Minggu, 19 Agustus 2018

Genmuda – Usia 20an atau yang biasa disebut 20 something menjadi usia paling penting dalam hidup seseorang. Di usia itulah kamu harus lebih mempersiapkan diri untuk lebih matang buat segala aspek.

Beda sama usia belasan, banyak tantangan yang lebih sulit dan bakal kamu hadapi nantinya. Gak melulu soal percintaan atau drama akademik, karena di usia 20 something itu pula kamu akan mengalami banyak transisi kehidupan.

Selain bekal akademik atau kesiapan mental, ada pula lah hal-hal lain yang wajib kamu persiapkan dan pelajari di usia 20an. Percaya deh, hal-hal ini jarang banget didapetin di bangku kuliah atau pun kantor kamu nantinya. Selengkapnya bisa kamu baca di bawah ya, gengs:

1. Banyak baca buku atau informasi lainnya

via cabudgetfactcheck.com
(Sumber: cabudgetfactcheck.com)

Kamu gak dilarang membaca banyak hal, entah itu dari buku novel, koran, majalah, atau komik sekalipun. Yang paling penting, selalu buat target dalam satu bulan kamu harus menyelesaikan satu atau dua buku. Baca aja banyak genre dan topik yang kamu suka, karena secara gak langsung kamu udah berhasil menyimpan banyak informasi dan wawasan lewat bahan bacaan kamu.

2. Punya networking sebanyak mungkin

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Bertemu dan kenal orang baru juga menjadi hal penting buat kamu pelajari di usia 20an. Cari tau juga apa yang bikin kamu suka dari orang tersebut supaya bisa memulai obrolan seru. Paling penting nih, buka obrolannya emang karena kamu suka dengan orang tersebut alias gak fake atau cuma basa-basi doang.

3. Punya sebanyak mungkin kontak dengan orang yang lebih tua dari kamu

©Genmuda.com/2017 TIM
Pengelola Kopi Progo, Oom Zulham (dua dari kiri) foto dengan Pradana, Popomangun, dan Ardhani (ki-ka), trio founder Createco Artpreneur. ©Genmuda.com/2017 TIM

Masih berkaitan sama poin sebelumnya, bedanya cuma ada di usianya aja. Berteman dengan orang lebih tua memberikan kamu banyak hal positif. Pertama mereka lebih berpengalaman dari kamu, kedua mereka bisa membantu kamu dalam menentukan sebuah keputusan yang dapat menguntungkan kamu. Itu baru dua loh, selebihnya masih banyak dan gak cukup kalo dibahas di satu poin doang. He-he.

4. Gak boleh gengsi atau malu untuk belajar hal baru

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

“Malu bertanya sesat di jalan.” Jadi mulai deh biasakan bertanya kalo kamu gak tau atau mungkin mau belajar hal baru. Percaya deh, gak ada orang yang lahir langsung bisa berlari, semuanya kan juga perlu belajar seperti kamu sekarang.

5. Kenal dengan orang lebih keren dari kamu

©Genmuda.com/2018 TIM
RamenGvrl tunjukin kebolehannya!
©Genmuda.com/2018 TIM

Keren di sini emang subjektif dan bisa beda-beda. Namun demikan, dengan mengenal orang yang lebih keren versi kamu akan memotivasi kamu untuk bisa seperti mereka, atau malah lebih keren dari mereka di kemudian hari. Inget ya, keren itu gak cuma dilihat dari penampilan aja ya, keren dengan punya segudang prestasi juga gak kalah kece kok!

6. Hemat dalam pengeluaran

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Hemat di sini bukan berarti pelit, justru hal ini akan mengajarkan kamu untuk menentukan skala prioritas dalam hidup. Toh, gengsi gak akan membiayai hidup kamu, jadi mendingan pakai uang kamu untuk hal yang lebih berfaedah.

7. Perbanyak pengalaman

©Genmuda.com/2018 TIM
Peni Utami, salah satu penggagas Yayasan MPS & Penyakit Langka Indonesia. ©Genmuda.com/2018 TIM

Masih lanjut dengan poin hemat di atas, dengan berhemat kamu bisa menggunakan uang kamu untuk menambah pengalaman baru seperti berbisnis, traveling, atau buat kuliah lagi. Percaya aja, pengalaman itu justru lebih keren dan berguna ketimbang dihabiskan untuk memberi barang-barang mewah demi kesenangan atau status sosial sesaat. Di tambah lagi, hal-hal seru seperti itu belum tentu bisa dilakukan saat usia kamu bertambah tua atau mungkin ketika sudah berkeluarga.

