Minggu, 18 Agustus 2019

Genmuda – Kabar duka datang dari dunia hiburan internasional pada Senin (12/11) waktu Amerika Serikat. Stan Lee, pencipta komik-komik legendaris Marvel, seperti Iron Man, the Fantastic Four, Spiderman, Daredevil, dan X-Men, meninggal dunia di usia 95 tahun.

Bersama dengan Jack Kirby dan Steve Ditko, Lee merupakan salah satu orang paling berpengaruh dalam industri komik. Lewat karakter superhero yang ia ciptakan, Lee memberikan mereka cerita petualangan yang berwarna dan kompleks, hingga menjadi inspirasi untuk film-film MCU yang selama ini kita kenal.

Dilansir dari kantor berita Reuters, puteri Stan Lee, JC Lee mengatakan semasa hidupnya sang ayah berusaha menjalankan kewajibannya kepada para fans untuk menciptakan karya-karya baru. “Ayah saya mencintai semua penggemarnya. Dia adalah pria paling hebat dan paling baik,” ungkap JC, Senin (12/11).

Lebih lanjut dirinya tidak menyebutkan penyebab meninggalnya sang ayah. Namun dikabarkan oleh TMZ, sebuah ambulan sempat menuju ke kediaman Lee, di Hollywood Hills pada Senin pagi. Setelahnya Lee di kabarkan meninggal di Cedars-Sinai Medical Center setelah melewati penanganan medis.

Pria bernama lengkap Stanley Martin Lieber itu lahir di Manhattan, Amerika Serikat tahun 1922. Kota kecil itu pula yang menjadi inspirasi buat sejumlah komik ciptaannya, salah satu Spider-Man.

Lewat autobiografinya “Excelsoir!”, perjuangan ayahnya mencari pekerjaan tetap untuk menghidupi keluar menjadi inspirasi Lee dalam berkarya. “Itu seperti menunjukan bahwa hal yang paling penting bagi laki-laki adalah punya perkerjaaan yang harus dilakukan, menjadi sibuk, dan dibutuhkan (orang banyak),” tulis Lee.

Stan Lee didaulat ke dalam industri buku komik Will Eisnet Award Hall of Fame pada tahun 1994 dan Jack Kirby Hall of Hall of Fame pada tahun 1995. Lee juga tercatat menerima National Medal of Arts pada tahun 2008.

Atas dedikasi besar itulah ia mendapatkan penghormatan untuk selalu tampil dalam film-film MCU. Bahkan lewat game “Spider-Man” yang dirilis bulan Oktober lalu, Lee juga menjadi cameo atas dirinya sendiri dalam cerita Peter Parker dan Mary Jane. Rest in peace, legend!

(sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.