Rabu, 14 November 2018

Genmuda – Cung! Siapa di antara Kawan Muda yang bisa hidup tanpa gadget selama satu hari? Kayaknya gak bakal banyak ya. Dari orang super sibuk sampe jomblo kurang kerjaan pun butuh berinteraksi sama gadget. Entah mau buka media sosial, kerja, cari jodoh, dan masih banyak lagi.

Ketergantungan kita sama gadget di zaman sekarang emang gak bisa dihindari lagi, tapi tetep harus kamu dikontrol. Selain berbahaya buat kesehatan diri sendiri, kebiasaaan serba ketergantungan sama gadget juga mempercepat umur gadget kamu.

Sama halnya dengan tubuh manusia, perangkat digital juga punya batas usia masing-masing. Walau biasanya setiap gadget punya waktu garansi, risiko kerusakan tetep bisa menimpa siapa aja. Masih mending kalo rusak karena software/hardware karena masih bisa diklaim, tapi gimana kalo dari faktor human error atau malah kebiasaan yang sering kamu anggap sepele?

Nah, daripada harus gonta-ganti atau bolak-balik tempat servis lebih cari tau nih 10 contoh kebiasaan sehari-hari yang bikin gadget kamu cepat rusak. Disimak baik-baik, ya!

1. Main gadget ke toilet

via: giphy

Mau kamu mau mandi, BAB, cuci muka, atau buang air kecil, hindari buat memainkan gadget di toilet. Menurut Dr. James Roberts dari Baylor University, kebiasaan ini berbahaya buat kesehatan karena gadget menjadi media berkembangnya bakteri dan kuman lewat sentuhan tangan. Yang kedua bisa aja ada percikan air masuk ke gagdet kamu. Belum lagi risiko gadget kamu kamu jatuh ke toilet. Sedih kan~~~

2. Makan atau minum sambil main gadget

Banyak banget anak yang muda sering melakukan ini. Biarpun kelihatannya multitasking, tapi tetep aja gak mengurangi risiko gadget kamu kemasukan sisa makanan.

Contohnya: Kamu makan gorengan di depan laptop sambil nonton drama korea, dan kamu gak sadar ada remahan gorengan yang masuk ke celah keyboard laptop. Ketika ngetik eh ada keyboard yang keras. Nah, kalo kayak gitu jangan salahin laptopnya ya!

3. Ngacas ditinggal tidur

via: Giphy

Udah deh, udah bukan zamannya lagi ngecas ditinggal tidur. Zaman sekarang banyak kok gadget yang menyediakan teknologi fast charging. Tapi kalo di gadget kamu belum ada, mendingan isi daya sewajarnya aja. Takut ketiduran? Gak usah ribet, tinggal kamu pasang alarm.

4. Ngecas saat baterai habis banget!

Mayoritas gadget, terutama smartphone udah banyak pake baterai lithium-ion. Beberapa diantaranya sejaga diprogram untuk sejumlah siklus pengisian atau pemakaian penuh dari 100% hingga 0%. Setelah beberapa ratus siklus otomatis kapasitas baterai mulai berkurang. Itu sebabnya lebih baik kamu gak usah menunggu sampai gagdet kamu matot (baca: mati total) dan mengisi daya ketika tingkat baterai turun menjadi sekitar 20%.

5. Salah memegang atau menaruh layar gadget

via: Giphy

Data dari Techcrunch di tahun 2017 bilang, 17 % orang bermasalah sama layar laptop mereka karena muncul bintik hitam atau dead pixel. Banyak kasus terjadi bahwa lokasi kerusakan berada di area yang nyaman buat dipegang. Ternyata tekanan yang berulang menjadi penyebab kerusakan matrix di layar, dan buat ngebetulinnya harus ganti baru. Nyesek kan lo!

6. Bersihin gadget dengan pembersih kaca

Jangan mentang-mentang pembersih kaca terus kamu bisa pake buat bersih gadget kamu juga. Gak gitu ya. Soalnya pembersih kaca mengandung amonia dan zat kimia khusus yang bisa merusak lapisan antistatik dan anti-reflektif yang ada di layar gadget. Seiring waktu, senyawa kimia ini menjadi penyebab munculnya retakan, menguning, dan kusam pada layar gadget kamu.

7. Main gadget di atas tempat tidur

via: Giphy

Kasus yang paling sering dialami adalah laptop. Kamu pasti sering bawa laptop ke tempat tidur buat marathon nonton serial TV favorit kamu. Terlepas laptopnya kamu taruh di atas kasur atau dipangku, kebiasaan ini jelas berbahaya karena bisa menutup ventilasi udara laptop. Kalo keseringan, laptop kamu jadi gampang panas dan paling parah ya rusak total.

8. Pakai barang yang bukan peruntukannya

Banyak di antara kita yang asal pakai charger, selama tipe colokannya sama. YAKAN!! Padahal nih, setiap perangkat gadget didesain dengan peruntukannya. Mirip kan bukan berarti sama, gengs. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.