Minggu, 16 Juni 2019

Genmuda – Panitia Popcon Asia 2017 lagi siapin konsep yang belum pernah diperkenalkan pada kegiatan tahun sebelumnya. Harapannya, festival budaya populer yang juga jadi tempat nyari inspirasinya para pegiat kreatif dunia itu bisa dinikmati masyarakat umum.

Berlangsung sejak 2012, Popcon Asia selalu jadi wadahnya anak-anak desain grafis, ilustrator, animator, komikus, ataupun pecinta mainan. Tahun lalu, tiket masuk festival ini terjual hingga 15.100 lembar dan pada 5 dan 6 Agustus nanti mau ditingkatin sampai 20 ribu – 25 ribu lembar.

Sepanjang diadain, panitia berharap banyak karya Indonesia meluncur ke seluruh dunia. “Sayangnya, perusahaan luar negeri lebih tertarik ‘membajak’ seniman Indonesia untuk bekerja di tempatnya daripada mengorbitkan karya mereka,” tutur Sunny Gho, co-founder Popcon Asia pada media gathering di Jakarta, Rabu (8/3).

©Genmuda.com/2017 TIM
Ki-ka: Allen Jordan strategic partner Indonesia Comic Con, Faza Meonk kreator “Si Juki,” dan Sunny Gho co-founder Popcon Asia di Jakarta, Rabu (8/3). ©Genmuda.com/2017 TIM.

Kumpul-kumpul media itu juga dihadiri Faza Meonk kreator “Si Juki” yang sekarang udah berpartner sama Popcon. Ada juga Allen Jordan selaku strategic partner Indonesia Comic Con yang juga merupakan direktur PopconInc.

Dari penuturan mereka, bisa disimpulin kalo tujuan Popcon Asia 2017 ada dua. Pertama, bikin bidang seni yang terbilang segmented ini dinikmati publik lebih besar. Kedua, ngorbitin karya lokal ke kancah internasional. Gimana caranya? Nih beberapa strategi yang udah mereka siapin.

1. Tema besar: “Pop Parade”

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Bukan cuma jadi tema, paradenya bakal lebih terasa dengan booth pameran yang lebih banyak. Kalo tahun lalu tersedia sekitar 150 meja buat pendaftar umum, tahun ini jumlahnya naik hingga 190 meja. Pendaftaran “Artist Alley” itu dimulai 6 Maret dan pada saat media gathering, tinggal tersisa 6 lapak lagi. Mau ikut? Buruan daftar!

2. “Mak comblang” seni

©Genmuda.com/2016 Liki
Karakter komik lokal dalam acara preview night Popcon Asia 2016 ©Genmuda.com/2016 Liki

Engga cuma pameran dan jualan, artis lokal pilihan kurator juga bakal “dicomblangin” sama perusahaan, produser, atau pemodal yang diundang. Langsung go international mungkin bakal sulit, tapi kemungkinan sebuah komik meluncur jadi animasi layar lebar sangat besar. Misalnya aja, kayak “Si Juki.”

Creative Job Market yang bakal diadain bisa jadi tujuan para pegiat seni yang butuh kerja reguler. “Pada acara itu, para seniman bisa bertemu berbagai industri yang membutuhkan jasanya dan bisa saja berakhir dengan penandatanganan kontrak kerja,” kata Sunny Gho.

3. Musik makin digedein

©Genmuda.com/2016 Liki
Preview night Popcon Asia 2016 di JCC, Kamis (11/8) ©Genmuda.com/2016 Liki

Ada dua panggung yang disediain sepanjang acara. Salah satunya bakal berisi penampilan musisi-musisi pilihan panitia. “Alirannya beragam. Yang jelas, musiknya akan masuk selera anak muda dan para penggemar budaya populer,” kata Sunny Gho.

Allen Jordan bilang kalo “Panggung musik memang menjadi salah satu upaya kami menarik banyak peserta. Karena, Popcon bukan sebatas ajang kreativitas visual. Melainkan, semua kreativitas yang populer bagi publik.”

4. Film bakal dapet ruang lebih

©Genmuda.com/2016 Liki
“Firegate” merupakan salah satu film yang dirilis di Popcon Asia tahun lalu. Tahun ini film apa ya? ©Genmuda.com/2016 Liki

Industri film Indonesia yang lagi naik-naiknya juga dapet jatah lebih besar. Sejauh ini, ada tiga production house yang diundang buat luncurin karya terbaru mereka, salah satunya pasti animasi “Si Juki.” “Trailer pertama animasi komik gue niatnya mau meluncur di Popcon nanti,” kata Faza Meonk.

Eits, ada bocoran lagi. Production house yang menangani film “Wiro Sableng” juga diundang dan harapannya pemeran Wiro Sableng-nya bisa beraksi di atas panggung. “Daftar lengkap artis yang tampil akan kami update awal April,” tutur Allen Jordan.

5. Tambah artis AS, Jepang, Australia, dan Perancis

©Genmuda.com/2016 Liki
Archie, Park Tae Joon, dan Kim Jun Koo, artis Korea Selatan yang diundang tahun lalu. ©Genmuda.com/2016 Liki

Meski engga diomongin, Popcon tahun lalu terasa bertema Korea Selatan karena banyak mengundang artis-artis Line Webtoon Negeri Gingseng. Tahun ini, panitia pengen perluas cakupannya jadi karya Amerika Serikat, Jepang, Australia, dan Perancis.

Berdasarkan keterangan pers Grace Kusnadi selaku penggagas Popcon Asia dan CEO PopconInc, perwakilan Singapura, Thailand, Malaysia, dan Belanda juga bakal diundang hadir. Makin banyak inspirasi makin baik, bukan?

Kosasih Award (penghargaan tertinggi bagi insan komik) juga bakal kembali diberikan tahun ini. Berbagai boardgame, Doodle Art Battle, PopTalk, dan Workshop juga tetep diadain, kok. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.