Minggu, 19 November 2017
Penting Gak Penting

Tips Supaya Tetep Jadi Pengagum Rahasia Tanpa Tergelincir Jadi ‘Stalker’

via sitogon.ru"Ih liat deh. Cowok ini udah watch video aku 23 kali hari ini." (Sumber: sitogon.ru)

Genmuda – Jadi secret admirer sama sekali engga salah dilakuin tapi jangan sampe tergelincir hingga jadi stalker. Ada batasan tipis tak terlihat yang misahin keduanya. Asalkan diperhatiin baik-baik, engga bakal ngelanggar batas, kok.

Coba lihat tindakan keduanya secara objektif. Mereka sama-sama mantengin postingan media sosial seseorang tanpa diketahui yang bersangkutan, kan?

Dari konotasinya, secret admirer kan terkesan lembut dan romantis sementara stalker sama aja seperti penguntit yang niatnya menerobos batas privasi orang. Orang bakalan mau banget punya pengagum rahasia, tapi males sama stalker.

Supaya tetep bisa mengagumi temen sekolah, kampus, atau kantor yang kece itu, tanpa dapet sanksi sosial sebagai stalker perhatiin deh beberapa tips di bawah ini:

1. Jangan keceplosan

via dutchbookchick.com

Jaga baik-baik kerahasiaan sebagai secret admirer dengan engga keceplosan waktu lagi curhat. Kalo cerita, bisa-bisa temen-temen pada tau infonya didapet dari kepo. Meski si doi abis posting sesuatu yang seru, stay quiet! Kecuali, ada orang lain yang duluan mengungkit soal postingan itu. Baru deh samber ceritanya dengan pura-pura engga tau padahal semangat 45. Tetep kalem biar engga dicurigai apa-apa.

2. Konsumsi diri sendiri aja

Pasal kedua, jangan ngepoin doi barengan sama orang lain, meski orang itu juga ngefans. Kamu mau jadi secret admirer atau mau bikin fanbase sih kok ngajak-ngajak temen ngepoin medsos orang lain? Engga sekalian aja bikin fan fiction?

3. Jangan follow sahabatnya

via giphy.com

Jaga tingkat kepo supaya tetep stabil. Jangan sampe ngefollow akun sahabat doi yang engga dikenal. Identitas kamu sebagai secret admirer sangat terancam. Sahabatnya bisa aja penasaran ngeliat ada mutual friend pas nerima notifikasi permintaan pertemanan. Setelah doi bilang itu sama orang yang dikepoin, hasilnya mereka berkesimpulan kamu adalah stalker. Berabe, deh.

4. Tahan diri dari nyampah

Penting supaya engga kebanyakan komentar di tiap postingan doi, apa lagi postingan yang udah basi. Ketauan banget kan keponya. Komentarin aja postingan terbarunya, tapi jangan kebanyakan juga.

5. Hapus history internet

via tumblr.com

Jangan lupa juga buat main bersih. Hapus semua browsing dan search history supaya siapapun yang lagi pake gadgetnya engga bisa tau kekepoan yang udah dilakuin. Intinya, jaga TKP tetep bersih dari segala jejak kepo.

6. Ajak doi ngobrol

Engga ada salahnya ajak doi ngobrol panjang sesekali. Selain bisa lebih akrab, itu juga jadi alibi. Film mata-mata Inggris selalu nyebut taktik itu sebagai hide in plain sight. Saat keceplosan nyeritain doi di depan temen-temen kan kamu bisa bilang tau ceritanya saat ngobrol sama doi, bukan dari kepo. Kalo beruntung, siapa tau status ‘pengagum rahasia’ bisa berubah jadi ‘pacar paling setia.’

7. Kepo pake akun bodong

via tumblr.com

Paling aman, jangan pernah kepoin medsos seseorang pake akun sendiri. Bikin aja satu akun bodong buat liat-liat postingan doi. Cara pertama ini sangat berguna dalam menonton postingan video di Instagram. Secara, nama semua penonton videonya kan bakal tercatet. Mendingan akun bodong itu yang dicurigai sebagai stalker daripada akun sendiri, bukan?

Tujuh hal di atas sah-sah aja kok dilakuin asalkan tetep engga ngelanggar privasi doi. Biarkan rahasia tetep jadi rahasia. Kawan Muda punya ide lain? Ayo bagi-bagi ide kamu di bawah ini. Engga bakal ada yang ngepoin kamu, kok. *sedih (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.