Minggu, 26 Mei 2019

Genmuda – Sejak Senin (10/10), netizen Indonesia dihebohin sama yang namanya Permen Jari. Sebuah pesan berantai (broadcast) di medsos bilang kalo permen itu bikin seorang anak kelelahan berat, ulu hati mereka sakit, bahkan sampe tidur 2 hari berturut-turut.

Tim promosi Permen Jari, Dewa ngebantah pesan berantai itu waktu dimintai keterangan sama detik.com, Selasa (11/10). Doi bilang permen buatan timnya udah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Nomor pendaftarannya adalah ML 824409085492.

Artinya permen itu udah lolos sederetan uji kelayakan BPOM. Tapi pihak BPOM tetep mengetes ulang permen yang beredar di pasaran. Hasilnya, permennya sama sekali engga mengandung narkoba alias hoax.

Eniwei, kabar hoax kayak gitu sebenarnya engga terjadi cuma sekali dua kali aja loh di Indonesia. Engga percaya? Nih hoax-hoax lain yang pernah bikin heboh masyarakat Indonesia.

1. Vaksinasi bikin autis

via mercola.com

Ini adalah kabar yang bikin para orang tua murid panik. Genmuda.com sendiri baru nerima pesan berantai kayak gini, Selasa (11/10) lalu. Pesannya bilang kalo vaksinasi Hepatitis B bisa bikin anak bayi di bawah 5 tahun kena Autism Spectrum Disorder (ASD).

Penyebab utamanya adalah zat pengawet vaksin yang terbuat dari senyawa merkuri bernama Thimerosal. You know what? Pastinya Thimerosal engga ada hubungannya sama ASD. Kesimpulan itu diungkapin Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat di situsnya setelah menguji vaksinnya 9 kali.

Justru kalo engga dikasih vaksin nyawa balita jadi rentan banget. Rasmaliah, Dosen Pendidikan Epidemiologi Universitas Sumatera Utara pernah nulis jurnal penelitian yang bilang kalo 90% balita rentan banget kena Hepatitis B.

2. Ada orang sakti bisa menggandakan uang

via Google PlayStore
Dimas Kanjeng sekarang ada gamenya. (Sumber: Google PlayStore)

Kawan Muda udah tau deh pasti ceritanya Dimas Kanjeng Taat Pribadi. Pria itu mengaku bisa menggandakan uang, harta, emas, dan perhiasan dengan sebuah ritual. Dia ngebangun sebuah padepokan yang ternyata bisa punya pengikut hingga dari seluruh Indonesia.

Hingga kini, Polisi emang belum bisa ngebuktiin cara Dimas Kanjeng menggandakan uang. Tapi, masalah hukumnya kan bukan itu. Kalo emang doi beneran bisa menggandakan uang, doi melanggar peraturan yang bilang kalo uang Rupiah cuma bisa dicetak dan diedarkan Bank Indonesia.

Kalo ternyata ilmunya terbukti hoax, doi tetp kena hukum karena menipu ribuan pengikutnya. FYI, kalo mau masuk jadi anggotanya padepokannya tuh seseorang perlu bayar loh, gaes. Ada yang bayar 1 juta; 1,5 juta; bahkan sampai miliaran. Belum lagi, doi jadi tersangka pembunuhan dua pengikutnya yang mau ngebocorin hoax-nya.

3. Penampakan awan berdoa saat Ustad Jefri Al Buchori wafat

via Genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Materi ceramah yang ngena dan karismanya Ustad Jerfi (Uje) bikin almarhum jadi penceramah kondang di tahun 2010-an. Belum lagi, materi cermahnya tuh bener-bener dipraktekin di kehidupan sehari-harinya. Karena itu, kabar wafatnya Uje, Jumat dini hari 26 April 2013 bikin orang Indonesia terkejut. Beberapa menit setelahnya, tersebar kabar kalo ada awan berbentuk orang berdoa waktu Uje dimakamkan.

Kayaknya emang pantes banget alam ikut mendoakan kepergian ustad itu. Tapi sayang kabarnya terbukti hoax, gaes. Foto itu udah diunggah beberapa bulan sebelum kepergian Uje. Misalnya aja waktu akun allucardboy ngerepost foto itu di Kaskus, 2 April 2013.

4. Ular raksasa di Pedalaman Kalimantan

via viatekno.com
(Sumber: viatekno.com)

Kabar ini bukan cuma heboh di Indonesia, tapi juga di Inggris. Koran Telegraph di London, 2009 lalu ngabarin kalo ada ular besar berenang di tengah sungai Baleh, Kalimantan. Kata korannya, foto itu diambil pakai helikopter yang lagi melintasi daerah hutan. Fotonya pun viral di Internet.

Setelah para netizen menelusuri, baru ketauan kalo itu cuma hoax. Ternyata ularnya engga ada. Udah gitu, hutannya juga bukan hutan di Kalimantan, melainkan hutan di Kongo, Afrika. Yah elah. Jauh banget kan dari Afrika ke Indonesia.

5. Awan bentuk naga di langit Ciawi

via detik.com
(Sumber: Detik.com)

Waktu langit Ciawi, Jawa Barat lagi mendung-mendungnya di akhir 2012, muncul foto yang nunjukin ada awan berbentuk naga di langit. Naganya mirip kayak Dewa Shenlong di kartun ‘Dragon Ball.’ Gambar itu bikin heboh netizen. Udah pasti.

Tapi, warga Ciawi justru ngerasa biasa aja. Detik.com waktu itu langsung menginvestigasi ulang dan akhirnya nemuin kalo foto itu hasil Sotosop doang.

Yup, itu tadi 5 kabar berantai yang sempat menghebohkan netizen Indonesia. Pesan moral dari semua kasus tersebut, cermati dulu info-info kayak gitu supaya engga gampang kejebak dan bikin sesat pikir. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.