Selasa, 22 Oktober 2019

Genmuda – Hari berganti hari, eh engga kerasa udah masuk minggu ketiga puasa aja nih, Kawan Muda. Puasa kamu masih lancar jaya engga? Atau jangan-jangan udah ada yang bolong-bolong gara-gara telat bangun sahur?

Dari sekian banyak alasan buat engga puasa, telat sahur pasti jadi salah satu contoh yang paling umum. Ya sebenarnya bisa aja sih kamu tetap niatin diri buat lanjut puasa. Tapi, gara-gara engga sempat sahur, yang ada kamu malah bakal lebih cepat lapar dan makin engga sabar buat buru-buru buka. Alhasil, kamu pun ujung-ujungnya jadi suka bablas engga puasa.

Lantas, sebenarnya kenapa ya kamu bisa sampai telat bangun sahur? Emang apa aja yang sering kali jadi penyebabnya? Well, menurut Genmuda.com biasanya alasannya merupakan hal-hal yang cukup sepele. Saking sepelenya, berbagai penyebab tersebut justru seakan engga pernah berubah dari tahun ke tahun. Berikut ini adalah 5 di antaranya:

1. Lupa pasang alarm

Iya sih jaman udah canggih banget, jadi kamu bisa minta dibangunin alarm, khususnya alarm hp. Terlepas dari itu, secanggih-canggihnya hp kamu, tetap aja kamu harus ngatur alarmnya dulu. Kalo pun kamu udah masang alarmnya dari malam, jangan lupa juga buat pastiin baterai hp kamu masih cukup. Sebagian hp ‘kan ada yang alarmnya engga bakal nyala kalo hpnya mati.

2. Bangun kecepetan terus tidur lagi

Udah kebangun sendiri, pas lihat jam ternyata sahur masih jam setengah 3. Bukannya langsung beranjak dari tempat tidur, eh kamu malah merem lagi, sambil berharap kamu bakal bangun 10 menit kemudian. Sialnya, di saat kamu udah benar-benar bangun, ternyata udah lewat subuh dan kamu udah engga sempat lagi buat sahur.

3. Keasyikan nonton bola

Puasa tahun ini kebetulan bertepatan dengan penyelenggaraan ajang EUFA Euro 2016. Buat kamu para cowok terutama, sebagian di antara kamu pasti rela begadang demi ngelihat tim negara favorit kamu berlaga. Sayangnya, gara-gara keasyikan nonton bola, engga jarang kamu malah ngelewatin sahur. Alasannya sih merem bentar, eh ujung-ujungnya malah kebablasan sampai matahari terbit.

4. Nunggu dibangunin orang rumah

Selain pasang alarm, cara paling mudah biar engga telat sahur biasanya adalah minta dibangunin sama orang rumah. Tapi, namanya juga manusia yang tak sempurna dan kadang salah, orang rumah kamu ternyata juga kebablasan tidur. Alhasil, bukan kamu aja yang telat sahur, seisi rumah kamu pun demikian.

5. Yakin bakal bangun

Ini nih penyebab paling receh di antara yang sepele. Udah mah engga masang alarm dan engga minta dibangunin orang rumah, kamu masih aja yakin bakal bangun tepat waktu buat sahur. Kalo udah terbiasa, tubuh kamu emang bakal otomatis ‘nyuruh’ kamu bangun dengan sendirinya. Namun demikian, tetap aja jaga-jaga itu perlu loh, Kawan Muda. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer