Minggu, 22 Oktober 2017
National[IS]me

Selain Sama-sama Pakai Masker, Ini 8 Persamaan Setya Novanto dengan ‘Bane’ Musuh Terberat Batman

via Istimewa(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Kamu tau kan foto Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) terkapar di ranjang rumah sakit? Itu, loh, sebuah foto yang sempat viral, di internet lalu berubah jadi meme. Foto yang kemudian banjir aneka komentar.

Salah satu komentarnya kan ada yang ngaco bilang Setnov mirip banget Bane musuh Batman di film “The Dark Knight Rises” (2012). Keduanya sakit berat. Luka Bane gara-gara dikeroyok di penjara The Pit engga bisa sembuh.

Sementara itu, Setnov dirawat di RS Premier Jatinegara Jakarta Timur atas diagnosis sakit sinus, vertigo, jantung, dan bertambah lagi penyakitnya dengan kemunculan tumor di tenggorokan.

Masker dan pengobatan merupakan penopang hidup keduanya saat ini. Makanya, gak heran ada yang bilang keduanya mirip. Setelah Genmuda.com telisik, ternyata kemiripannya gak berhenti sampe situ, loh. Nih, baca aja kalo kamu masih penasaran.

1. Pengikutnya banyak

via Istimewa
Adegan Bane (Tom Hardy) lagi berpidato di depan pengikutnya untuk memulai revolusi. (Sumber: Istimewa)

Ratusan bahkan ribuan orang jadi pengikut setia Bane dan menjalankan segala misi-misinya. Kalo Kawan Muda inget adegan pertempuran siang bolong di film “The Dark Knight,” jumlah pengikut Bane banyak banget, tuh.

Novanto pun merupakan pemimpin massa seperti itu. Secara, doi kan menjabat Ketua Umum Partai Golkar. Partai kuning berlambang beringin itu menempati posisi kedua terbesar pada Pemilihan Legistlatif 2014 dengan perolehan 18,43 juta suara.

2. Punya kekuasaan politis terbilang besar

Bane gak cuma menguasai simpati sejumlah kelompok warga Gotham City, melainkan juga pada level politik pemerintahan. Saat “Revolusi” terjadi, semua pejabat negara, bahkan polisi sekalipun tunduk kepada Bane.

Kekuatan Setnov gak bisa dibilang kecil juga. Selain mengetuai Partai Golkar, beliau kan juga duduk di bangku Ketua DPR RI. Tapi, sekarang sih beliau lagi gak duduk karena sedang terbaring sakit di RS Premier.

3. Terlihat deket dengan pengusaha sukses

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Adegan “Perampokan Wall Street” nunjukin Bane kayak menjalakan kejahatan demi seorang pengusaha tajir-melintir yang pengen kuasai Wayne Enterprise. Namun, Bane malah mengakhiri nyawa pengusaha itu dan ngambil aset Wayne Enterprise untuk kelompoknya.

Setya Novanto pun dikabarkan deket sama Donald Trump. Malah, beliau sendiri yang bilang dekat dengan pengusaha real estate yang kini jadi Presiden AS itu. Jamannya Trump kampanye, Setnov juga hadir dalam salah satu sesi kampanye di AS, loh.

4. Sama-sama diduga bersalah

“Revolusi Bane” dianggap Batman dan rekan-rekannya sebagai sebuah kejahatan besar terhadap Gotham City. Namun demikian, kejahatan itu gak bisa terbuktikan secara hukum. Saat Revolusi, sistem pengadilannya dikuasai secara serampangan oleh Dr Crane/Scarecrow, musuh Batman.

Setnov pun diduga bersalah karena terlibat kasus korupsi KTP elektronik (KTP-el). Ketua KPK bilang, Setnov diduga mengatur agar anggaran proyek KTP-el senilai 5,9 triliun rupiah disetujui DPR. Dari uang itu, Setnov diduga dapet uang korupsi sebesar  574.200.000.000 rupiah.

5. Bebas dari penangkapan

Mari kembali ke peristiwa “Perampokan Wallstreet.” Kepungan puluhan polisi engga berarti apapun saat Bane melancarkan aslinya. Kepala geng kriminal itu kabur dari kejaran polisi di siang bolong dan hilang tanpa jejak.

Setnov punya cerita lain. Beliau ditetapkan KPK sebagai tersangka korupsi KTP-el, 17 Juli lalu. Namun demikian, Hakim Cepi Iskandar menggugurkan status tersebut, sehingga Setnov kini kembali jadi warga biasa.

Itu bukan kali pertama Setnov lolos dari status kriminal. Beliau tersangkut kasus perpanjangan kontrak PT Freeport “Papa Minta Saham” (2015) dan sejumlah kasus lainnya yang bisa kamu perhatiin sendiri di sini.

6. Jadi legend

via collider.com
Bane memojokkan Batman (Christian Bale). (Sumber: collider.com)

Bane satu-satunya manusia yang bisa ngancurin Batman sehancur-hancurnya. Dia matahin tulang punggung Batman hingga lumpuh sementara. Namun demikian, Bane gagal matahin semangat Batman untuk bangkit lagi demi Gotham City.

Setnov juga sama legend-nya. Kegesitan beliau lepas dari berbagai jeratan hukum bikin netijen menyebutnya sakti. Maka, muncullah meme macam “Setya Novanto sakit tumor, tumornya yang masuk rumah sakit” atau “Setya novanto kehujanan, hujannya yang basah.” Macam itu, lah.

7. Sama-sama dicegah berplesir

Meski kekuasaan Bane besar, ruang gerak doi dan anggota gengnya terbatas. Pemerintah memutus segala akses dari dan ke Gotham City supaya Bane gak bisa kabur. Kalo Gotham hancur, Bane harus hancur di dalamnya juga.

Setya Novanto pun dilarang angkat kaki dari Indonesia. Terhitung sejak April 2017, Ketua DPR yang tersangkut kasus KTP-el dilarang pergi ke negara lain. Peraturan itu berlaku selama enam bulan.

8. Sama-sama dicengin

via pinterest.com
(Sumber: pinterest.com)

Sebelum nunjukin kebengisannya pada Gotham City, Bane termasuk pihak yang dicengin. Badannya yang besar dan kerjaannya yang kasar bikin para pengusaha jahat yang pengen menguasai Wayne Enterprise menganggapnya sebagai kacung.

Setnov juga termasuk pihak yang dicengin. Waktu beliau masuk rumah sakit, foto beliau terkapar jadi meme yang berserakan. Sekarang, ketika beliau lepas dari status tersangka, netijen pada kicep.

Gak ada hubungannya (Sumpah!), tapi Genmuda.com jadi inget quotes dari Bane. Katanya, “It doesn’t matter who we are. What matters is our plan.” Dah. Gitu aja. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.