Selasa, 22 Oktober 2019

Genmuda – Manga menjadi budaya Jepang yang hampir dikenal di seluruh dunia. Mulai dari era Kung Boy, Dragon Ball hingga One Piece, pembaca manga bisa dibilang engga pernah ada matinya. Bahkan turunan dari adaptasi manga selalu mendapatkan tempat di hati pengemarnya.

Indonesia pun gak luput dari ekspansi manga ke penjuru dunia. Gak cuma itu aja gengs, sejumlah tempat dan serba-serbi tentang Indonesia juga turut menginspirasi para mangaka untuk melahirkan ide kreatif mereka.

Barangkali lo belum tau, berikut Genmuda.com kasih tau sejumlah serba-serbi Indonesia yang pernah masuk sebagai ide cerita, tokoh, hingga latar gambar manga. Yuk, cekidot!

Bali di “Dragon Ball”

Pecinta Dragon Ball pasti familiar dengan latar dari turnamen Tenkaichi Budokai. Tanpa banyak orang tau ternyata turnamen untuk mencari petarung paling hebat di seluruh dunia ini diselenggarakan di Bali. Meski Akira Toriyama emang gak menyebutnya terang-terangan karena diganti dengan nama Papaya Island. Tapi kalo kamu perhatikan dari gapura hingga nama toko di cerita ini semuanya dekat dengan unsur budaya Bali.

Taufik Hidayat di “Smash”

Komik karya Saki Kaori ini menceritakan seorang anak laki-laki bernama Shouta Azuma yang ngebet banget buat jadi pebulutangkis handal. Pada volume 17 chapter 159 sosok Taufik Hidayat digambarkan sebagia jago bulu tangkis asal Indonesia dengan pukulan backhand yang mematikan. Keren kan?

Irian Jaya hingga Pangeran Jayabaya di “One Piece”

Kata Jaya mungkin familiar buat orang Indonesia. Nama itu diduga terinspirasi oleh pulau Irian Jaya di Indonesia yang menyimpan tambang emas, sama seperti di cerita manganya. Walau agak dicampur dengan budaya suku Inca, namun dari segi latar, istilah mantra, sampai Southbird, –yang mirip burung rangkong di Kalimantan, semuanya dekat dengan budaya Indonesia.

Selain itu, ada pula teori yang menyebut bahwa Joyboy di One Piece terinspirasi oleh Raja Jayabaya, atau yang disebut Joyoboyo dalam bahasa Jawa. Belum lagi Jayabaya juga menuliskan ramalan akan kejatuhan kerjaannya lewat buku yang mirip dengan Joyboy dengan bantuan Poneglyph. Terinspirasi atau cuma kebetulan?

Tempe di “Shokugeki No Souma”

Manga yang baru tamat bulan Agustus kemarin ini mengangkat tema kuliner sebagai ceritanya. Tempe menjadi kuliner asli Indonesia dimana karakter utamanya Yukihira, sedang bertanding dengan ayahnya. Disebutkan pula jika tempe berasal dari Indonesia, serta sudah ada sejak 400 tahun yang lalu.

Taman Sari di “One Punch-Man”

Saat membaca manga One Punch-Man chapter 115 pembaca Indonesia udah bisa paham kalo tempat asosiasi monster yang ditelusuri oleh Saitama terinspirasi oleh objek wisata Taman Sari di Yogyakarta. Mulai dari gambar lorong sampai anak tangganya semua tampak persis dengan interior masjid bawah tanah di Taman Sari.

Comments

comments