Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Tepat pada hari Jumat (3/6) IFRA 2016 resmi dibuka di Jakarta Convention Center, Jakarta. Seperti yang udah diinfoin oleh Genmuda.com, IFRA atau International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference adalah pameran industri waralaba yang bisa ngebantu kamu buat cari lebih banyak informasi atau mungkin langkah buat bikin usaha sendiri.

Memasuki tahun ke-14 acara ini diharapkan menjadi salah satu wadah buat masyarakat yang ingin mengembangkan bisnis waralaba. Acara peresmian pun dibuka sekitar pukul 11.00 WIB dan beberapa sambutan dari Ketua Asosiasi Franchise Indonesia, Anang Sukandar.

Menurutnya Indonesia masih menjadi negara berkembang dalam industri waralaba, “Kita bisa melihat kuliner Indonesia saja, itu sudah menjadi potensi yang cukup besar. Untuk itu Kementerian Perdagangan, tengah menyusun World Map Waralaba,”

“Kita juga ingin memberikan penghargaan kepada industri start-up, guna menyambut tanggal 22-27 November 2016, di mana kita sebagai tuan rumah dari Asia Pacific Franchise Confederation. –mirip kayak kongres PBB di waralaba.” pungkas Anang.

Hal senada turut disampaikan oleh Ibu Srie Agustina, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, menurutnya industri ini mampu mendorong ekspor Indonesia ke seluruh dunia, “Kami dari kementerian perdagangan ingin memperkuat perekonomian di dalam negeri, bagaimana kita membesar waralaba-waralaba asli Indonesia.”

Ibu Srie Agustina berfoto besama salah satu booth waralaba asal Indonesia di IFRA 2016 (foto: Genmuda.com/2016 Liki)
Ibu Srie Agustina berfoto besama salah satu booth waralaba asal Indonesia di IFRA 2016 (foto: Genmuda.com/2016 Liki)

FYI, dari data yang miliki Kemendag tercatat baru ada 55 waralaba yang menggunakan produk asli Indonesia. Namun kepada Genmuda.com Anang mengakui masih banyak waralaba yang beum terdata, “Sebenarnya ada lebih dari 55, sekitar 60-75 waralaba, namun untuk mendata itu semua memang butuh waktu.”

Di tengah penyelenggaraan pameran Genmuda.com juga sempat mewawancarai Kawan Muda bernama, Cecille, yang kebetulan datang bersama dua rekannya, dan berencana untuk memulai bisnis baru. “Yang pastinya aku pengen cari franchise yang menarik dan cepat balik modal. Karena sekarang aku juga lagi start-up [bidang digital], mungkin pengen cari franchise di bidang kuliner, tapi engga menutup kemungkinan mau liat yang lainnya.” ujarnya.

Peluang bagi anak muda pun terbuka lebar loh di bisnis yang satu ini. Bahkan salah satu pemilik waralaba yang hadir di IFRA 2016, Alif Putra, optimis kalo acara ini mampu memberikan semangat buat anak muda, sekaligus memajukan produk-produk di Indonesia. Meski baru pertama kali ikut,  “Saya optimis acara seperti ini bisa mengenalkan waralaba khas Indonesia ke negara lain.”

Nah, daripada weekend ini cuma bengong atau bosen mau ke mana buruan deh dateng ke IFRA 2016. Acara ini masih berlangsung hingga hari Minggu (5/6). See you there!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.