Rabu, 14 November 2018

Genmuda – Manusia bisa mendadak ngerasa butuh makan cokelat, es krim, kue, atau kopi. Kalo engga diturutin, mulut gelisah, dan perut kelaparan meski ayam bakar satu porsi besar baru aja selesai disantap.

Apakah itu artinya makanan pencuci mulut adalah sebuah kewajiban? Sama sekali bukan loh, gaes. Hasrat ngemil muncul bukan karena perut lagi lapar, tapi karena otak butuh asupan nutrisi tertentu.

Sayangnya, efek camilan manis, kopi, atau soda cuma sementara. Rasa pengen mengunyah bakal muncul lagi dalam waktu dekat. Di bawah ini adalah beberapa makanan-minuman yang harusnya dikonsumsi saat pengen ngemil makanan tertentu.

1. Saat pengen yang manis-manis, harusnya makan apa?

via wisegeek.com
(Sumber: wisegeek.com)

Pengen makan manis-manis menandakan kadar gula darah lagi ga seimbang tapi solusinya bukan makan gula. Melainkan, dengan mengonsumsi makanan mengandung chromium yang membantu insulin seimbangin kadar gula darah. Contoh makanannya, adalah brokoli, anggur, keju, ayam, ikan, susu, bayam, ubi, atau kranberi.

2. Daripada ngemilin roti….

via kingarthurflour.com
(Sumber: kingarthurflour.com)

Roti bisa gantiin makanan pokok buat ngenyangin perut, tapi kalo kamu secara spesifik pengen makan roti, mungkin kamu engga lapar. Melainkan, butuh asupan nitrogen. Coba deh makan ikan, daging, kacang-kacangan, atau polong-polongan.

3. Makanan berlemak bisa diganti sama ini

via muscleandfitness.com
(Sumber: muscleandfitness.com)

Daripada kebanyakan beli aneka fast food, mendingan stok keju, susu, atau almond karena sebenernya tubuh lagi pengen kalsium. Kemahalan ya makanan penggantinya? Kalo gitu, beli aja tempe dan tahu bulat karena kedua makanan khas Indonesia itu juga mengandung kalsium.

4. Soda bukan solusi

via chicagotribune.com
(Sumber: chicagotribune.com)

Engga perlu dijelasin panjang lebar juga kamu kemungkinan besar udah paham dampak buruk soda buat tubuh. Seandainya mendadak kamu butuh minum minuman berkarbonasi itu, berarti badan kamu juga lagi butuh kalsium.

5. Pengen ngemil yang asin kok beli keripik?

via mediatel.co.uk
(Sumber: mediatel.co.uk)

Kamu kan pengen yang asin-asin, nih. Kenapa engga makan garem aja daripada harus ngemil keripik yang berminyak dan bikin gemuk? Atau, kamu juga bisa minum susu kambing dan makan ikan.

6. Kecanduan kopi? Nih solusinya

via sawadacoffee.com
(Sumber: sawadacoffee.com)

Minum kopi biar nongkrong makin asik sih oke. Biar engga ketagihan, coba makan ayam, daging, ikan, telur, produk susu, protein, bawang bombay, bawang putih, garam, cuka apel, rumput laut, atau ceri. Soalnya, makanan itu mengandung fosfor, sulfur, garam, dan zat besi yang dibutuhin ketika rasa pengen ngopi muncul.

7. Engga perlu ngebir atau ngeganja

via topbeergifts.com
(Sumber: topbeergifts.com)

Hasrat pengen ngebir atau ngeganja nandain badan lagi kekurangan protein, avenin, kalsium, glutamin, dan natrium. Jadi, makanlah daging, unggas, seafood, oatmeal, brokoli, kale, keju, jus kol, rumput laut, atau pare.

Setelah penjabaran di atas kamu baca, makin paham kan cara mengatur pola makan yang baik buat jaga badan? Jangan lupa kamu praktekin saran yang Genmuda.com kumpulin dari  freeformfitness.ca dan tulis komentar kamu di bawah ini, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.