Rabu, 18 September 2019

Genmuda – Postur badan yang bagus terbukti bikin orang makin terlihat cakep, baik itu cowok ataupun cewek. Namun, postur badan yang oke menurut para ahli tuh sama sekali engga ada hubungannya dengan nambahin massa otot, ngurangin lemak, atau bikin perut makin sixpack.

Badan tegap dan body language positif ternyata jadi kunci utamanya. Perhatiin deh Taylor Swift atau artis-artis lain yang difoto candid oleh paparazzi tanpa persiapan. Pasti kebanyakan keliatan madesu. Padahal tampang mereka aduhai banget kalo lagi sesi pemotretan. Kenapa begitu? Karena mereka engga tegap, tersenyum, apa lagi semangat waktu difoto candid.

Nah, selain bikin kamu makin ganteng dan cantik, punggung tegap itu punya banyak manfaatnya buat kondisi psikologis dan fisikmu. Berikut ini manfaatnya menurut studi dan para ahli dari Amerika Serikat. Cekidot, boys and girls!

1. Lebih dominan

National Geographic pernah bikin eksperimen dalam acara Brain Games yang menyimpulkan kalo body language seseorang sangat mempengaruhi karakter kepemimpinannya. Posisi badan berdiri tegap sambil bertolak pinggang tuh jadi posisi paling dominan yang bikin orang keliatan gahar. Bukan hanya itu, posisi itu juga bikin otak ngerasa kamu emang pemimpin sebenarnya.

2. Makin percaya diri

Selain itu, postur tubuh yang baik bisa mendongkrak kepercayaan diri. Meski kamu bawaannya engga pede, coba deh kamu berdiri tegap, chin-up, dan pura-pura pede aja. Nanti kepercayaan diri itu bakal datang sendirinya. Lebih kurang, begitu kata Richard Petty, profesor psikologi Universitas Ohio AS, seperti dikutip fastcompany, (30/1/2015). ‘Fake it ‘till you make it.’

3. Termotivasi

Kamu pernah penasaran engga soal alasan para peserta training motivasi tuh sering disuruh senyum dan ngelakuin gerakan tertentu? Ternyata alasannya di luar dugaan loh. Dengan melakukan suatu gerakan atau ekspresi, psikologis seseorang bakal menyesuaikan dengan gerakan itu.

Misalnya kamu loncat kegirangan, maka kondisi psikologismu bakal ngerasa kamu habis memenangkan sesuatu. Kalo ekspresi kamu bersemangat dan tersenyum, maka mood kamu pun bakal jadi seperti itu. Pendapat itu telah didukung oleh penelitian John H Riskind dan Carolyn C Gotay yang terbit di Jurnal Motivation and Emotion, tahun 1982.

4. Lebih girang

Selain itu, kamu pun bakal merasa lebih gembira dengan berpostur bagus. “Dengan berdiri tegap, kamu bakal tersenyum. Begitu pula sebaliknya. Dengan kata lain, posisi tubuh seseorang juga bisa mempengaruhi perasaan,” kata Mark Reinecke, psikolog Northwestern University Amerika Serikat, seperti dikutip WGNTV, (10/2).

5. Bebas stres

Mark Reinecke juga bilang kalo orang yang berdiri atau duduk dengan punggung tegap bisa terhindar dari stres. Sebab, posisi itu merangsang tubuh buat mengurangi hormon pemicu stres. Mungkin, itulah sebabnya olahragawan yang tegap-tegap itu selalu optimis tiap bertanding.

6. Perkuat ingatan

Dalam eksperimen lain, Erik Peper, peneliti Universitas San Francisco AS bilang bahwa postur tubuh yang baik ketika duduk dan berdiri bisa meningkatkan arus darah ke otak. Otak makin banyak menerima oksigen hingga 40% daripada saat tubuh bungkuk. Menurut Peper, itu bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengingat.

7. Hilangkan sakit kepala

Menurut penelitian yang dipublikasi lewat Medical Daily, 24 Juni 2014, orang yang beraktivitas dengan postur badan yang baik bisa mengurangi sakit kepala hingga 41% dan sakit bahu hingg 43%. Selain itu, mereka juga mengurangi 51% suplemen yang dipakai buat mengurangi sakit bahu dan kepala.

8. Pencernaan lancar

Mengutip Steven Weiniger, penulis buku ‘Stand Taller – Live Longer,’ situs Medical Daily juga bilang kalo posisi bungkuk bikin usus berlipat-lipat. “Itu membuat kerja usus makin lambat,” tulis Steven di bukunya. Kamu pun bisa terhindar dari sembelit, maag, bahkan sakit perut.

See? Banyak kan manfaatnya. Mungkin karena itulah para artis yang punya bentuk badan bagus selalu keliatan bahagia dan hidup tanpa beban. Kamu pun bisa jadi makin cakep dan sehat dengan badan tegap. So, pastiin badan kamu tegap kalo lagi pedekate atau presentasi di depan kelas. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.