Sabtu, 20 Juli 2019

Genmuda – Pastinya kamu setuju dong kalo kualitas suara headphone yang baik bikin dengerin musik favorit jadi tambah seru. Kalo suaranya jelek yang ada malah jadi bete bahkan pengen ngamuk-ngamuk. *lebay.

Sayangnya headphone berkemampuan kayak gitu selalu dikira mahal, padahal sih engga juga. Soalnya, ada produsen yang masih mentingin harga kompetitif dengan kualitas yang mumpuni. Siapakah produsen itu? Dialah Sennheiser, salah satu ‘pemain lama’ di dunia audio.

Nah, produsen headphone asal Jerman itu baru aja ngeluncurin lini produk baru di Jakarta Pusat, Kamis (20/10). Kalo dirangkum, produknya terbagi ke dalam kategori lifestyle, audiophile, dan gaming. Ada satu lagi yang bakal segera meluncur, yatu kategori travel.

Semua headsetnya emang cocok dipakai buat denger musik. Tapi, headphone mana yang emang cocok buat kamu, baik dari segi budget, jenis suara yang keluar, desain, dan fungsinya? Nih Genmuda.com kasih bocorannya.

1. HD 2.xx buat yang pertama kali nyoba headset bagus

©Genmuda.com/2016 TIM
Sennheiser HD 2. ©Genmuda.com/2016 TIM

Ya. Seri ini bisa dibilang sebagai entry level para audiophilia (alias para pecinta kualitas suara bagus). Headset HD 2 ini termasuk headset lifestyle. Suara bassnya kedengeran punchy. Sementara itu, suara mid dan trebble-nya relatif datar.

Cocok nih buat dengerin musik EDM atau sejenisnya Chain Smoker. Tapi sayang, bantalan speakernya engga menutupi seluruh telinga, jadi ada suara-suara dari luar yang kedengeran di telinga. Waktu diluncurin, HD 2 beranak jadi HD 2.10, HD 2.20s, HD 2.30i, HD 2.30G. Range harganya adalah 899 ribu – 1,65 juta rupiah.

2. Pilih HD 4.xx kalo udah kenal suara berkualitas

©Genmuda.com/2016 TIM
Sennheiser HD 4 ©Genmuda.com/2016 TIM

Buat peminat musik yang lebih jor-joran, headphone yang bisa memvisualisasikan tiap bunyi jelas jadi pilihan. Selain itu, arah datangnya suara bisa tervisualisasi seolah-olah penikmat musik lagi ada di depan tempat konser.

Nah, HD 4 udah bisa ngasih semua itu. Tapi belum sejernih kalo kamu datengin tempat rekamanmengingat headphone yang bantalan speakernya penuh menutup telinga ini masih berada satu tingkat di atas seri HD 2. Headset ini pun dirilis dalam seri HD 4.20s, HD 4.30i, dan HD 4.30G. Harganya antara 1,4-1,8 juta.

3. Suka denger musik, film, dan main game? Berarti pakai GSP 300 aja

©Genmuda.com/2016 TIM
Sennheiser GSP 300 ©Genmuda.com/2016 TIM

Ada dua seri yang dirilis, yaitu GSP 300 dan GSP 350. Bantalan speaker kedua headphone itu bukan cuma nutup telinga, tapi juga menyesuaikan lekuk-lekuk kepala. Begitu dipakai, suasana langsung terasa kedap suara.

Speakernya dibekalin sama Dolby yang bikin kamu seolah-olah ada di dalam game. Suara dari belakang, depan, atau samping terdengar sesuai arah datangnya. Udah gitu, ada microphone yang reseptornya jernih abis. HD 300 tuh dibanderol sekitar 1,6 juta rupiah. Worth it!

4. Pengen yang lebih surround? Coba GSP 350!

via digitaltrends.com
Sennheiser GSP 350. (Sumber: digitaltrends.com)

Soalnya, dipasang Dolby 7.1 Surround. Berarti, suara dari arah serong kanan, kiri, atas, atau bawah pun terdengar jelas sesuai arah datengnya. Bantalan speakernya pun dibuat dengan material yang mengikuti lekuk kepala.

Yang gokilnya suara GSP 350 kelewat jernih. Genmuda.com nyoba main game pakai headphone itu dan hasilnya wow. Rintik-rintik hujan yang ada di game aja terdengar kayak rintik hujan beneran. Wajar lah kalo headphone ini dibanderol sekitar 2,3 juta rupiah.

5. HD 5×9 kalo emang kamu Audiophilia sejati

©Genmuda.com/2016 TIM
Sennheiser HD 5 ©Genmuda.com/2016 TIM

Bisa dibilang ini adalah headphone unggulan Sennheiser yang diluncurin Kamis (20/10). Kekedapan bantalan speakernya pas. Suara yang dihasilkan jernih dan seimbang. Belum lagi speakernya beneran bisa memvisualisasikan arah datangnya suara.

Waktu Genmuda.com dengerin lagu Crazy Train – Ozzy Osbourne pakai headphone ini, terasa banget perpindahan kiri, kanan, atas, bawahnya suara alat musik, sesuai yang terdengar di audio-system home theater. Karena itu, seri HD 569, 579, dan 599 dibanderol kisaran 2,9 juta – 4,2 juta rupiah.

Kesimpulannya, banyak pilihan headphone yang bisa manjain telinga kamu dengan harga yang pas di kantong. Namun kalo pada akhirnya budget sama sekali bukan masalah prioritas kamu, langsung aja jajal HD 5×9. Kawan Muda pilih yang mana nih? Kasih tau Genmuda.com dong! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.