Kamis, 23 Mei 2019

Genmuda – Kabar gembira buat kamu yang udah nunggu-nunggu karya solo dari musisi Gerald Situmorang. Engga lama lagi, kamu udah bisa nikmatin album berjudul ‘Solitude’ itu loh, Kawan Muda.

Album ‘Solitude’ udah bisa dipesan dalam format digital di iTunes dari hari Senin (22/8) yang lalu. Menyusul kemudian, album tersebut rencananya bakal dirilis pada 7 September mendatang. Kamu yang pesan dengan sistem pre-order pun bakal langsung ngedapetin single ‘Old Stories’ dari album tersebut.

Namun demikian, di samping pengumuman pre-order dan tanggal perilisannya, masih ada lain sejumlah hal lainnya yang perlu kamu tahu seputar album ‘Solitude’. So, sambil nunggu dan ngehitung hari jelang perilisan album tersebut, mending kamu simak dulu aja 5 hal berikut ini, Kawan Muda:

1. Album solo perdana

via Whistle Media Indonesia
(Sumber: Istimewa)

Sebagian dari kamu mungkin baru tahu siapa Gerald setelah doi jadi bagian dari Barasuara. Padahal, sebelumnya doi juga udah pernah terlibat di beragam proyek musik lainnya, kayak misalnya Sketsa, Hemiola Quartet, Monita Tahalea & The Nightingales, serta Gerald Situmorang Trio. Hingga akhirnya, kepiawaiannya dalam bermain gitar serta berbagai pengalaman dan kolaborasi musiknya ngedorong doi buat ngeluncurin album solo perdananya, yaitu ‘Solitude’.

2. Hasil kedekatan emosional

Namanya juga musisi, apapun bisa jadi inspirasi. Di album ‘Solitude’ misalnya, ada 12 lagu yang semuanya didedikasiin buat sebuah ruangan yang punya ikatan emosional tersendiri bagi Gerald. Menurut sang musisi berusia 27 tahun, proyek solonya itu tercetus saat doi tahu bahwa dirinya bakal kehilangan sebuah tempat yang punya pengaruh amat sangat besar buat doi pribadi.

“Sebuah studio yang memberikan banyak inspirasi saya dalam bermusik di rumah salah satu sahabat saya, Marco Steffiano [drummer Barasuara] yang akan pindah rumah. Kurang lebih semua proyek musik yang saya jalankan lahir dari ruangan itu dan entah mengapa aura, reverb, dan sound yang dihasilkan ruangan itu selalu membuat saya pribadi merasa ada keunikan tersendiri,” kata Gerald.

3. Makna single ‘Old Stories’

Ditulis pada tahun 2013, single ‘Old Stories’ secara garis besar merupakan jembatan sekaligus gambaran dari keseluruhan lagu yang ada di album ‘Solitude’. Single instrumental yang punya pesan tersendiri bagi Gerald itu ngegambarin momen di mana seseorang kembali mengingat apa yang udah dijalaninya selama ini dan kemudian nyikapin semuanya di masa mendatang. Video klip hasil kerja sama dengan videographer Davian Akbar buat single tersebut udah dirilis dan bisa kamu lihat di YouTube.

“Setiap orang termasuk saya pribadi pasti memiliki momen tersendiri yang menjadikan kita seperti sekarang ini. Single ini mengajak mereka yang mendengar untuk sejenak kembali melihat momen-momen tersebut dan menjadikan semangat dan acuan ke individu masing-masing untuk waktu-waktu mendatang,” jelas Gerald.

4. Ungkapan kejujuran

Sama kayak karya-karya Gerald yang lainnya, album ‘Solitude’ lagi-lagi juga merupakan suatu bentuk ungkapan kejujurannya dalam bermusik. “Semua musik yang saya kerjakan berdasar dari sebuah kejujuran. Jujur akan kecintaan saya terhadap musik, semua yang saya rasakan dan yang saya tuangkan di dalamnya. Dimulai dengan ‘Old Stories’, semoga teman-teman yang mendengar bisa mendapatkan hal positif dan membuat efek yang positif pula di setiap hal yang dikerjakan,” ungkap Gerald.

5. Perilisan artwork

via Whistle Media Indonesia
(Sumber: Istimewa)

Selain ngumumin tentang pre-order versi digital album ‘Solitude’, Gerald juga ngerilis tampilan cover album tersebut. Artwork buat cover album tersebut digarap oleh Gorga Hariara, sedangkan fotonya berasal dari Jatidiri Ono. Simpel tapi elegan, cover tersebut nampilin sosok Gerald tampak belakang sambil megang gitar. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer