Minggu, 24 Juni 2018

Genmuda – Sebelum rasa kepartaian Kawan Muda bergejolak karena baca judul tulisan ini, Genmuda.com mau bikin pernyataan. Tulisan ini dibuat cuma untuk tunjukin simbol dan elemen yang sering diangkat sebagai lambang partai. Bukan untuk menyarankan partainya ganti lambang, ya.

Terus, tulisan ini sengaja cuma membahas partai dari era Orde Baru karena ada salah satu (atau beberapa) partai pada masa sebelum itu yang pasti diperkarain bila dibahas di tulisan ini.

Uniknya, dari masa Kepresidenan Soeharto (almarhum) hingga Pak Joko Widodo ada semacam tren (atau entah apa) yang bikin simbol dan elemen di bawah ini terus dipakai sebagai lambang partai baru, termasuk 14 partai peserta pemilu 2019.

Coba dibaca baik-baik, siapa tau kamu yang anak DKV bisa dapet referensi atau mau kasih saran biar lambangnya gak selalu itu-itu melulu.

1. Burung Garuda

via brainly.co.id
(Sumber: brainly.co.id)

Simbol-simbol burung Garuda pasti selalu muncul. Ada partai yang nampilin kepalanya aja, ada yang kepala sama sayap, ada pula yang mengubah bentuknya dengan desainnya. Secara filosofis, Garuda artinya kejayaan dan kekuatan.

2. Banteng

via detik.net.id
(Sumber: detik.net.id)

Simbol banteng di maknai beragam. Ada partai yang menganggapnya sebagai kedaulatan rakyat, ada pula yang anggap banteng tuh simbol semangat, keberanian, dan kepemudaan. Beberapa partai di Indonesia, sandingkan simbol banteng sama warna merah.

3. Burung merpati

via clipartpanda.com
(Sumber: clipartpanda.com)

Bagi Umat Nasrani, merpati melambangkan kedamaian. Simbol merpati pun sering dipakai partai-partai yang punya berbasis Nasrani.

4. Ka’bah

via tribunnews.com
(Sumber: tribunnews.com)

Partai berideologi Islam juga tonjolin berbagai unsur ke-Islam-annya. Simbol ka’bah sering muncul pada lambang partai yang dimaksud. Ada partai yang hanya tonjolin ka’bah, ada yang memodifikasi rumah ibadah itu dengan teknik tertentu tanpa mengubah makna religiusnya.

5. Bintang

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Secara historis (dan agak romantis), bintang adalah cahaya penuntun pada malam gelap. Gak melulu segi lima, simbol bintang pada lambang partai ada yang jadi tiga sudut runcing, ada pula yang banyak sudut runcingnya, sesuai visi-misi partainya.

6. Bola dunia

via chartandmapshop.com.au
(Sumber: chartandmapshop.com.au)

Bukan sembarang bola dunia, melainkan bola dunia dengan peta kepulauan NKRI pada posisi tengahnya. Maknanya jelas. Yaitu, menjadikan negara kita tercinta sebagai pusat dari globalisasi.

7. Rantai

via usacargocontrol.com
(Sumber: usacargocontrol.com)

Berdasarkan simbol Pancasila, rantai melambangkan kemanusiaan yang adil dan beradab. Bisa juga dimaknai secara bebas sebagai simbol persatuan dan kekeluargaan. Yang pasti, simbol itu terus dipakai oleh beberapa partai yang baru bermunculan.

8. Pohon

via kompasiana.com
(Sumber: kompasiana.com)

Biasanya, pohon beringin yang jadi simbol pada lambang partai karena lambangin kekokohan akar. Maknanya bisa jadi teguh pendirian, ketegasan, atau persatuan (seperti makna beringin pada lambang Pancasila).

9. Padi dan kapas

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Padi dan kapas sering muncul berbarengan tapi ada juga partai yang hanya menggunakan salah satu simbol itu. Padi melambangkan ketercukupan pangan sementara kapas adalah lambang ketercukupan pakaian. Keduanya adalah kebutuhan dasar manusia.

10. Bendera

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ada yang dengan gamblang memasukkan gambar bendera berkibar pada lambang partai, ada yang hanya menyiratkan warna merah dan putih aja. Gimanapun caranya, bendera tuh lambang nasionalisme suatu partai.

FYI, 10 simbol di atas muncul juga loh di hampir semua partai peserta Pemilu 2019, yaitu:

  1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)
  4. Partai Golkar
  5. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
  6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)
  7. Partai Berkarya
  8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  9. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
  10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
  12. Partai Amanat Nasional (PAN)
  13. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  14. Partai Demokrat

Misalnya kamu diminta bikin lambang partai baru, simbol apa yang bakalan kamu pakai? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.