Senin, 20 Mei 2019

Genmuda – Terasa atau engga, bulan puasa ternyata mengubah kebiasaan manusia. Wajar sih, soalnya selama sebulan itu orang-orang di Indonesia menyesuaikan diri dengan kehidupan ramadhan.

Sebagian orang ada yang makin religius setelah Ramadhan. Namun, efek bulan puasa bukan cuma itu. Berikut ini adalah efek perubahan pola yang dirasakan orang-orang Indonesia.

1. Keuangan

Selama bulan puasa, warga Indonesia dimanjakan berbagai diskon, mulai dari makanan hingga fashion. Bahkan harga daging pun diatur supaya engga lebih dari 100 ribu rupiah perkilogramnya (meski kayak mission impossible).

Udah gitu, Kawan Muda yang kerja dapat gaji ketigabelas dalam bentuk THR, baik dari kantor atau keluarga. Segala hal yang memanjakan itu engga bakal ditemui lagi setelah Ramadhan berakhir. Kamu pun perlu biasain diri dengan perekonomian normal.

2. Jam kerja

(Sumber: Istimewa)

Sebagian besar instansi di Indonesia ikutan juga mengubah jadwal kegiatan hariannya. Biasanya sih instansi-instansi pada menyelesaikan kegiatannya lebih cepat supaya orang-orang kebagian berbuka di rumah. Namun, jadwal memulai kegiatannya pun dipercepat biar engga rugi jam kerja banget. Wajar kok. Berhubung bulan puasa udah berakhir, atasan kamu pun engga bakal terima alesan kalo kerjaan kamu jelek.

3. Berat badan

Buat sebagian orang, bulan puasa bikin badan makin langsing dan fit. Namun, banyak juga yang malah jadi Lebar(an). Salah satu sebabnya jelas kebanyakan mengonsumsi gula sejak berbuka puasa. Kembaliin aja pola makan seperti biasa supaya berat kamu stabil lagi. Kalo mau mengurangi berat, tinggal kurangi gula dan karbohidrat tiap hari. Inget yang manis belum tentu setia loh buat hidup kamu. #eyaa..

4. Pertemanan

via: Instagram/adrianiseptianti
(Sumber: Instagram)

Pola pertemanan juga bisa berubah karena bulan puasa. Berhubung bulan puasa sering diisi dengan buka berasama temen-temen lama, kamu pun bisa jadi lebih akrab dengan temen lama, atau malah mengakrabkan diri dengan orang yang sebelumnya sama sekali engga deket sama kamu. Buat anak muda kekinian, networking yang makin luas itu bener-bener dibutuhin dalam menghadapi realita dan dunia kerja.

5. Pola tidur

Kebiasaan bangun sahur mau engga mau bikin orang yang berpuasa mengubah pola tidurnya. Ada yang malah begadang dan tidurdi siang hari, ada pula yang tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi. Berhubung bulan puasa udah berakhir dan jam kerja kembali normal, kamu perlu biasakan kembali tidur dengan kebiasaan lamamu.

6. Asmara

(Sumber: Tumblr)

Mau engga mau, pola hubungan asmara pun bisa berubah karena bulan puasa. Sebagian orang yang berpuasa biasanya menahan nafsu diri buat keseringan pacaran dan kebiasaan itu bisa terbawa hingga bulan-bulan selanjutnya. Positifnya bisa jadi ajang evaluasi, negatifnya pas udah dievaluasi ternyata engga sejalan. Kasihan.*puk-puk. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.