Jum'at, 20 Juli 2018

Genmuda – Wajah depan internet yang gembira dan penuh gemerlap berbanding terbalik sama bagian belakangnya. Area minim akses itu dipakai sebagai lapak banyak aksi kriminal dan ilegal.

Dikenal dengan nama “Dark Web (DW),” segala situs dan konten di area tersebut gak kelacak sama mesin pencari macam Google atau Bing. Ibarat lokasi rahasia bajak laut, tiap konten DW cuma bisa diakses sama orang yang pernah mengakesnya.

Itu bukan hal istimewa. Soalnya, WordPress selaku platform membuat website juga menyediakan satu tombol khusus supaya web yang bersangkutan gak terdeteksi mesin pencari.

Karena kemisteriusannya itu, banyak angin berhembus bawa kabar nyeremin tentang area yang juga bernama “Invisible Web” itu. Di antara itu semua, 25 kabar ini yang telah teruji kebenarannya.

25. Dark Web lain dari Deep Web

Jangan kebalik antara Deep Web dengan Dark Web ya, gaes. Meski keduanya merujuk pada area di internet dengan akses terbatas, Deep Web gak sejahat dark web.

Isi mailbox, area Spotify premium, dan halaman setting atau home media sosial kamu itu termasuk bagian dari Deep Web karena cuma kamu doang yang bisa mengaksesnya. Lain dari Dark Web yang merupakan tempat terjadinya tindak kriminal.

24. Mengandung paling banyak konten

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Penelitian Universitas Stanford 2001-2008 nunjukin, DW mengandung 96% material WWW (website) sementara internet biasa cuma mengandung 4% material WWW.

23. Merupakan pasar yang sibuk

Riset Carnegie Mellon University, 2015 tentang pasar online tak terdeteksi bilang, transaksi kriminal dan barang ilegal di Dark Web mencapai angka 500 ribu dollar AS dalam sehari.

22. Lapaknya narkoba, teroris, dan pembunuh bayaran

Sebagian barang yang dijual-beli di DW merupakan narkoba mulai dari ganja hingga heroin. Situs yang menjualnya, Silk Road dibredel oleh satuan tugas anti narkotika FIB sekitar 2013.

21. Sarangnya para penipu

Namanya juga lapak para kriminal, bersiap aja bertemu penipu. Banyak yang mengaku menyediakan jasa pembunuh bayaran, tapi ujung-ujungnya uang kliennya yang dibawa lari.

20. Pakai mata uang digital

via: Shutterstock
(Sumber: Shutterstock)

Arus mata uang asli bisa dilacak. Itulah sebabnya dark web yang identik sama berbagai tindak kriminal memergunakan mata uang digital macam bitcoin atau jenis lain.

19. Butuh browser khusus

Karena berisi banyak malware dan virus, browser pabrikan macam Chrome, Firefox, Edge, Safari, atau Opera Mini secara otomatis memblokir situs-situs yang termasuk dalam kategori DW.

Bukan maksud menyarankan atau promosi, nih. Tapi, The Onion Router (TOR) Browser termasuk salah satu situs yang bisa mengakses DW.

18. Begitu akses, langsung dilacak

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kamu terlanjur buka Dark Web, kan? Kalo udah, mending langsung keluar sebelum kamu digerebek FBI atau satuan tugas cyber crime di Indonesia. Soalnya, FBI punya cara mendeteksi alamat IP komputer yang mengakses DW.

Karena banyak diisi kriminal, alamat IP pengakses DW bakalan terus dipantau sampai terbukti pengaksesnya gak punya niat buruk.

17. Tempat bersemayamnya ISIS

Bukan rahasia lagi ISIS banyak merekrut dan nyebar pengaruh lewat internet. Aktivitas terbanyaknya dilakuin di dark web, gaes. Itulah sebabnya lembaga keamanan AS, NSA punya software buat melacak identitas pengakses DW.

16. Lapak jual-beli kartu kredit curian

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kartu kredit yang berhasil dicuri atau dibobol banyak dijual-beli di DW, berdasarkan penelusuran Vice.com, 2016. Buat memaksimalkan untung, kartu kredit itu juga bisa dihabisin limitnya buat beli voucher belanja untuk dijual lagi di internet biasa.

15. Ada tutorial post-apocalypse

Situs bernama Strategic Intelligence Network di DW menyediakan banyak tutorial dalam menghadapi berbagai situasi krisis, mulai dari kerusuhan bersenjata hingga perang antar negara.

14. Jualan identitas palsu

Agen mata-mata Israel mendeteksi bahwa pengguna DW juga memperjual-belikan sertifikat, ijazah, paspor, bahkan keseluruhan identitas palsu. Mencengankannya, harga barang itu gak lebih mahal ketimbang ponsel.

13. Jualan sperma

Dua warga Inggris tertangkap basah jualan sperma mereka kepada pasangan suami istri yang pengen banget punya anak. Padahal, sperma mereka belum teruji secara klinis. Namun, mereka udah meraup untung sebesar 330 ribu dollar AS.

12. Tempatnya human traficking

Sejumlah website di DW bahkan dengan tega memperjualbelikan manusia berdasarkan penelusuran, Motherboard, 2015. Lebih mirisnya, ada web yang memperlihatkan proses penculikan, penjualan, dan pelelangan manusia itu.

11. Jual-beli arwah

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Lebih gilanya lagi, bahkan arwah anak kecil pun diperjual-belikan lewat DW. Arwah itu dipercaya bisa bikin orang lebih beruntung atau malah merasa selalu berada di sisi anaknya.

10. Jual-beli senjata api

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Bukan cuma pistol laras pendek berisi 5 sampai 6 peluru, situs di DW bahkan jual pistol otomatis sekelas AK-47 lengkap dengan magazin dan pelurunya. Tentu saja senpi itu ilegal berdasarkan penelusuran Cnet.

9. Jualan tontonan sadis

via vice.com
(Sumber: vice.com)

Website Cruel Onion Wiki menyediakan tontonan berupa cewek membunuh hewan-hewan kecil dengan cara sadis. Hewan yang telah jadi korban di antaranya adalah anak kucing, kelinci, bahkan anak anjing.

8. Jualan tontonan penyiksaan

Situs “Red Room” lebih sadis. Di sana kamu bakal disuguhi video penyiksaan orang.

7. Tempat pedofilia

Di Dark Web juga kamu bisa temui website pedofilia, alias websitenya orang-orang dewasa dengan kelainan seksual yang membuat mereka suka anak di bawah umur.

Peter Scully, salah satu pedofil membuat website tempat dia menjual tontonan aksi pedofilnya seharga 10 ribu dollar AS. Doi ditangkap pada 2017 dan diadili di Filipina.

6. Jual-beli organ tubuh manusia

Organ asli, organ buatan, bahkan organ rampasan pun dijual-beli di DW.

5. Jual-beli darah

Entah untuk kebutuhan apa, tapi ada website di DW yang jual-beli darah.

4. Jual-beli EMP Generator

via YouTube
(Sumber: YouTube)

Selama ini, Electro Magnetic Pulse Generator (EMP-G) cuma muncul di film dan game action. Alat itu bisa mengeluarkan gelombang elektromagnetik sehingga alat elektronik di dekatnya kehilangan fungsi. Alat itu dijual di DW.

3. Minyak mentah dijual kayak jual ponsel

Kamu pasti pernah dengar ISIS menguasai tambang minyak dan menjual minyaknya. Siapa yang beli dan di mana dijualnya? Jawabnya ada di dark web.

ISIS menjual minyak mentah dalam kemasan barel di DW layaknya para koruptor-koruptor di perusahaan pertambangan minyak.

2. Jualan Uranium

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Tau gak apa itu uranium? Itu adalah mineral langka sekaligus bahan utama membuat nuklir.

1. Data pribadi kamu juga dijual

Berani masuk ke dark web, maka kamu harus berani menanggung risiko ditempelin hacker, malware, dan virus yang mencuri data pribadi kamu untuk dijual. Jadi jangan sekali-kali mencobanya ya.

Artikel di atas tentunya bisa jadi informasi penting dan ngajarin kamu mencoba masuk ke DW. Genmuda.com percaya kamu bisa ngebedain mana yang baik dan yang salah secara bijaksana. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.