Senin, 20 Mei 2019

Genmuda – Dari sekian banyak pilihan celana di lemari cowok senggaknya mereka pasti punya satu atau dua jenis celana formal untuk acara-acara tertentu. Walaupun lo belum jadi orang kantoran atau lebih suka pake celana jeans buat acara semi formal, faktanya tampil dengan celana formal juga cocok untuk acara semi-formal sekalipun.

Selain itu ternyata masih banyak loh cowok yang gak tau cara buat mix and match celana formal dalam aktivitas mereka. Fakta ini dibeberin oleh Ion Akhmad seorang pakar fashion cowok dalam acara peluncuran koleksi celana Dockers Smart 360 Flex di Jakarta, Rabu (13/3).

Kepada Genmuda.com doi ngebagiin sejumlah tips menarik buat Kawan Muda dalam memilih celana formal untuk kegiatan sehari-hari. Nih simak langsung hasil wawancaranya.

Cowok harus punya celana formal minimal satu

via: Dockers
(Dok: Dockers)

Sebagaimana penulis singgung di atas, lo emang wajib punya satu celana formal entah itu khaki atau chino. Selain emang tuntutan gender (ya masa cowok gak punya celana formal), celana formal yang lo punya juga harus punya satu warna basic.

“Kenapa harus warna basic? Karena mayoritas cowok pengennya yang gampang. Nah, warna basic inilah yang bisa kita mix and match sama outfit lainnya. Saya saranin warnanya lebih tua biar gampang dipaduinnya.” kata Ion.

Tau momen dan fungsinya

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Dari namanya aja lo udah tau kan kalo celana formal difungsikan buat acara formal kayak kerja kantoran, sidang skripsi, lamaran, atau acara nikahan. Dari situ sebenernya lo udah lebih gampang buat menyelaraskan dengan jenis alas kaki lo.

Baca Juga: Koleksi Smart 360 Flex Sasar Cowok Kantoran yang Stylist dan Dinamis

“Harus tau nih acaranya formal atau engga, kalo mau tampil kasual bisa pakai sneakers, formal bisa pantofel, atau kalo acara semi-formal kayak lebaran juga cocok aja kan sama sandal. Penting buat bedain fungsi atau acara apa dalam menggunakan celana formal.” kata cowok berkacamata itu ke Genmuda.com.

Beda celana formal cewek dengan cowok dari lipatannya

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Lo pernah tau gak apa alasannya celana cowok harus ada garis lurus dari atas hingga bawah jika dilihat dari depan? Gak tau? Itu dia bagian yang ngebedain dengan celana formal buat cewek, gengs!

“Salah satu yang membedakan celana laki-laki dengan perempuan adalah dari garis itunya, selain cuttingan-nya ya.” jelasnya.

Oleh sebab itu doi ngasih pesen supaya selalu memperhatikan bagian garis tersebut sebelum lo memakainya. Jadi jangan tunggu celana lo kusut baru disetrika, perhatiin juga garisnya. Kalo udah ilang buru-buru digosok.

Gosoknya pun jangan asal

via: giphy

Ion ngejelasin bahwa cara menggosok celana formal apalagi punya bahan stretch kayak Dockers Smart 360 Flex engga boleh sembarangan. Hindari terlalu menekan saat menggosok karena bisa ngerusak bahannya.

“Jadi kalo misalkan pengen ada garisnya, cukup tekan sedikit. Tapi setelahnya lebih ke teknis karena yang paling penting kan celana itu tidak terlihat kusut saat dipakai. Atau kalo mau gampang bisa disterika secara terbalik tapi bagian garisnya tetap dari luar.” tambahnya.

Jangan kebanyakan masukin barang ke saku

Ponsel di saku celana (Ilustrasi: babycarejournals.com)

Inget ya bro, namanya celana khaki fungsinya gak akan sama dengan celana jeans dalam segi potongan dan efek yang ditimbulin saat lo pake. Oleh sebab itu Ion menengaskan supaya jangan kebanyakan ngantongin barang di saku celana lo.

“Let say handphone atau dompet yang gak terlalu tebal masih cukup oke, namun yang paling penting jangan sampai mengganggu gerak ataupun bentuk si celana yang kita pakai.”

Buat mengakali hal tersebut Ion lebih menyarankan para cowok untuk memasukan barang-barang lainnya dalam tas kecil atau tote bag. Selain lebih praktis cara satu ini juga bikin penampilan lo terlihat manly abis.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.