Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda – Halo para warga Jakarta! Gimana nih buat besok? Udah siap menentukan pilihan kalian untuk Jakarta 5 tahun ke depan? Pastinya harus udah siap ya, karena satu suara kamu akan menentukan segala aspek perkembangan di Jakarta.

Terus apa harapan-harapan para Kawan Muda terutama para ‘Jakartans’ dengan Pilkada putaran kedua besok? Yuk kita simak bareng-bareng.

1. Trezanor Fadli Munandar – Creative Designer

Sumber: @trezanor

Creative designer yang menggeluti dunia gambar dan seni tipografi ini punya beberapa harapan untuk Gubernur terpilih ke depan. Katanya, siapapun nanti yang akhirnya terpilih jadi Gubernur, semoga bisa lebih memerhatikan dan memberikan banyak ruang publik serta area terbuka bagi para seniman untuk berkumpul dan berkarya.

Treza juga berharap semoga pemimpin Jakarta nanti bisa melibatkan para seniman di setiap kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah daerah. Selanjutnya doi berharap banyak dialog untuk membuka kesempatan untuk unjuk karya dan aksi, –yang pastinya aman dan terpenting gratis!

2. Naufaludin Ismail – Editor Jurnal Perempuan

Sumber: @naufaludinism

Mahasiswa lulusan ilmu filsafat yang kini bekerja sebagai editor ini berharap agar Jakarta kembali jadi kota yang aman dan nyaman buat semua masyarakatnya. Perbedaan dan selisih paham yang terjadi selama kampanye belakangan semoga bisa diredam dengan berbagai kebijakan baru yang merangkul semua golongan, tanpa terkecuali.

Pesannya buat paslon yang kalah, walaupun nanti engga bisa membangun Jakarta secara langsung, semoga tetep turun tangan buat ngebangun Jakarta yang lebih baik lagi. Ntap!

3. Indah Syafitri – Mahasiswi

Sumber: @indahsyftr

Mahasiswi di salah satu PTN di Jakarta, Indah punya banyak harapan buat Jakarta kedepannya. Walaupun emang udah kerasa banyak perubahan, menurutnya masih banyak juga yang harus diselesaikan sama Pemerintah selanjutnya. Harapannya, semoga fasilitas umum lebih diperhatikan lagi kebersihannya, MRT dan LRT lebih cepat selesai biar engga macet berkepanjangan, sekaligus percepatan pembangunan underpass dan flyover di beberapa titik rawan macet.

Gak cuma itu, cewek ini mau supaya kesejahteraan lansia dan kaum disabilitas juga diperhatikan, lapangan pekerjaan diperluas, dan yang paling penting semoga janji-janji di masa kampanye harus dipenuhi.

4. Nadya Fadillah Fidhyallah – Mahasiswi Pascasarjana

Kak Nadya ini berharap agar Jakarta bisa dipimpin oleh pemimpin yang adil dan tanpa keberpihakan. Selain itu, pemimpin yang jujur dan amanah juga sangat diperlukan oleh Jakarta, agar engga ada kebohongan yang ditutupi dan juga dapat dipercaya untuk menuntaskan semua permasalahan di Jakarta sampai masa akhir jabatan.

Selain itu, sebagai mahasiswa pascasarjana dan juga seorang guru, doi berharap supaya guru diberikan tunjangan yang tinggi dan murid juga dipenuhi fasilitas dan kebutuhan belajarnya. Kurikulum yang diajarkan juga sesuai sama kearifan lokal sekaligus penanaman nilai-nilai religius dan pancasilais kepada para siswa.

5. Ja’far Subhi – Pegiat musik underground

Sumber: @xjafarkibsx

Vokalis band metalcore ini berharap supaya pemimpin terpilih nanti bisa membangun infrastruktur secara beriringan dengan kekayaan intelektual komunitas atau kelompok, maupun para individunya. Engga ada masalah kalo pilihannya kalah, karena semuanya tetep mesti bisa kerja bareng-bareng.

