Rabu, 14 November 2018

Genmuda – Liburan udah jadi rutinitas tahunan yang kayaknya gak boleh Kawan Muda lewatin gitu aja. Selain jadi ajang refreshing, buat pergi piknik di zaman sekarang semakin mudah sama berbagai aplikasi digital yang tersedia di smartphone kamu.

FYI, pertumbuhan industri pariwisata ini  terlihat dari rata-rata belanja produk travel masyarakat Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan historikal data Shopback, rata-rata nilai belanja masyarakat Indonesia untuk produk travel mencapai Rp 2 juta per transaksi sepanjang 2018.

Menurut Country Head of Shopback Indonesia, Indra Yonathan mengatakan, produk travel selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahun, baik dari segi volume pemesanan maupun nilai transaksi.

“Selain berbelanja, masyarakat Indonesia juga cenderung suka untuk berwisata. Konsumsi leisure (jalan-jalan) masyarakat Indonesia pun diprediksi akan terus meningkat hingga penghujung tahun 2018.”

Jelang akhir tahun Kawan Muda pasti kalo itu adalah waktu paling pas buat liburan karena bertepatan sama libur sekolah, natal, dan tahun baru. Jadi gak heran kalo masuk high season kayak bulan September – Desember tiket perjalanan dan hotel selalu meningkat.

Buat Kawan Muda yang lagi cari tiket murah dan ramah dikantong, mungkin tips dari Shopback berikut ini bisa kamu coba terapin mulai dari sekarang. Disimak baik-baik ya!

1. Manfaatkan promo gajian

gaji pertama first jobber
(Sumber: Istimewa)

Kalo gaji kamu kayak numpang lewat doang, gak ada salahnya buat mengalokasikannya di awal gajian buat cari tiket murah. Soalnya banyak loh situs travel online dan e-commerce yang kasih kamu diskon tiket pesawat dan hotel pas di periode tanggal-tanggal muda.

2. Hindari memesan hotel dadakan

(Sumber: huffingtonpost.ca)

Berdasarkan laporan dari Google dan Temasek, masyarakat Indonesia suka melakukan pemesanan penginapan 13 hari sebelum keberangkatan. Bahkan, berdasarkan data yang sama 24% masyarakat Indonesia suka memesan penginapan sehari sebelum keberangkatan.

Banyak dari kita yang mengira harga penginapan akan turun di hari-hari terakhir sebelum keberangkatan, padahal GAK GITU TAU. Berdasarkan data dari Expedia, rata-rata tarif hotel/penginapan harian paling rendah tersedia pada 21 sampai 28 sebelum tanggal menginap. Jadi usahain deh supaya memesan penginapan pada periode tersebut.

Tapi kalo kamu masuk orang last minute coba aja pake Shopback. Soalnya ada cashback hingga 15% untuk pemesanan hotel pada periode 25 Oktober hingga 12 Desember 2018, untuk periode menginap dari 25 Oktober 2018 hingga December 2019.

“Shopback memiliki program baru yakni ShopStay, yang mempermudah pengguna mengetahui promo terbaik dari mitra online travel agency yang ada di platform Shopback. Ditambah lagi Shopback memberikan cashback yang lumayan membuat pengguna berhemat,” ujar Yonathan.

3. Beli sepaket (tiket, penginapan dan paket wisata)

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Membeli paket bundle (tiket, penginapan dan paket wisata) bikin kamu lebih hebat sekian persen ketimbang membeli tiket secara terpisah. Apalagi kalo membeli paket tersebut secara online di travel online agency, karena biasa mereka memberikan harga bahkan harga khusus untuk pembelian paket ini.

4. Beli tiket di waktu yang tepat

©Genmuda.com/2017 TIM
Petugas travel agent sedang mengajari pengunjung cara memesan tiket promo. ©Genmuda.com/2017 TIM

Ekonom asal Jepang, Makoto Watanabe menemukan sebuah aturan dalam menentukan waktu yang tepat untuk membeli tiket dengan harga terjangkau. Menurut Wanatabe, harga tiket cenderung lebih murah jika dibeli 8 minggu sebelum perjalanan liburan. Sebaiknya, kamu membeli tiket pada malam hari ketimbang pagi dan siang hari atau saat jam kerja.

5. Patungan dengan teman atau ikut program Open Trip

(Sumber: Istimewa)

Mau lebih hemat? Pesan aja hotel atau penginapan barengan teman-teman kamu. Carilah hotel yang bergaya asrama dengan ranjang tingkat (bunk bed), yang muat sama teman-teman kamu.

Jika kamu anaknya solo traveler banget, cobalah ikut program Open Trip yang sama dengan tujuan perjalanan wisata kamu. Selain nambah teman, dompet kamu juga lebih hemat kan. (sds)

Comments

comments