Sabtu, 28 Maret 2020

Genmuda – Setiap ada yang baru dari Instagram pasti selalu menarik buat kita coba. Setelah hadir dengan IGTV dan fitur video call, media sosial anak hipster ini kembali menghadirkan fitur ‘Questions’.

Sejak dirilis secara bertahap mulai tanggal 27 Juni 2018, fitur anyar ini emang memungkinkan penggunannya untuk membuat pertanyaan dalam stories mereka, kemudian akan dijawab oleh para followersnya. Simplenya mirip ajang Q&A alias tanya-jawab.

Tapi lain maksud, lain juga praktik di lapangan. Mungkin sebagian Kawan Muda ngerasa kesel atau ganggu, karena stories temen-temen lo mendadak isinya rame sama Q&A ala-ala ask.fm. Temen lo nanya, terus lo share lagi jawabannya di instastories.

FYI, sesuai dengan namanya, “Questions” diperuntukan buat pengguna akun untuk membuat pernyatanyaan ke followers mereka. Lewat kolom “type something” itulah followers bebas ngejawab pertanyaanya, bukan sebaliknya.

Jika ada followers lo yang menjawab, otomatis lo bisa ngedapetin notifikasi dari stiker tersebut. Emang sih jawabannya bisa lo liat dan share lagi, tapi gak ada aturan baku harus jawab satu-satu via stories. (Kecuali lo emang selebgram wanna be gitu).

Walau Instagram gak ngelarang lo nge-repost dan atau bikin pertanyaan balik, namun perihal merespon stiker ini ternyata jadi debat (kusir) netizen tanah air. Ada yang bilang ‘yang direspon itu pernyataannya’ dan ada yang bilang ‘yang direspon itu stickernya.’ Lebih jauhnya ada juga kubu yang ribut antara bertanya dan ditanya.

 

Yaudah, intinya sih lo bebas-bebas aja mau pake fitur ini buat nanya atau ditanya. Kan akun instagramnya punya lo sendiri, kuotanya juga punya lo sendiri, jadi enggak usah diributin ya. Siapa tau ke depannya Instagram bisa nyedian fitur bayar tagihan listrik, BPJS, TV kabel, sampe kartu kredit. Udah gitu aja repot!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.