Jum'at, 20 September 2019

Genmuda – Wahai para pengguna Instagram yang budiman, yuk berhenti bentar milih-milih filter kecenya. Mending, sekarang kamu baca dulu deh informasi yang mau Genmuda.com bagiin ini.

Siap-siap terkejut, Instagram kemungkinan bakal ngubah tampilan feed kamu. Dari yang semula bisa kamu lihat berdasarkan urutan kronologis, berbagai postingan di feed kamu nantinya justru bakal dimunculin berdasarkan popularitasnya dan tanda-tanda sosial lainnya.

Dengan kata lain, postingan yang muncul di feed Instagram kamu baka dikurasi dengan cara yang mirip kayak postingan yang ada di News Feed Facebook (entah ini termasuk sama postingan yang disponsorin juga atau engga). Kabar perubahan Instagram itu pun udah disampein pihak Instagram lewat blognya.

(Sumber: Digital Trends)
(Sumber: Digital Trends)

Rencananya, Instagram bakal mulai nguji perubahan pada sistemnya dengan algoritma buat ngebantu nentuin apa yang perlu kamu lihat pas kamu ngebuka aplikasi tersebut. Apa yang pertama kamu lihat bakal ditentuin berdasarkan sejarah interaksi kamu sama pengguna lain, waktu saat itu, dan tentunya popularitas postingannya sendiri.

Lantas, apa sih alasan Instagram pengen ngehadirin perubahan feed yang kayak gitu? Well, menurut co‑founder dan CEO Kevin Systrom, para pengguna Instagram udah ngelewatin sekitar 70% postingan pada feed mereka. Perubahan tersebut bertujuan buat mastiin kalau “30% postingan yang kamu lihat merupakan 30% postingan sebaik mungkin.”

Sementara itu, kalau menurut co-founder dan CTO Mike Krieger, perubahan Instagram tersebut sebenarnya engga bakal jadi begitu bermasalah buat para penggunanya. Soalnya, feed Instagram terdiri dari beragam postingan yang sebagian besarnya adalah foto dan para penggunanya sering kali nge-follow pengguna lain dari berbagai penjuru dunia.

Lagi pula, baru-baru ini Instagram juga udah ngubah tampilan pencatatan waktu di semua postingan. Buat postingan yang udah lebih dari seminggu, tanggal pastinya sekarang udah bisa kamu lihat di bawah deretan komentar. Kalau kamu pengen kepoin postingan mantan kamu yang dari jaman baheula, kamu otomatis udah engga perlu lagi ngitungin atau ngira-ngira kapan postingan itu doi upload.

Nah, dengan adanya pencatatan waktu yang lebih spesifik, kamu pun sebenarnya engga bakal keder-keder banget kalau postingan di feed Instagram kamu dimunculin kayak di News Feed Facebook. So, kita tunggu aja deh gimana kelanjutan perubahan besar Instagram tersebut, Kawan Muda.

Update (29/3): 

Sejak hari Senin (28/3), sejumlah pengguna Instagram udah mulai minta followers mereka buat aktifin pilihan Turn on Post Notifications supaya postingan mereka tetap bisa muncul di feed para followers. Tapi, abis itu setiap ada postingan baru dari mereka, postingan tersebut malah ikutan masuk ke notification para followers.

Sementara itu, melalui akun Twitter-nya, Instagram bilang kalau saat ini belum ada perubahan apapun pada feed kamu dan pihaknya bakal ngabarin kapan perubahan feed tersebut bakal mulai diterapin secara luas. Jadi kamu engga perlu panik duluan ya. (gac)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer