Selasa, 17 Juli 2018

Genmuda – Kehebatan industri Indonesia diam-diam diakui dunia loh, gaes. Walau brand Tanah Air terbilang sulit bersaing sama brand internasional, industri dalam negeri Indonesia ternyata diminati.

Brand asing yang katanya “produk impor” pun memproduksi barangnya di Indonesia. Salah satunya adalah Mantel Super Junior yang dijual di Super Market, acara homeshopping yang menjual brand band K-Pop asuhan SM Entertainment itu.

Kemunculan tulisan “Made in Indonesia” pada label mantel itu jelas mencuri perhatian media dan netizen. Engga usah kaget juga, keleus. Selain mantelnya Super Junior, brand internasional ini juga memproduksi item di Indonesia dengan para pekerja lokal, kok.

1. Jas Donald Trump

via buzzfeed.com
(Sumber: buzzfeed.com)

Presiden AS, Donald Trump punya brand jas yang digadang sebagai produk asli Amerika. Padahal, di balik kerah jas itu tertempel label bertuliskan “Made in Indonesia” dengan huruf formal tebal yang pasti terlihat.

2. Nike

©Genmuda.com/2017 Liki
©Genmuda.com/2017 Liki

Brand yang hobi mengadakan sale dan acara diskon gede-gedeannya bikin semacam zombie apocalypse ini ternyata bikin sepatunya di Pabrik Adis Dimension Footwear Tangerang. Pabrik itu punya kapasitas produksi sekitar 20 juta pasang sepatu per tahun.

3. Rotelli

via centralindonesia.co.id
(Sumber: centralindonesia.co.id)

Brand fashion asal Italia ini ngasih kesan mevvah. Sejumlah sosialita memburunya hingga ke Italia. Mereka engga paham aja kalo barang-barang Rotelli, termasuk Eram, Geox, juga Dan Marini Marco tuh diproduksi di Pabrik Karyamitra Budisentosa Pasuruan, Jawa Timur.

4. H&M

via WALL STREET JOURNAL
(Sumber: WALL STREET JOURNAL)

Yup. Baju gaul nan edgy yang kamu beli dari H&M itu engga lain engga bukan adalah buatan Indonesia, lebih tepatnya buatan Pabrik Sritex di Solo, Jawa Tengah. Pabrik besar itu juga memproduksi produk buat brand fashion lain.

5. Guess

via GUESS
(Sumber: GUESS)

Sebelum H&M masuk Indonesia, Guess udah duluan kerjasama dengan Pabrik Sritex.

6. Uniqlo

via medium.com
(Sumber: medium.com)

Brand Jepang yang baru-baru ini masuk Indonesia hampir bersamaan dengan brand AEON dan MINISO ini juga memproduksi segala apparel di Pabrik Sritex loh, gaes.

7. Express

via pinterest
(Sumber: Pinterest)

Brand fashion cewek dewasa yang juga ngejual buat para pemilik badan plus size ini ternyata memproduksi berbagai fashion item lewat Pabrik Pan Brothers. Meski nama pabriknya Inggris banget, jangan salah. Itu adalah pabrik textil di Tangerang.

8. Hollister

via liverpoolecho.co.uk
(Sumber: liverpoolecho.co.uk)

Brand asal California, Amerika Serikat ini juga engga jauh beda. Produk-produk yang dijual di Indonesia ternyata buatan Pabrik Pan Brothers.

9. Ikea

via inhabitat.com
(Sumber: inhabitat.com)

Katanya brand Swedia, tapi segala produk tekstil rumahan yang dijual di Ikea Indonesia tuh juga dibuat di Pabrik Pan Brothers.

10. Prada, Ralph Lauren, Brook Brothers, Lacoste, Next

via butterboom.com
(Sumber: butterboom.com)

Satu grup sama Pan Brothers, Hollit International lah yang memproduksi beragam fashion item buat brand-brand besar yang kesannya elit.

Tuh, gaes. Itulah banyak banget produk yang ternyata memproduksi fashion itemnya di pabrik dalam negeri. Makanya, cintailah produk dalam negeri sebelum keistimewaan itu diclaim negara asing. #HAZEEK!

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.