“Intinya, semua elemen macem pemimpin dan masyarakatnya harus bisa nyatu supaya ide-ide yang digagas waktu kampanye bisa terwujud.” terang Subhi.

6. Fika Hadiningrum – Ibu guru muda

Sumber: @fikahk

Fika yang sekarang berprofesi sebagai guru SD berharap, siapapun yang terpilih nanti, semoga bisa nepatin janji manisnya selama kampanye. Walaupun masih bingung sama pilihannya, tapi Fika mau semuanya saling bersinergi nantinya serta engga ngelupain janji-janji manisnya semasa kampanye.

Lebih lanjut, cewek ini sih ngaku kalo udah capek dikasih janji-janji manis, tapi ujung-ujungnya engga ditepatin. Hmmm, curhat ya? Tapi, semoga aja harapan doi bisa terwujud ya! Amin.

7. Maya Shafira – Pegiat kebudayaan Betawi

Sumber: @maeshafira

Sebagai warga Jakarta yang gak meninggalkan warisan budaya nenek moyangnya, neng Maya ini pengen semua warga Jakarta jadi cinta sama budayanya sendiri. Engga melulu difokuskan ke pembangunan, kemiskinan dan pendidikan ajaa, tapi juga harus melestarikan kesenian asli budaya Betawi.

Menurutnya, masih banyak banyak juga pegiat kesenian yang engga tau harus ke mana dan gimana cara mengekspresikannya. Terakhir pesan dari neng Maya, semoga pemimpin Jakarta adalah orang yang amanah dan rajin beribadah, supaya Jakarta jadi kota yang Baldatun ToyyibatunGhofur.

8. Dhino Yunianto – Karyawan swasta

Sumber: @dhinoyunianto

Walaupun tinggal di perbatasan Tangerang dan Jakarta, Dhino tetep milih dan punya harapan buat Jakarta. Besar keinginan doi supaya pemimpin Jakarta nanti adalah pemimpin yang amanah dengan tanggung jawab yang udah masyarakatnya berikan.

Semua program yang dijanjikan di masa kampanye semoga bisa dijalankan dengan baik dan tentunya bikin Jakarta jadi kota yang baik dari segala aspek. Dan yang paling penting, siapapun yang terpilih nanti semoga bisa mempersatukan lagi warga Jakarta yang sempet kisruh karena Pilkada ini, supaya Jakarta tetep aman dan kondusif.

9. Ditta Septiyani – Guru les bahasa Inggris

Sumber: @dittaes

Hampir sama kayak harapan lainnya soal Jakarta, Ditta berharap siapapun yang kepilih jadi Gubernur Jakarta nantinya bisa merealisasikan apa yang dulu pernah mereka janjikan di masa kampanye. Harapan lainnya adalah semoga yang terpilih nanti akan mengemban amanah ini dengan jujur, adil, dan denan cara yang baik. Pokoknya, bismillah buat pemimpin yang berakhlakul karimah buat Jakarta!

10. Lulu Fajriyanti – Pegawai Swasta

Sumber: @lulufajr

Sebagai warga perbatasan Tangerang dan Jakarta Barat, Lulu yang dulu kuliah dan sekarang kerja di Jakarta ini juga punya harapan yang besar buat pemimpin terpilih nanti. Harapannya, semoga Gubernur yang baru bisa bikin perubahan yang lebih baik untuk Jakarta, khususnya di bidang transportasi umum dan pelayanan masyarakat.

“Pemerintah harus bisa mengurangi kemacetan yang udah gak ada habis-habisnya ini. Gubernur yang baru juga harus memperketat peraturan supaya orang-orang daerah gak terus-menerus datang ke Jakarta buat sekedar nyari kerja.” tutup doi.

Well, bisa dibilang besar harapan warga Jakarta buat pemimpin baru yang akan dipilih besok. Semoga, apapun pekerjaannya, dimana pun rumahnya, apapun suku dan agamanya, bisa tinggal dan kerja dengan tentram di Jakarta. Selamat memilih! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.