Selasa, 17 Juli 2018

Genmuda – Bulan Ramadhan 2018 hadir beririsan sama libur akhir semester genap. Buat anak kampus, itu artinya puasa dilaksanakan hampir bersamaan dengan libur panjang jelang awal tahun ajaran 2018/19.

Sebagian besar melalui masa liburannya di rumah orangtua atau di kampung halaman supaya ada yang bangunin sahur plus bisa makan tanpa ngeluarin uang. Kosan pada sepi, deh.

Sebelum momen paling ditunggu itu tiba, kamu perlu mengunjungi beberapa orang. Buat apa? Buat rampungin urusan yang pasti masih tersisa. #tsah! Daripada bingung, mending lanjut baca di bawah ini, deh!

1. Tetangga kosan

via tenor.com

Sebelum kamu ngilang selama tiga bulan, hayo balikin dulu barang-barang tetangga yang masih “terpinjam.” Jangan sampai barang itu numpuk hingga berdebu di kamar kos kamu. Biarin aja dia berdebu di kamar kos yang punya.

2. Ibu/bapak Kos

Pemilik kos WAJIB dikunjungi untuk membicarakan mengenai bayaran kosan. Saat kamu gak ada di tempat selama beberapa bulan, sepakati dulu apakah bayar kosannya dilunasin langsung tiga bulan, di bayar per bulan kayak biasa, atau dilunasin langsung pas masuk lagi?

3. Dosen pembimbing

via theodysseyonline.com

Daripada dosen pembimbing mengira kamu kabur dari kewajiban rampungin skripsi, mending infoin dari sekarang bahwa kamu akan pulang ke rumah orangtua. Bila dosennya tetap mewajibkan kamu ngetik skripsi selama libur, maka patuhi aja tapi minta pengertian untuk ngumpulin via email.

4. Petugas kemahasiswaan di kampus

Samperin juga bagian kemahsiswaan di dekanat kampus. Kali aja ada info terbaru soal matakuliah semester depan, SKS, atau beasiswa baru yang urusan administrasinya bisa diselesaikan sembari kamu liburan di rumah orang tua.

5. Pacar

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Yuk, datengin pacar (atau gebetan) sebelum pulang ke rumah orangtua supaya dia gak nyamper ke kosan selama kamu gak ada. Supaya apa? Supaya doi gak digodain penghuni seberang kamar kosan yang ternyata ada rasa.

6. Penjaga warung langganan

Apakah kamu masih punya hutang sama warung langganan? Apakah dia masih punya hutang sama kamu? Buruan selesaikan urusan hutang-piutang biar bisa puasa tanpa harus dendam kesumat mikirin uang.

7. Organisasi kampus

via fpmipa.upi.edu
(Sumber: fpmipa.upi.edu)

Organisasi kampus butuh diberitahu dari jauh-jauh hari soal kepulangan kamu selama libur. Jadi, para maniak yang masih mau rapat kepanitiaan di saat libur tuh tahu kamu telat hadir atau malah gak bisa hadir karena lagi di kampung halaman.

8. Temen nongkrong

Ngapain ketemu temen nongkrong? Buat hura-hura aja biar gak rindu-rindu banget saat kamu memilih diam di rumah ketimbang ikut buka bersama demi upaya nambahin saldo tabungan.

Itulah 8 orang-orang “penting” yang perlu kamu kunjungi supaya liburan panjang akhir semester genap plus libur bulan puasa dinikmati dengan tenang. Ada pendapat lain? Langsung aja tulis di bawah ini. Selamat berlibur, genks! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.