Minggu, 22 Oktober 2017
HiburanFilm

Trailer Baru ‘Star Wars: The Last Jedi’ Rilis, Semua Orang Dibikin Penasaran Karena 7 Teka-Teki Ini

via Istimewa(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Trailer anyar “Star Wars: The Last Jedi” rilis, Senin malam (9/10) waktu setempat (atau Rabu, 10/10 WIB). Cuplikan adegan film garapan sutradara Rian Johnson itu bukannya nerangin plot besar episode VIII franchise Star Wars, malah pertebal misterinya.

Pada hari yang sama di Amerika Serikat, presale tiket nonton film yang dijadwalin rilis 15 Desember mendatang itu juga dibuka. Bekerjasama dengan sejumlah bioskop, Disney selaku pemilik franchise Star Wars juga bikin event ketika premier filmnya berlangsung.

Penjualan tiketnya mengalir deras, sederas jumlah penonton trailer yang ditonton 493 ribu kali dalam waktu dua jam doang, berdasarkan data YouTube. Biar gak terlalu bingung dengan banyak hal baru di trailer itu, nih Genmuda.com jelasin beberapa kisi-kisi penting.

1. Ahch-To

via tumblr.com
(Sumber: tumblr.com)

Gak usah bingung kalo ada yang menyebut-nyebut “Ahch-To” saat nyeritain “Star Wars: The Last Jedi.” Kata yang kedengeran kayak suara orang bersin itu merupakan planet lautan berpulau-pulau batu yang ditinggali Luke Skywalker (Mark Hamill).

Sebagai jedi master yang merasa gagal setelah pengkhianatan salah satu murid terbaiknya, Luke Skywalker menyendiri di pulau itu. Semua masa lalunya ditinggal, termasuk Han Solo (Harrison Ford), Putri Leia (Carrie Fisher), dan Chewbacca (Peter Mayhew) yang merupakan teman seperjuangan di episode IV, V, dan VI.

Pertanyaannya, kenapa Luke harus menyepi di planet itu? Apakah ada rahasia untuk membangkitkan kekuatannya?

2. Kebakaran Kuil Jedi

via slashfilm.com
(Sumber: slashfilm.com)

Ada lagi adegan rumah kayu kebakaran, kemudian tangan robot menerobos bangkit dari timbunan kayu. Gak usah bingung. Kemungkinan besar, adegan itu adalah adegan flashback dari pengkhianatan murid Luke Skywalker, Kylo Ren (Adam Driver).

Kuil Jedi dibakar hangus tapi gak menyebabkan Luke sang jedi master bertangan robot tewas. JSYK, tangan Luke terpotong waktu doi masih muda, waktu duel dengan ayahnya, Darth Vader.

3. Porgs

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Liat gambar di atas. Monster berambut cokelat lebat di sebelah kiri itu namanya Chewbacca, temen seperjuangan almarhum Han Solo. Di sebelah kanan, adalah hewan porg.

Hewan sejenis burung asli Planet Ahch-To itu pertama kali diperkenalkan dalam behind the scene episode VIII beberapa waktu lalu. Apakah Porg itu hanya peliharaan Chewbacca untuk melepas rindu terhadap almarhum Han Solo? Atau Porg itu punya peranan lain?

4. Kapten Phasma vs Finn

via Istimewa
Ki-ka: Finn lawan Kapten Phasma. (Sumber: Istimewa)

Ketika masih tergabung ke dalam satuan Storm Trooper First Order, Finn  (John Boyega) berada di bawah komando Kapten Phasma (Gwendoline Christie). Pembelotan Finn ke kubu rebel di episode VII kayaknya ngerusak catatan bersih karier sang kapten.

Dengan cara berpakaian mirip Mace Windu (Samuel L Jackson) si jedi master di episode II, Finn ngelawan Kapten Phasma. Apakah pertarungan Finn – Phasma cuma muncul sekilas atau ada plot besar di balik pertarungan itu?

5. Tonfa

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Senjata pemukul listrik keren yang dipegang Finn dalam duelnya dengan Phasma itu bernama tonfa. Senjata itu juga ada di dunia nyata, sebagai salah satu senjata tradisional bela diri yang rumornya berasal dari Indonesia, Thailand, China, juga Okinawa.

Apakah senjata itu lebih dipilih Finn ketimbang lightsaber? Who knows.

6. Suasana gelap.

via istimewa
Rian Johnson. (Sumber: Istimewa)

Secara keseluruhan, trailer tersebut terasa serius dan bernuansa “gelap.” Luke Skywalker yang merupakan prajurit legendaris ketakutan menghadapi musuhnya saat ini. Leia gak banyak berkutik di dalam pesawatnya. Pasukan rebel kesulitan di tiap cuplikan adegan.

Suasana mencekam gitu bisa dibilang ciri khas karya Rian Johnson. Sutradara kelahiran 1973 itu juga menyutradarai episode “Ozymandias” drama-kriminal “Breaking Bad” Season 5, sebuah episode mencekam yang nyeritain kehancuran nasib sang pemeran utama.

Apakah akan ada pemeran utama yang tewas di “Star Wars: The Last Jedi” seperti halnya di “Breaking Bad episode Ozymandias”?

7. “I need someone to show me my place in all this

Fans Star Wars di jagad maya pernah berspekulasi kalo Rey akan berakhir sebagai sith (antagonis) bukan jedi (protagonis). Soalnya, kekuatan Force Rey muncul saat doi disiksa di episode VII.

Para guru Jedi episode-episode sebelumnya bilang, kekuatan force yang muncul karena ketakutan, marah, dan sedih akan menyesatkan jedi, layaknya tiga perasaan itu menyesatkan Anakin Skywalker (Jake Lloyd & Hayden Christensen) hingga jadi Darth Vader di episode I, II, dan III.

Di akhir trailer episode VIII, Rey (Daisy Ridley) yang merupakan karakter protagonis bilang, “Saya butuh seorang pembimbing di tengah situasi seperti ini.” Setelahnya, Kylo Ren yang jadi antagonis menjulurkan lengannya seolah ingin membimbing.

Apakah Rey akan berakhir sebagai sith seperti halnya, Kylo Ren, Darth Vader sebelumnya? Jawabannya sulit ditemukan, kecuali dengan nonton filmnya 15 Desember nanti. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.