Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Prestasi sejumlah artis Indonesia di kancah internasional makin hari kayaknya makin keren aja nih, Kawan Muda. Hal itu pun antara lain udah berhasil dibuktiin oleh artis muda cantik nan berbakat, Cinta Laura.

Di awal kemunculannya di industri hiburan Tanah Air, Cinlau memang cenderung lebih dikenal lewat gaya bicaranya yang cukup unik, yang tercermin lewat kalimat “Mana ujan, becek, engga ada ojek”. Hingga seiring berjalannya waktu, kini doi justru lebih dikenal lewat berbagai pencapaian yang mampu diraihnya dari nol, khususnya sejak doi hijrah dan ngelebarin sayap ke Amerika.

Baru-baru ini aja misalnya, Cinlau udah ngedapetin peran di sebuah film Hollywood yang berjudul ‘The Ninth Passenger’. Walau bukan peran utama, seengganya itu bukanlah pencapaian yang mudah buat doi sebagai seorang pendatang baru di industri film Negeri Paman Sam.

Bukan cuma itu, terlepas dari berbagai pencapaian dan prestasinya di industri huburan, Cinlau juga masih tetap ngutamain pendidikannya. Di tahun 2014 yang lalu, doi lulus dari jurusan Psikologi dan Sastra Jerman Universitas Columbia, New York dengan gelar kehormatan cum laude. Engga tanggung-tanggung, doi ngeraih dua gelar sarjana itu sekaligus cuma dalam waktu tiga tahun loh!

Namun demikian, selain Cinlau masih ada pula sejumlah artis cewek lainnya yang prestasi internasionalnya engga kalah keren, baik dari bidang karir maupun pendidikan. Berikut ini Genmuda.com rangkumin 5 di antaranya, yang dijamin bakal bikin kamu salut banget:

1. Maudy Ayunda

Cantik di luar, cantik di dalam. Artis 21 tahun yang pernah jadi pembicara termuda di sebuah forum ekonomi global ini baru aja lulus dari Oxford University setelah nempuh pendidikan selama kurang lebih tiga tahun. Doi sebenarnya juga keterima di Columbia University, Brown University, dan NYU, tapi akhirnya mantap buat ngambil jurusan PPE alias Philosophy, Politics, and Economics di Oxford. Menariknya, di sela-sela kuliah di Inggris yang nun jauh di sana itu, doi sempat balik ke Indonesia buat ngerilis album ‘Moments’ di 2015. Doi pun berencana buat lanjut S2 dalam beberapa tahun ke depan.

2. Gita Gutawa

Master's degree ☑️ #justgraduated #S2 #IsurvivedLSE #LSEgraduation #LSEClassof2015 #LPDP

A post shared by Gita Gutawa (@gitagut) on

Di tahun 2008 yang lalu, putri dari komponis Erwin Gutawa ini sempat ngejuarain Festival Lagu Internasional Nile Children ke-6 di Kairo, Mesir. Di tahun yang sama, doi juga ikutan sebuah ajang festival lagu lainnya di Italia. Meski begitu, prestasi doi di luar negeri engga cuma di bidang musik aja. Di bidang pendidikan, doi berhasil keterima di jurusan Ekonomi University of Birmingham, Inggris dan dapat beasiswa S2 di London School of Economics (udah lulus pula!). Bahkan, sama kayak Maudy, karir dan pendidikannya tetap berjalan beriringan.

3. Agnez Mo

Paris… #AGNEZMO

A post shared by AGNEZ MO (@agnezmo) on

Ngomongin go international, kurang afdol rasanya kalau belum ngomongin artis yang satu ini. Dengan bakat luar biasa, tekad kuat, dan disiplin tinggi, doi akhirnya bertolak ke Amerika buat ngejar karir internasionalnya. Sejauh ini, doi pernah jadi pembawa acara karpet merah American Music Awards, duet bareng penyanyi Christian Chávez dan Michael Bolton, ngeraih nominasi dan menangin beberapa penghargaan internasional, sekaligus kerjasama bareng produser dan rapper Timbaland. Kira-kira bakal ada kejutan apa lagi ya dari doi? Well, kita tunggu aja deh, Kawan Muda!

4. Sherina Munaf

https://instagram.com/p/BDF1nPPJ1BM/?taken-by=sherinasinna&hl=en

Karir dan prestasi internasional aktris, penyanyi, dan penulis lagu ini bisa dibilang udah dimulai saat doi masih kecil. Berkat perannya di film ‘Petualangan Sherina’, doi nerima penghargaan khusus buat kategori Most Talented Child Artist di Asia Pacific Film Festival 2001. Di tahun yang sama, doi nyanyi ‘I Have A Dream’ bareng Westlife buat penggalangan dana UNICEF. Kemudian, berlanjut ke 2011, doi jadi salah satu delegasi Indonesia di One Young World. Kini, doi udah nyelesain sekolah bahasa Jepang-nya dan siap buat kuliah animasi di Negeri Matahari Terbit itu.

5. Kyla Christie

Kyla Christie (Foto: Genmuda.com/2016 Everlyn)
Kyla Christie (Foto: Genmuda.com/2016 Everlyn)

Nama Kyla mungkin masih belum setenar nama Cinlau atau keempat artis lainnya. Meski begitu, prestasi doi engga kalah gemilang dari mereka kok, Kawan Muda. Tahun lalu aja misalnya, doi udah ngeharumin nama Indonesia di kancah internasional dengan ngeraih 4 medali emas, 1 medali emas juara umum divisi, 1 Industry Award, dan beasiswa di New York Film Academy di ajang World Championships of Performing Arts di Los Angeles, Amerika. Sebelumnya, doi juga ngeraih medali emas di Tournament of Champions, World Scholar’s Cup, di Yale University, Amerika. Usianya baru 15 tahun loh! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer