Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda – Jaman sekarang, ponsel dianggap mirip kayak manusia. Ketika pemiliknya tidur malam, ponselnya dicas di sebelahnya. Harapannya sih, baterai ponsel terisi penuh ketika pagi tapi gak semua sadar kalo ada kemungkinan ponselnya bikin kebakaran atau malah meledak.

Beberapa ponsel emang punya teknologi pengaman yang canggih. Tapi, bukan berarti tidur di sebelah ponsel yang lagi dicas tuh aman-aman aja. Kalo diperhatiin di bawah ini, kamu bakalan mikir dua kali deh sama kebiasaan salah yang sering dilakuin itu.

1. Berbahaya buat kesehatan

via tenor.co

Biar berbagai perusahaan ponsel membantahnya, World Health Organization sekitar 2011 ngajurin untuk mewaspadai sinyal mikro yang keluar-masuk ponsel. Soalnya, sinyal X-Ray itu punya potensi menimbulkan tumor hingga kanker. Bahkan redaksi ABC News Australia nganjurin pembacanya gak tidur dengan kepala dekat ponsel, baik lagi dicas ataupun gak.

2. Ponselnya bikin panas

Ponsel secanggih apapun saat dicas akan ngeluarin panas, walau sebuah sistem penghambat panas udah terpasang. Suhu udara di area sekitar ponsel yang ikutan panas dapat mengakibatkan tidur kamu jadi gak nyaman karena perbedaan suhu.

3. Tergiur liat “sebentar”

via giphy.com

Godaan ponsel emang gak bisa dilawan. Karenanya jangan coba-coba meletakkan ponsel dekat tempat tidur. Bukannya merem, bisa-bisa malah ngecek medsos, komen-komenan, browsing, hingga akhirnya nyasar ke sisi lain YouTube yang aneh-aneh, dan tau-tau matahari udah terbit.

4. Notifikasinya ganggu

Buat yang suka lupa men-silent dan matiin getaran ponsel, notifikasi yang muncul mendadak bisa mengganggu tidur. Kata Dailymail.co.uk, 2014, gangguan ponsel bisa bikin kamu terbangun dan susah tidur lagi, apalagi kalo baru tidur 1,5 – 2 jam setelah pertama kali terlelap. Soalnya, itu adalah waktu kritikal yang bikin orang terlelap lebih pulas atau bangun dan terjaga semalaman.

5. Hilang keseimbangan

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ponsel yang udah di-silent dan dimatiin getarannya juga masih bisa ngeganggu. Layar dan lampu indikatornya bisa tiba-tiba nyala saat masuk notifikasi, baik yang penting ataupun yang gak penting sama sekali. Kalo cahayanya kena mata yang lagi tidur, otak bakal mengira matahari udah terbit. Itulah sebabnya otak suka ngerasa linglung pas bangun tidur.

6. Otak lelah

Bukan cuma bingung, konsentrasi juga hilang karena otak kelelahan. Gimana gak lelah kalo otaknya dipaksa beradaptasi sama ponsel yang terus-terusan bergetar dan nyala sepanjang malam.

7. Susah bangun

via tumblr.com

Ponsel yang ditaro di deket tempat tidur bikin kamu gak perlu banyak usaha buat matiin alarm di pagi hari. Efek sampingnya, kamu matiin alarm tanpa sadar dan tidur lagi. Kalo ponselnya ditaro di jarak yang jauh dari jangkauan kan kamu dipaksa bangun, tuh.

8. Baterai ponselnya gak terisi

via tenor.co

Udah gitu, gerakan yang terjadi tanpa sadar saat tidur bisa bikin kabel charger copot dari ponsel. Males banget kan kalo baterainya belom penuh saat bangun, padahal sebelum tidur udah nyolokin kabel charger.

Kalo kamu masih ngotot tidur di sebelah ponsel yang dicas, Dominic Littlewood, spesialis perlindungan konsumen asal Inggris bilang, “Letakkan ponsel di dalam mangkuk tinggi. Apabila ponselnya memanas dan terbakar, setidaknya api tidak akan melalap kasur,” tuturnya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.