. Beliau kemudian pindah ke Chicago buat ngebantu masyarakat South Side yang dilanda kemiskinan akibat penutupan pabrik baja lokal dengan ngebantu ngadain beberapa program.

Di usianya yang ke-27 tahun, Presiden Obama kemudian masuk Harvard Law School. Tapi, sebelum itu beliau ternyata sempat ngabisin waktu selama 5 minggu di Kenya buat ngelakuin semacam pencarian jiwa dan akhirnya berhasil nemuin dirinya. Super sekali, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer