Minggu, 16 Juni 2019

Genmuda – Kasus penyakit langka dialami oleh seorang cewek bernama Chen. Saat terbangun dari tidurnya, cewek satu ini mengaku jika dirinya mendadak gak bisa mendengar suara laki-laki sama sekali.

Kejadian langka tersebut terjadi beberapa minggu lalu. Sebelum dokter mendiagnosis Chen menderita gangguan pendengaran, ketika bangun tidur ia ngerasa mual dan telinganya terasa berdengung. Ia juga mengaku bahwa beberapa hari sebelumnya ia mengalami banyak tekanan pekerjaan, lembur, dan kurang istirahat.

Setelah keesokan harinya Chen menyadari kalo ada yang aneh dengan pendengarannya. Soalnya ia sama sekali gak bisa mendengar suara dari pacarnya saat bertemu.

Karena panik, ia langsung mengecek kesehatannya ke dokter spesialis THT di Rumah Sakit Qianpu, Xiamen, China. Ajaibnya, Chen malah bisa mendengar suara dokter perempuan yang memeriksanya sementara ia gak bisa mendengar suara pasien laki-laki yang masuk ke ruangan tersebut.

Penyakit langka

via; boldsky
(Sumber: Boldsky)

Menurut dr. Lin Xiaoqing yang merawat Chen, pasiennya menderita penyakit langka yang dialami 1 dari 13.000 orang di dunia. Dokter Lin menyimpulkan bahwa kasus ini menyebabkan penderitanya hanya bisa mendengar suara dengan frekuensi tinggi.

Baca juga: 10 Foto yang Diambil Sebelum Tragedi Kematian

Menurut dokter Lin, Chen mengalami kondisi kehilangan pendengaran dalam frekuensi yang rendah. Hal ini disebabkan karena Chen dalam kondisi yang cukup tertekan atau stres yang membuat sensitivitas pendengaran seseorang kepada sumber suara yang rendah akan berkurang.

Oleh sebab itulah Chen hanya bisa menangkap suara dengan frekuensi tinggi seperti suara wanita. Untungnya sih, kondisi Chen dapat kembali pulih jika ia punya banyak waktu untuk beristirahat. (sds)

Comments

comments