Senin, 17 Desember 2018

Genmuda – Sakit pergelangan tangan serta pegal gak wajar pada bahu dan leher masih bisa nimpa kamu meski udah pake komputer dengan posisi sesuai. Bentuk kibor dan mouse yang umumnya gak sesuai anatomi tuh penyebabnya.

Penyakit itu menimpa kebanyakan orang kantoran, gamer, mahasiswa, atau orang-orang yang pergunain PC atau laptop berjam-jam tiap hari. Bila dibiarin terus, dampak salah uratnya bisa lebih berbahaya.

“Apabila urat-urat pergelangan tangan sudah kaku dan menyempit, obatnya hanya operasi,” kata Scott Weiss, ahli terapi fisik, dikutip NYMag.com, (2/2). Menurutnya, sakit di pergelangan tangan bisa dicegah atur posisi tangan.

Research Manager Ergotron, Carrie Schmitz bilang, posisis terbaik saat pakai alat elektronik adalah posisi yang gak bebanin berat pada satu titik. Selain itu, sakitnya juga bisa dicegah dengan memaki peralatan yang desainnya udah ergonomis, alias sesuai anatomi tubuh. Misalnya, kibor dan mouse ini:

1. Kibor pisah

via thewirecutter.com
(Sumber: thewirecutter.com)

Sesuai namanya, kibor pisah (split keyboard) adalah kibor QWERTY yang dipisah jadi kibor QWERT untuk tangan kiri dan kibor YUIOP untuk tangan kanan. Pemisahan itu bikin tiap pengguna bisa memposisikan kibor sesuai sudut nyaman tangan masing-masing.

2. Kibor ergonomis

via allthingsd.com
(Sumber: allthingsd.com)

Ada juga kibor standar QWERTY yang didesain dengan prinsip ergonomis. Tiap tombolnya diposisiin sesuai arah natural jemari saat mengetik sepuluh jari. Kibor ergonomis pada umumnya pun sediain bantalan untuk istirahatin pergelangan dan telapak tangan tanpa perlu berhenti ngetik.

3. Kibor numerik

via nymag.com
(Sumber: nymag.com)

Kibor numerik sangat dibutuhin pengguna laptop. Daripada jari harus kerja ekstra meraih angka yang tersebar horizontal di sisi atas kibor laptop kecil, lebih mudah mencet tombol dari kibor numerik. Kabelnya bisa dipanjangin atau dipendekin sesuai posisi.

4. Ganti mouse dengan trackball

via techradar.com
(Sumber: techradar.com)

Fungsi mouse dan trackball sama aja. Bedanya, trackball dioperasiin dengan cara menggerakan bola pada porosnya tanpa perlu menggeser seluruh alatnya. Dengan kata lain, lebih mengurangi beban di pergelangan tangan.

5. Pakai vertical mouse

via digitaltrends.com
(Sumber: digitaltrends.com)

Vertical mouse ya mouse. Cuma bentuknya disesuaikan supaya bisa digenggam dalam posisi vertikal kayak kamu lagi genggam tiang bendera, gelas, atau tangan gebetan.

6. Laci kibor

via allaboutthesole.com
(Sumber: allaboutthesole.com)

Idealnya, posisi layar harus sejajar mata dan posisi kibor harus sejajar pinggang. Sayangnya, gak ada meja biasa yang bisa ngasih posisi ideal itu saat pake laptop atau PC. Kecuali, meja yang ada laci khusus kibornya.

Kamu bisa pasang laci itu ke meja kamu, atau ganti mejanya dengan meja khusus yang udah dipasangi lacinya.

7. Bantalan memory foam

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Lain dari bantalan biasa yang cuma diisi busa atau kapuk, bantalan memory foam berisi busa yang menyesuaikan bentuk pergelangan tangan. Dengan begitu, beban di pergelangan tangan berkurang karena tersebar secara merata.

Coba deh beli bantalan memory foam misalnya produk nomor 1-6 sulit dijangkau bujet dompet kamu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.