8. Ketika hidup terbatas, selesaikan masalah itu dengan hal yang kamu miliki sekarang

©Genmuda.com/2018 TIM
Pengunjung diskusiin karya pameran Marvel Creative day out 2018. ©Genmuda.com/2018 TIM

Kamu bisa bikin desain tapi belum mampu beli tablet gambar, maka lakukan cara lain untuk mendapatkan tablet gambar tersebut dengan segala keterbatasan yang kamu punya. Entah itu mau dengan cara manual atau pinjam tablet gambar teman. Lakukanlah hal yang kamu bisa kamu lakukan dengan modal yang kamu miliki sekarang. Hidup kan gak ada jalan singkat, gengs!

9. Belajar skill urusan rumah tangga

(Sumber: Shutter Stock)

Gak peduli kamu itu cowok atau cewek, hal ini menjadi modal wajib saat masuk usia 20an. Biarpun kamu masih tinggal sama orang tua atau ada asisten rumah tangga, percayalah, suatu saat kemampuan ini bakal kamu lakukan sendiri. Entah kamu itu anak Presiden atau anak yang biasa-biasa aja.

10. Punya tubuh ideal

via IG @claurakiehl
(Sumber: IG @claurakiehl)

Seperti banyak penelitian dan studi ilmiah bilang, masa muda adalah waktu paling tepat untuk membuat tubuh ideal karena adanya pengaruh hormon. Jadi enggak ada salahnya untuk membentuk tubuh ideal kamu dari sekarang. Belum tentu di usia 30an ke atas nanti kamu punya banyak waktu untuk olahraga. Yakan!

11. Cukup istirahat, kerja lebih produktif

(Sumber: Instagram/Sheryl Sheinafia)
Tidur deh sangking lama jalannya (Sumber: Instagram/Sheryl Sheinafia)

Mau kamu masuk tipe morning atau night person, punya waktu istirahat cukup udah menjadi hal paling mutlak untuk diterapkan di usia 20an. Kuncinya cuma satu, jangan keseringan begadang supaya diri kamu lebih produktif.

12. Selalu punya reminder untuk hal apapun

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Jangan pernah percaya sama ingatkan kamu sendiri, selalu catat jadwal penting di kalender atau smartphone kamu. Dengan begitu kamu akan membiasakan untuk hidup lebih teratur.

13. Fokus, bikin branding atas diri kamu sendiri

©Genmuda.com/2018 TIM
Karaeng Adjie, gitaris sekaligus vokalis Polka Wars menghayati lick-lick rock post-modern ala doi. ©Genmuda.com/2018 TIM

Seenggaknya ada waktu hampir 10 tahun untuk membentuk citra atau branding diri kamu itu seperti apa. Selama waktu itu, terus deh bikin diri kamu dikenal karena satu hal. Nah, kalo kamu udah bisa fokus dan punya branding kuat dalam keahlian tertentu, baru deh coba-coba pindah ke bidang lainnya.

14. Punya target besar

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Percayalah pada usia 20an lah kamu semakin dekat untuk berhadapan dengan mimpi dan realita. Salah satu cara untuk mengatasi itu semua adalah target besar. Ketika hidup kamu gak ada target mungkin akan memberikan beberapa hal baik kepadamu, namun dengan mengatur target, maka akan banyak hal yang terjadi. Terbukalah dengan berbagai kesempatan yang ada di sepanjang jalan, yang tentunya juga akan membantumu meraih target itu.

15. Jangan mikirin orang lain

via: Blogspot
(Sumber: Istimewa)

Percaya, mengurus diri sendiri itu lebih susah ketimbang mengomentari orang lain. Kamu bukan komentator bola kan? Jadi buang deh segala pemikiran atau steriotipe buruk atas orang lain. Terlebih lagi orang tersebut gak ada hubungannya sama hidup kamu. Gak usah dibawa ribet ya, gengs! (sds)

Comments

comments