Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Biarpun punya tampang paling cakep sedunia, seseorang bakal ‘turun derajatnya’ kalo punya kepribadian baper dan drama. Orang yang dikit-dikit ngambek dan ngomel engga jelas tentu sulit disukai di ‘tongkrongan’. Sifatnya kadang bikin atmosfer seru yang udah kebangun jadi nge-drop mendadak.

Meski baper itu adalah hal yang manusia, tapi plisss, engga semua orang mudah nerima sifat seperti itu. Terlebih kalo diajak becanda dikit, bawaannya emosi dan drama. Engga suka dong?

Kawan Muda sendiri boleh mengaku punya kepribadian sensitif, namun masih banyak ‘kan cara elegan buat menegur temen yang becandaannya udah kelewatan. Nah, selain baperan aja juga 8 sifat yang rentan membuat penampilan kamu jadi kurang menarik.

1. Mikirin diri sendiri

Sifat seperti ini bisa tercermin dalam banyak hal. Orang yang mikirin diri sendiri engga selamanya masabodo dengan nasib orang lain, atau jadi orang jahat kaya di sinetron. Engga seperti itu. Mereka bisa aja selalu cerita soal dirinya dan engga ngasih kesempatan orang lain curhat. Bisa dibilang itu kayak self-absorbed. So, mulai perbanyak deh tanya kabar temen dan jadi pendengar yang baik buat orang lain.

2. Terlalu memperhatikan fisik

Kalo mau jadi orang yang makin kece, kamu jangan pernah milih-milih temen berdasarkan penampilannya. Males aja kan jadi snob kaya gitu. Meski penampilan fisik seperti bentuk badan dan paras menawan bikin orang pada ngelirik, kepribadian tetep bikin persahabatan kamu langgeng. Supaya kamu punya banyak temen juga, tunjukin aja kepribadian kamu yang menarik jangan modal tampang doang.

3. Terlalu kompetitif

Hidup di dunia emang selalu erat dengan kompetisi. Baik itu dalam urusan nilai terbaik, IPK tertinggi, prestasi terbanyak, bahkan gaji terbesar. Engga seru kan kalo ada temen yang ngasih komentar ‘Gitu doang?’ waktu kamu ceritain prestasi kamu. Biar engga jadi orang yang nyebelin kaya doi, ada baiknya kamu hargai capaian temen kamu meski kecil menurutmu. Karena bagi mereka, mungkin itu hal yang sangat berharga.

4. Temen jadi kayak musuh

Karena punya sifat kompetitif sangat saklek, orang yang nyebelin jadi mandang temen kayak musuh. Mereka engga mau kalah dari temennya dan malah seneng kalo temen celaka. Lebih parahnya, malah ada yang back stab atau saling tikung. Kalo sama temen aja kayak gitu, gimana jadinya kelakuan orang nyebelin ke pesaingnya? Kamu jangan kayak gitu ya.

5. Kamu bossy

Sadar deh kalo orang yang suka ngatur tuh nyebelin. Kalo kamu kayak gitu, berarti kamu pantes ‘ditusuk dari belakang’. Lebih baik sadari dulu kalo kamu dan temen-temen punya suara yang sama. Bukannya persahabatan lebih enak jika dibarengin oleh rasa saling membantu dan menghormati, ketimbang menyuruh dan memaki?

6. Tukang ngibul

Ada banyak alesan orang berucap dusta. Supaya bikin orang terkesan dan menghindari konsekuensi salah satunya. Sejujurnya, temen-temen kamu tuh tau kebohongan yang kamu ucapkan. Malah mereka mungkin sengaja mempermainkan kamu supaya kamu bingung sendiri merangkai cerita ngibulnya. Dan, itu jadi bahan cengan mereka ketika kamu engga ada. Engga mau kayak gitu kan?

7. Engga bisa diandelin tapi suka ngandelin orang lain

Jelas banget orang kayak gini adalah orang egois. Ibarat dagang, orang yang seperti ini cuma mau nerima duit tapi engga mau melayani pembelinya. Paling konsekuensinya digebukin massa. Kalo kamu sering minta bantuan temen, kamu juga perlu aktif bantu mereka dong. Kan supaya adil.

8. Pesimis

Jadi orang yang realistis boleh, asal jangan terlalu pesimis. Kalo kamu selalu melihat tantangan hidup sebagai hambatan, artinya kamu pesimis. Sifat ini tuh bisa menyedot kebahagiaan dan semangat temen-temen kamu loh. Jadi, wajar aja kalo mereka menghindari kamu sewaktu mereka pengen seru-seruan. Coba aja liat anime Jepang kayak Naruto dan Luffy punya banyak temen karena sifat optimis mereka.

Well, itulah 8 karakteristik selain baperan yang bisa bikin derajat kamu turun di mata temen-temen. Mungkin temen kamu engga bakal sampai hati bilang atau mengeritik terang-terangan sih, tapi masa kamu rela bikin temen makan hati gara-gara sikap kamu? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.